17 Resep Nasi Goreng Enak yang Bisa Dibuat di Rumah

Resep Nasi Goreng – Salah satu makanan yang sangat diminati sejak zaman dahulu kala adalah nasi goreng. Konon, salah satu olahan dari nasi ini sudah ada bahkan sebelum tahun masehi ada lho.

Yah, mau sudah ada sejak kapan, yang penting nasi goreng menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Nggak salah memang kalau nasi goreng menjadi makanan terenak nomor dua di dunia setelah rendang dari Padang.

Menemukan makanan yang satu ini tidaklah sulit, bahkan kita akan dengan mudah menemukan penjual nasi goreng di setiap kota. Nggak cuma kota besar saja, di desa-desa pun kadang ada penjualnya. Tentu dengan rasa yang berbeda di setiap tempat yang menjualnya.

Kamu pasti pernah merasakan beberapa tempat penjual nasi goreng kan? Gimana? Apakah rasanya sama semua, atau tiap penjual punya ciri khas nya masing-masing?

Tentu saja ada perbedaan, walaupun cuma sedikit, lha bumbu yang digunakan saja sudah beda di tiap penjual. Pasti ada rasa yang beda juga dong dari nasi goreng. Begitu juga kalau kita bikin sendiri di rumah, rasanya pasti akan sangat berbeda.

Nah, ngomongin soal nasi goreng rumahan, apakah kamu tahu beberapa resep di bawah ini?

Isi Artikel

1. Resep Nasi Goreng Sederhana

Cara membuat dan resep nasi goreng sederhana

busy.org

Kita akan membuat nasi goreng sederhana terlebih dahulu sebelum bikin menu lainnya.

Bahan Nasi Goreng Sederhana

  • 1 piring nasi putih dingin
  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 cabe rawit
  • 1 sendok makan penuh kecap manis
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Irisan mentimun secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana

  1. Cuci bersih kemudian iris bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit.
  2. Panaskan minyak goreng sebentar, masukkan irisan bawang merah, tumis sampai warnanya berubah jadi kecoklatan, singkirkan sebentar.
  3. Selanjutnya, tumis bawang putih, cabe merah, dan garam sampai tercium bau wangi, lalu campur tumisan bawang merah sebelumnya, aduk beberapa saat.
  4. Masukkan nasi, aduk terus sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Tambahkan kecap manis agar rasanya menjadi mantab, tuangkan di sisi wajan yang tidak ada nasinya ya. Lalu aduk lagi agar kecap tercampur ke seluruh nasi.
  6. Masak terus sampai baunya menjadi harum dan matang sempurna.
  7. Angkat dan hidangkan di atas piring, jangan lupa tambahkan mentimun sebagai pelengkap.
  8. Nasi goreng sederhana sudah siap disantap selagi hangat 🙂

2. Resep Nasi Goreng Enak

Resep nasi goreng enak

primarasa.co.id

Kalau suka nasi goreng, sekarang kita bikin yang rasanya enak.

Bahan Nasi Goreng Enak

  • 1 piring nasi putih
  • 4 lembar kubis yang sudah potong tipis
  • 3 butir bakso
  • 1 butir telur
  • 1 tahu
  • 1/2 buah mentimun
  • 1 batang seledri

Bumbu Nasi Goreng Enak

  • 4 cabai merah besar
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cabe rawit
  • 1 buah tomat berukuran kecil
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Enak

  1. Haluskan terlebih dahulu bumbu nasi goreng yaitu cabe merah, cabe rawit, tomat, bawang putih, bawang merah, dan bawang. Kamu bisa menggunakan ulekan ataupun diblender untuk menghaluskannya.
  2. Potong-potong bakso dan tahu kemudian sisihkan karena akan dimasukkan setelah nasi goreng hampir matang.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu sampai wanginya tercium.
  4. Masukkan nasi lalu aduk sampai bumbu tercampur rata.
  5. Tambahkan kubis kemudian aduk kembali.
  6. Kocok telur, lalu campurkan ke atas nasi yang sedang dimasak, aduk sampai telur tercampur rata.
  7. Tambahkan potongan bakso dan tahu, tuang kecap manis di sekeliling nasi, aduk semuanya sampai merata dan masak hingga matang.
  8. Nasi goreng enak buat keluarga sudah siap 🙂

3. Resep Nasi Goreng Pedas

Resep dan cara membuat nasi goreng pedas

shrinkingsingle.com

Buat kamu yang suka pedas, mari kita buat nasi goreng pedas.

