Segelas Jahe Hangat

“Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. (Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil. Dan mereka akan dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan. Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar.” Al Insan : 17-20

Seperti biasa kami sibuk di depan laptop masing-masing. Ya, beginilah keseharian kami di Pesantran Sintesa, belajar sambil bermain, hehe. Maklum, karena hari libur jadi digunakan buat refreshing. Tapi waktu itu beda cerita, ketika pak ketua mengajak untuk menikmati segelas jahe anget. Kayaknya dia ketagihan sama jahe anget buatan mas-mas di angkringan dekat tempat kami menginap. Semoga bukan karena mas-masnya yang bikin, tapi karena jahenya, amin.

Ngomong-ngomong soal jahe, paling tidak kita pasti pernah dong minum jahe, ya walaupun cuma sekali doang. Jahe itu sebenernya tanaman yang sangat fantastis lho. Bahkan dalam Al-Qur’an pun ada salah satu ayat yang berbicara tentang jahe. Seperti terjemahan dalam surat Al Insan ayat 17 diatas, jahe itu campurannya minuman surga. Jadi berasa minum minuman surga nih saya, hhe.

Tapi perlu diingat ya, jahe di dunia ini tentu beda dengan jahe yang berada di surga. Mungkin hanya sama namanya saja, karena belum pernah ke surga jadi saya juga nggak tau. Yang pasti di surga pasti lebih nikmat lagi tuh jahenya.

Pilih yang Halal

Minuman jahe ini biasanya digunakan untuk mengatkan badan. Memang setelah minum jahe, badan akan terasa lebih hangat. Pokoknya nikmat deh minum jahe, dari pada minuman yang satunya. Yang katanya juga buat menghangatkan badan, tapi bikin peminumnya bisa lupa daratan, bikin mabok. Padahal kalau mau anget badannya mah minum jahe juga bisa, halal lagi, gak haram kayak yang memabukkan itu.

Rimpang jahe

Jahe yang jika dibuat menjadi minuman rasanya nikmat

Beberapa Manfaat Jahe

Selain untuk membuat minuman, jahe bisa juga dimanfaatkan menjadi bumbu, obat dan kosmetik. Dalam jahe, terkandung beberapa senyawa diantaranya adalah zingiberol, bisabolena, zingiberen, felandrena, zingeron, gingerol, dan senyawa lainnya. Yang masing-masing dari senyawa tersebut pasti memiliki manfaat.

Untuk Perut Kembung

Saat kita kebanyakan makan pasti perut terasa kebung. Kalau kamu mengalami hal seperti itu bisa dicoba nih cara yang satu ini. Minumlah segelas jahe hangat, agar proses pencernaan kita menjadi lebih ringan. Jahe memiliki manfaat membersihkan usus besar, menigkatan produksi cairan pencernaan dan dapat memperlancar buang air besar.

Kandungan enzim pencernaan, protease dan lipase dalam jahe akan membantu proses pencernaan protein dan lemak.

Antiinflamasi

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit. Salah satunya karena rematik, yaitu penyakit yang menyerang anggota gerak kita seperti otot, sendi, jaringan sekitar sendi dan tulang.

Selain rematik, sakit kepala sebelah atau migren juga efektif diredakan menggunakan jahe. Produksi prostaglandin yang memicu sakit kepala mampu dihambat oleh jahe, sehingga akan meredakan sakit kepala tersebut.

Mens Tidak Teratur

Mengonsumsi jahe dapat memcegah ketidakteraturan seorang wanita kedatangan bulan, eh datang bulan maksudnya. Di negeri nan jauh disana, China. Jahe biasa dikonsumsi dengan mencampurkannya besama dengan gula merah lalu dimasukkan kedalam air teh. Mengonsumsi jahe saat datang bulan juga bisa mengurangi nyeri atau dismenorea.

Kinerja Jantung

Pelepasan hormon adrenalin dapat dirangsang oleh jahe. Hormon adrenalin sendiri berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah, sehingga dapat membantu kerja jantung dalam memompa darah.

Mabuk Perjalanan

Saat naik kendaraan dalam perjalanan jauh, kadang kita merasakan mual sehingga ingin muntah kan? Nah, jahe ini bisa mengatasi mual saat perjalanan. Jahe akan memblokir serotonin yang menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual.

Nah itu tadi kisah tentang segelas jahe anget yang malah ngelantur sampai ke manfaat dari jahe, hehe.

Leave a Reply