7 Tips Skripsi, Biar Kamu Nggak Jadi Mahasiswa Tua Sendiri

Menjadi mahasiswa itu menyenangkan di awal dan mengharukan di akhir. Kok bisa gitu? Biasanya nih ya, kalau kita awal masuk kuliah, pasti seneng banget tuh. Soalnya baru pertama merasakan kehidupan perkuliahan setelah lulus SMA. Tapi, begitu sudah memasuki akhir masa perkuliahan, beda banget rasanya.

Kalau kamu mahasiswa tingkat akhir pasti tahu deh gimana rasanya. Apalagi kalau sudah menghadapi yang namanya skripsi, dunia ini rasanya cuma milik berdua saja. Cuma punya kamu sama skripsi saja.

Mengerjakan skripsi sih awalnya biasa saja, tapi setelah berjalan cukup lama, rasanya kok ya kerjaan nggak selesai-selesai. Dan kamu pasti akan menjadi malah untuk melanjutkan, bahkan malah meninggalkan kerjaan dan entah menghilang ke mana.

Nah, buat kamu yang mengalami hal macam itu, mungkin bisa coba beberapa tips berikut ketika skripsi kamu sudah nggak jalan beberapa lama dan kamu harus segera lulus.

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah

alkamalblitar.com

alkamalblitar.com

Kalau kamu punya masalah, pastilah hal pertama yang harus dilakukan adalah mengakui kesalahan yang diperbuat. Bisa jadi skripsi kita nggak selesai-selesai karena ada kesalahan yang belum kita mohonkan ampun pada-Nya.

Mendekatkan diri kepada Allah juga akan membuat hati kita menjadi tenang lho. Jadi, kita nggak galau tuh walaupun skripsi masih dalam proses. Nah, ketika hati tenang, biasanya sih kerjaan akan jadi terasa lebih ringan untuk dikerjakan.

2. Catat Kapan Waktu Kamu Menjadi Produktif

Jam Kuno

fundbox.com

Waktu produktif tiap orang itu berbeda-beda, walaupun idealnya tetap pagi hari sih. Karena kan, saat malam hari seharusnya kita gunakan untuk istirahat.

Nah, kalau kamu sudah tahu kapan itu waktu yang paling produktif buat kamu, maka pakai waktu itu untuk mengerjakan skripsi. Karena, kalau kamu mengerjakan skripsi di waktu produktif, kamu akan maksimal mengerjakannya.

3. Dekati Dosen

Dosen

rumahdanie.blogspot.com

Salah satu penghambat jalannya skripsi itu adalah ketakutan kita pada dosen. Padahal dosennya juga biasa aja lho, tapi karena pikiran kita yang kemana-mana, jadilah kita takut kalau mau ketemu dosen.

Seharusnya, kita itu harus sering-sering ketemu dosen untuk konsultasi, jangan malah takut. Kalau kita sudah mulai dekat dan akrab dengan dosen, biasanya akan tercipta suasana yang nyaman dan kita pun akan enak ketika mengerjakan skripsi lagi.

4. Kumpulkan Referensi

Buku Tua

pixabay.com

Sebuah karya tulis itu haruslah membutuhkan sumber untuk mendukung tulisan itu, termasuk juga skripsi. Kita harus bisa mencari referensi yang kira-kira satu tema dengan skripsi kita.

Kalau kamu masih bingung nyarinya di mana, coba pergi dulu ke perpustakaan yang ada di kampus kamu. Kalau memang ternyata masih nggak ketemu juga cari jurnal-jurnal di internet. Biasanya, pihak kampus itu mengalokasikan dana untuk berlangganan jurnal lho. Jadi sayang sekali kalau kamu nggak memanfaatkannya.

Kalau memang masih nggak ada juga yang kamu cari, cobalah tanya sama teman kamu. Bisa jadi dia punya dan kamu nggak perlu pusing-pusing lagi mikirin soal referensi.

5. Cari Inspirasi

Pantomim Membawa Bunga

zoltanhorvath.hu

Mengerjakan skripsi itu terkadang berhenti karena kita udah bingung mau nulis apa. Nah, kalau udah gitu, kamu sepertinya butuh refreshing sebentar untuk memulihkan pikiran kamu.

Tapi ingat, jangan keterusan, bisa-bisa kamu malah keenakan refreshing sampai lupa kalau ternyata skripsi masih mangkrak di dalam kamar.

6. Cari Celah Skripsi dan Passion

Netero Hunter x hunter

zerochan.net

Orang itu, kalau udah hobi, pasti bakal dilakuin deh walaupun itu sulit atau mahal. Nah, untuk menyiasati skripsi kamu yang lagi terhenti, cobalah untuk mencari celah yang bisa digabung antara skripsi dengan passion kamu.

Contohnya nih ya, kalau skripsi kamu tentang “Analisis Kandungan Gizi dalam Biji Salak” dan hobi kamu adalah wisata kuliner. Kamu bisa tuh mencari-cari makanan yang ada hubungannya dengan salak. Selain bisa cari referensi, kamu juga bisa menambah mood dalam ber-skripsi.

7. Jangan Lupa Makan

Bayi lucu sedang makan

volginimage.com

Kebanyakan orang itu, kalau sudah yang namanya mengerjakan skripsi, berat badannya bisa turun. Nggak tahu juga deh kok bisa kayak gitu. Mungkin karena mereka stres ngerjain skripsi sampai lupa makan sama istirahat.

Nah, kamu jangan sampai kayak gitu, selalu jaga pola makan. Makan juga kalau bisa yang bergizi, jangan cuma mie instan atau gorengan. Makan juga sayuran dan buah-buahan, biar ada vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Tapi ingat, jangan sampai kekenyangan, soalnya kalau udah kenyang itu, bawaannya ngantuk.

Untuk meningkatkan semangat, kamu bisa juga menyediakan camilan yang tentunya baik buat kesehatan. Misalnya kacang-kacangan, atau buah-buahan.

Nah, gimana? Kamu mau coba praktekkan tips di atas? Segera praktekkan, agar skripsi kamu segera selesai dan kamu bisa melanjutkan pekerjaan yang lain. Salah satunya mungkin kamu ingin menikah? 🙂

Leave a Reply