Bahan Nasi Goreng Pedas

  • 2 piring nasi putih
  • 10 buah cabe rawit
  • 5 buah cabe merah
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 batang daun bawang
  • 1 kembang kol
  • 1/2 sendok teh garam
  • Kaldu bubuk rasa sapi secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Pedas

  1. Haluskan terlebih dahulu cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan garam.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium bau wangi.
  3. Masukkan nasi kemudian aduk sampai bumbu tercampur dengan merata.
  4. Tambahkan irisan daun bawang agar rasanya makin mantab.
  5. Tabukan kaldu bubuk rasa sapi, kemudian kembang kol, aduk sampai bahan-bahannya tercampur semua.
  6. Setelah matang, angkat dan sajikan di atas piring.
  7. Nasi goreng pedas paling enak disantap saat masih hangat 🙂

4. Resep Nasi Goreng Untuk Anak

Biasanya, kalau anak-anak itu suka nasi goreng berwarna-warni dan kelihatan ceria.

Bahan Nasi Goreng untuk Anak

  • 2,5 sendok makan margarin
  • 3 butir telur ayam yang sudah dikocok lepas
  • 2 buah sosis sapi yang sudah dipotong ukuran 1 cm
  • 450 gram nasi putih
  • 50 gram mix vegetables
  • 1 bungkus kecil kaldu bubuk rasa ayam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Nasi Goreng untuk Anak

  1. Panaskan margarin, lalu goreng telur yang diorak-arik, pinggirkan di tepi wajan.
  2. Masukkan sosis dan mix vegetables, aduk sampai rata.
  3. Tambahkan nasi, aduk-aduk, masukkan kaldu bubuk dan merica, lalu campurkan semua bahan sampai merata.
  4. Nasi goreng untuk anak sudah siap dihidangkan 🙂

5. Resep Nasi Goreng Telur

Resep nasi goreng telur

limakaki.com

Sekarang, kita akan membuat nasi goreng yang biasanya dijajakan penjual di pinggir jalan.

Bahan Nasi Goreng Telur

  • 1 piring nasi putih
  • 2 butir telur ayam yang sudah dicampur dengan merica bubuk dan sedikit garam
  • 3 butir bawang merah yang sudah diiris tipis
  • 2 siung bawang putih yang sudah diiris tipis
  • 1 batang daun bawang berukuran besar yang sudah diiris tipis
  • Kecap ikan secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Saus sambal secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Telur

  1. Pertama, goreng telur menjadi orak-arik, sampai matang ya, lalu sisihkan dahulu.
  2. Kemudian, panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah sampai tercium bau wangi.
  3. Masukkan nasi, aduk sampai tercampur rata.
  4. Tambahkan kecap ikan, kecap asin, saus sambal, dan garam. Aduk lagi dan pastikan semua bahannya tercampur rata, jangan lupa untuk mencicipinya ya.
  5. Saat nasi goreng sudah hampir matang, masukkan telur yang sudah diorak-arik dan irisan daun bawang.
  6. Setelah matang, angkat dan sajikan di atas piring.
  7. Nasi goreng telur siap dihidangkan untuk keluarga tercinta 🙂

6. Resep Nasi Goreng Spesial Restoran

Resep dan cara membuat nasi goreng spesial restoran

resep82.blogspot.com

Kalau kamu pengen buat nasi goreng yang mirip seperti di restoran, ini dia resepnya.

