Perayaan Sekaten, Tradisi di Jogja yang Selalu Dinanti

Buat kamu yang orang Jogja, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Sekaten. Sekaten sebenarnya memiliki nama lengkap PMPS atau Pasar Malam Perayaan Sekaten. PMPS selalu dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta setiap tahunnya.

Biasanya, pasar malam Sekatenini akan ada selama satu bulan penuh. Tujuannya untuk memeringati Maulid Nabi Muhammad. Hal ini yang membedakan pasar malam di Sekaten berbeda dari pasar malam biasanya.

Pada zaman dahulu, sebenarnya perayaan Sekaten ini digunakan untuk syi’ar agama Islam yang dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono I kepada masyarakat yang ada di Yogyakarta waktu itu.

Tapi, sekarang ini, esensi Sekaten sangat berbeda dengan yang dulu ada. Kalau kita lihat, Sekaten saat ini memang pesta rakyat, bukan lagi syi’ar agama Islam seperti dulu.

Awal Mula Sekaten

Asal mula diadakan perayaan Sekaten sebenarnya ada beberapa versi yang beredar di masyarakat. Ada yang bilang kalau Sekaten berasal dari kata syahadatain yang artinya dua aklimat syahadat, syahadat tauhid dan syahadat rasul.

Pada asal usul versi pertama tersebut dikaitkan dengan misi utama yang dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono I bahwasannya Sekaten diadakan untuk syi’ar agama Islam.

Ada juga versi lain tentang asal mula diadakannya Sekaten. Versi lain ini menyebutkan kalau kata Sekaten berasal dari kata sekati. Sekati merupakan salah satu pusata Keraton Yogyakarta, berbentuk gamelan, yang biasanya disebut sebagai Kanjeng Kyai Sukati.

Nah, gamelan Kyai Kanjeng Sukati ini yang biasanya akan dimainkan dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad yang termasuk dalam rangkaian acara peringatan Sekaten.

Tapi, ada juga yang mengatakan bahwa Sekaten berasal dari kata suka dan ati. Maksudnya, masyarakat dengan senang hati memeringati dan menyambut Maulud Nabi Muhammad dengan rasa bahagia sekaligus bersyukur.

Pasar Malam Sekaten

Pasar Malam Sekaten

agussas.wordpress.com

Pasar malam yang diadakan dalam perayaan Sekaten adalah sebagai bentuk rasa syukur. Pasar malam ini diadakan selama satu bulan penuh. Tempatnya? Tempat acara Sekaten ini ada di Alun-alun Utara Jogja.

Sebenarnya, ada berbagai prosesi acara di perayaan Sekaten, tetapi, kebanyakan masyarakat dan wisatawan lebih mengenal pasar malamnya dari pada prosesi yang ada di acara perayaan Sekaten.

Dakwah Islam

Masjid Gedhe Kauman Jogja

yogyakarta.panduanwisata.id

Perayaan Sekaten sebenarnya memadukan antara dakwah dan seni dalam sebuah rangkaian acara. Untuk dakwah agama Islam, biasanya diadakan di Masjid Agung Kauman, sementara seni diselenggarakan di areal pasar malam di Alun-alun Utara.

Kapan Sekaten Diadakan?

PMPS atau Pasar Malam Perayaan Sekaten biasanya dimulai satu bulan sebelum memperingati Maulud Nabi yang jatuh pada bulan Rabi’ul Awal pada kalender Hijriyah atau bulan Mulud pada kalender Jawa.

Pasar malam yang ada di perayaan Sekaten biasanya akan berakhir satu hari sebelum Grebeg Mulud diadakan.

Grebeg Sekaten

aboutyogya.wordpress.com

Kamu nggak perlu khawatir, karena Sekaten merupakan pesta rakyat, tentu semua masyarakat bisa datang ke sini. Dari mulai masyarakat biasa, pekerja kantoran, pedagang sayur, tukang parkir, bahkan pejabat juga bisa dateng ke tempat ini.

Semua kumpul dan menikmati suasana perayaan Sekaten yang meriah. Semua merasakan kehangatan Jogja lewat acara ini. Jadi, nggak salah kalau perayaan Sekaten selalu ditunggu setiap tahunnya oleh semua masyarakat khususnya orang Jogja.

Dimana Diadakan Sekaten?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perayaan Sekaten diadakan di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Kalau kamu nggak tahu dimana itu Alun-alun Utara, berarti kamu belum pernah ke sana, hhe, Alun-alun Utara ini cuma di selatan Malionoro kok. Tinggal jalan aja lurus ke arah Keraton Yogyakarta.

Apa Aja yang Ada di Sekaten?

Buat kamu yang belum pernah ke Sekaten, di sana akan ada banyak hal yang bisa kamu temukan. Yah, mirip-mirip pasar malam pada umumnya gitu. Ada banyak pedagang yang jual berbagai macam barang atau makanan.

Di Sekaten juga kamu bisa mencoba berbagai wahana permainan ala pasar malam. Mulai dari tong setan, rumah hantu, sampai bom-bom car, semua ada di Sekaten.

Selain itu, ada juga pentas seni yang diadakan di panggung utama perayaan Sekaten. Ada pertunjukan seni tradisional, seni modern, pertunjukan anak-anak dan juga ada pertunjukkan ibu-ibu.

Nah, untuk syi’ar Islam, di Masjid Agung Kauman biasanya akan ada pengajian dari beberapa ustadz yang ada di Jogja.

Gimana? Pengen ke Jogja? Tunggu aja pas ada Sekaten, lihat kalender dulu, jangan sampai salah tanggal ya. Selamat datang di Jogja 🙂

Leave a Reply