Bahan Nasi Goreng Restoran

  • 1 piring nasi putih
  • 1 butir telur ayam
  • 1 buah sosis sapi
  • 2 buah bakso sapi
  • 3 siung bawang putih yang sudah digeprek dan dicincang halus
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • Kecap asin secukupnya
  • Daun bawang secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Restoran

  1. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang putih sampai tercium bau wangi.
  2. Masukkan telur ayam, orak-arik sampai matang.
  3. Tambahkan sosis dan bakso sapi, masak lagi sampai matang dan baunya menjadi wangi.
  4. Kemudian, masukkan nasi, goreng sampai semua bahan tercampur.
  5. Tambahkan kecap manis, kecap asin, minyak wijen, garam, kaldu jamur, dan lada bubuk, aduk lagi sampai semua bahan tercampur jadi satu.
  6. Cek rasa dari masakan kamu, jika sudah dirasa pas, angkat dan sajikan di atas piring.
  7. Nasi goreng restoran siap dihidangkan 🙂

7. Resep Nasi Goreng Hijau

Resep nasi goreng hijau

resepdezkitchen.wordpress.com

Kalau biasanya nasi goreng itu warnanya merah atau sedikit kuning, sekarang kita buat nasi goreng berwarna hijau.

Bahan Nasi Goreng Hijau

  • 250 gram nasi putih
  • 50 gram teri medan
  • 7 buah cabe hijau keriting
  • 5 buah cabe rawit hijau
  • 2 buah cabe hijau besar
  • 2 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 5 gram daun bawang
  • 2 buah kemiri
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Hijau

  1. Haluskan terlebih dahulu bumbu-bumbu seperti cabe hijau keriting, cabe rawit hijau, cabe hijau besar, kemiri, jahe, lengkus, bawang merah, dan bawang putih.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium bau wangi.
  3. Masukkan teri medan, tumis sebentar, tambahkan telur, lalu aduk sampai matang.
  4. Tambahkan nasi, masak sebentar, beri sedikit garam dan lada, masak sampai matang.
  5. Sebelum diangkat, tambahkan daun bawang, aduk-aduk sebenar, angkat.
  6. Nasi goreng hijau siap disajikan untuk sarapan 🙂

8. Resep Nasi Goreng Kambing

Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Kambing

resepmasakankomplit.com

Buat para penggemar daging kambing, sekarang saatnya kita bikin nasi goreng kambing.

Bahan Nasi Goreng Kambing

  • 500 gram nasi putih dingin
  • 100 gram daging kambing
  • 3 buah cabe keriting yang sudah diiris tipis
  • 3 siung bawang putih yang sudah dicincang
  • 2 batang daun bawang yang sudah diiris tipis
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh lada hitam bubuk
  • Emping secukupnya untuk pelengkap

Cara Membuat Nasi Goreng Kambing

  1. Rebus daging kambing terlebih dahulu sampai empuk dan matang, lalu potong kecil-kecil dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang dan cabe sampai tercium bau wangi.
  3. Masukkan daging kambing, aduk sebentar, tambahkan lada bubuk, masak sambil diaduk selama 3 menit.
  4. Selanjutnya, masukkan nasi, aduk lagi sampai tercampur semuanya antara nasi dengan bahan lainnya, tambahkan garam, aduk lagi sampai rata,
  5. Tambahkan daun bawang, aduk-aduk, cicipi, apakah masih ada yang kurang atau tidak.
  6. Jika sudah pas, angkat, sajikan di atas piring, jangan lupa beri emping untuk pelengkap.
  7. Nasi goreng kambing siap disantap 🙂

9. Resep Nasi Goreng Pete

Resep dan cara membuat nasi goreng pete

craftlog.com

Pecinta pete, siap-siap yuk kita bikin nasi goreng enak ini.

Bahan Nasi Goreng Pete

  • 1 piring penuh nasi putih
  • 1 butir telur ayam
  • 1 papan pete hijau, yang sudah dikupas dan dipotong-potong menjadi 2 bagian
  • Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu Nasi Goreng Pete

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah atau sesuai selera
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Pete

  1. Haluskan terlebih dahulu bumbu nasi goreng pete menggunakan ulekan.
  2. Setelah itu, panaskan minyak, lalu tumis sampai bau wangi tercium.
  3. Masukkan pete dan tumis lagi sampai sedikit layu.
  4. Tambahkan telur ayam, orak-arik sampai matang.
  5. Masukkan nasi, lalu aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  6. Nasi goreng pete siap dihidangkan 🙂

10. Resep Nasi Goreng Jawa

Resep Nasi Goreng Jawa Enak Spesial

anekaresepidola.blogspot.co.id

Kalau kamu pengen ngrasain nasi goreng yang berbeda, coba bikin menu yang satu ini.

Bahan Nasi Goreng Jawa

  • 2 piring nasi putih
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabe rawit
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 tomat matang yang berukuran besar
  • 1 sendok teh terasi
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa

  1. Pertama-tama haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, tomat, terasi, gula, dan garam.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai bau harum tercium.
  3. Kemudian, masukkan nasi dan aduk sampai bumbu merata.
  4. Tambahkan daun jeruk purut yang sudah diiris tipis dan lada bubuk, aduk sampai tercampur semua.
  5. Saat hampir matang, tambahkan kecap manis di sekeliling nasi, lalu aduk sampai merata.
  6. Nasi goreng Jawa sudah bisa kita nikmati bersama 🙂

11. Resep Nasi Goreng Keju

Resep Nasi Goreng Keju

craftlog.com

Nah, kalau resep yang satu ini cocok buat pecinta keju.

Bahan Nasi Goreng Keju

  • 3 piring nasi putih dingin
  • 5 buah cabe rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 2 sendok makan margarin
  • 1 buah tomat
  • 1 buah bawang bombay yang sudah dicincang halus
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 butir telur ayam
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Keju parut secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Keju

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit, sisihkan.
  2. Panaskan wajan, lelehkan margarin, tumis bawang bombay sampai wangi.
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan telur, lalu orak-arik sampai matang.
  4. Tambahkan tomat yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, masak bumbu sampai matang.
  5. Beri kaldu ayam bubuk, aduk sebentar, masukkan nasi dan aduk sampai tercampur semua.
  6. Masukkan kecap manis dan keju parut, aduk lagi dan masak sampai matang sempurna.
  7. Nasi goreng keju siap disajikan dengan keju parut sebagai taburannya 🙂

12. Resep Nasi Goreng Seafood

Resep dan cara membuat nasi goreng sea food

resepkuekeringku.com

Siapa suka seafood? Kalau kamu suka, kita bikin nasi goreng seafood aja yuk.

Bahan Nasi Goreng Seafood

  • 2 piring nasi putih dingin
  • 1 genggam udang yang sudah digoreng
  • 2 ikat sawi hijau yang sudah dipotong
  • Saus tiram secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit
  • 1 butir kemiri
  • Terasi secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Seafood

  1. Haluskan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, terasi, dan garam.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai wanginya tercium.
  3. Masukkan nasi, lalu aduk sampai bumbunya merata.
  4. Tambahkan potongan sawi dan udang goreng, masak kembali sampai tercium bau wangi.
  5. Agar hasilnya lebih mantab, tambahkan saus tiran dan kecap manis sebelum nasi goreng matang dan diangkat.
  6. Setelah itu, angkat dan sajikan di atas piring saji.
  7. Nasi goreng seafood siap kita santap 🙂

13. Resep Nasi Goreng Ikan Asin

Resep dan cara membuat nasi goreng ikan asin

infokuliner.com

Buat yang suka rasa asin, nasi goreng ikan asin ini cocok buat kamu deh.

Bahan Nasi Goreng Ikan Asin

  • 250 gram nasi putih yang pera
  • 100 gram ikan asin jambal yang sudah digoreng
  • 2 butir telur ayam yang sudah dikocok lepas
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 batang daun bawang yang sudah dipotong tipis
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Nasi Goreng Ikan Asin

  • 5 siung bawang putih
  • 4 buah cabe hijau
  • 2 buah cabe merah
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Ikan Asin

  1. Haluskan terlbih dahulu semua bumbu, kemudian tumis sampai baunya wangi, sisihkan.
  2. Masak telur orak-arik sampai matang, lalu masukkan bumbu yang sudah ditumis, aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan nasi putih dan kecap asin, aduk lagi sampai bumbunya tercampur dengan baik.
  4. Tambahkan ikan asin dan aduk sampai rata.
  5. Nasi goreng ikan asin siap dinikmati 🙂

14. Resep Nasi Goreng Biasa

Resep nasi goreng biasa

tastemade.com

Kalau kamu suka yang biasa-biasa, nasi goreng kali ini mungkin cocok buatmu.

Bahan Nasi Goreng Biasa

  • 1 piring nasi putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Biasa

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan garam menggunakan ulekan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai wangi.
  3. Masukkan nasi, aduk dan tekan-tekan agar bumbu tercampur rata.
  4. Masak sampai matang, angkat dan letakkan di piring saji.
  5. Nasi goreng biasa sudah bisa dihidangkan 🙂

15. Resep Nasi Goreng Gila

Resep nasi goreng gila

surabayakuliner.co.id

Nasi goreng yang satu ini nggak bikin kita jadi gila kok.

Bahan Nasi Goreng Gila

  • 800 gram nasi putih
  • 2 butir telur ayam
  • 2 siung bawang putih yang sudah dicincang kasar
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan yang Ditumis

  • 3 buah ati ampela ayam yang sudah direbus dan dipotong kecil
  • 100 gram ayam fillet bagian dada yang sudah direbus untuk suwiran
  • 5 buah bakso sapi yang sudah dipotong-potong
  • 150 gram caisim yang sudah dipotong
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 batang daun bawang yang sudah diiris halus
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus Nasi Goreng Gila

  • 5 butih bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah keriting

Cara Membuat Nasi Goreng Gila

  1. Pertama, kita buat nasi gorengnya terlebih dahulu.
  2. Tumis bawang putih sampai wangi, tambahkan telur dan aduk sampai matang.
  3. Masukkan nasi, aduk lagi sampai tercampur semua.
  4. Tambahkan garam dan merica bubuk, aduk lagi, lalu angkat dan sisihkan.
  5. Sekarang, kita buat tumisannya.
  6. Tumis bumbu halus sampai aroma wanginya tercium.
  7. Masukkan ati ampela, bakso, dan suwiran ayam, aduk-aduk.
  8. Tambahkan caisim, kol, dan kecap manis, aduk sebentar, lalu masukkan garam dan kecap ikan, jangan lupa beri merica bubuk dan kaldu ayam, aduk sampai tercampur rata.
  9. Tuangkan air, masak kembali sampai semua bahan matang dan bumbu meresap sempurnya.
  10. Sajikan nasi goreng dan tumisan secara bersamaan 🙂

16. Resep Nasi Goreng Oriental

Resep dan cara membuat nasi goreng oriental

tupperware.co.id

Sekarang kita mau bikin nasi goreng oriental nih, simak ya bahan dan cara membuatnya.

Bahan Nasi Goreng Oriental

  • 2 piring nasi putih
  • 3 siung bawang putih yang sudah dicincang
  • 1 buah bawang bombay yang sudah dicincang
  • 2 sendok makan kacang kapri
  • 1 buah wortel yang dipotong kecil
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang daun bawang yang sudah diiris halus
  • 4 sendok margarin
  • Saus tiram secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Oriental

  1. Rebus terlebih dahulu sayuran sampai matang, kemudian angkat, tiriskan, dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi dan agak mengering, tapi jangan sampai gosong.
  3. Selanjutnya masukkan nasi, aduk sampai tercampur semua.
  4. Masukkan telur, lalu aduk sampai menjadi telur orak-arik.
  5. Lalu, masukkan sayuran, aduk dan masak lagi.
  6. Tambahkan garam, merica bubuk, dan kecap manis, aduk sampai semua bahan tercampur dengan baik dan rata.
  7. Jika rasanya sudah pas, masukkan irisan daun bawang.
  8. Sebelum benar-benar matang, masukkan kacang kapri dan aduk lagi.
  9. Setelah matang, angkat dan sajikan di piring dengan berbagai pelengkapnya.
  10. Nasi goreng oriental yang enak siap dihabiskan 🙂

17. Resep Nasi Goreng Magelangan

Resep nasi goreng magelangan

youtube.com

Resep terakhir ini sedikit berbeda, karena nggak cuma pakai nasi saja, tapi juga menggunakan mie.

Bahan Magelangan

  • 300 gram nasi putih
  • 100 gram mi telur yang sudah direbus dan ditiriskan
  • 100 gram dada ayam yang sudah direbus dan disuwir-suwir
  • 2 hati ampela yang sudah direbus dan dipotong kecil
  • 1 butir telur ayam yang sudah dikocok lepas
  • 5 batang caisim yang sudah dipotong-potong
  • 1 batang daun bawang yang dipotong 1 cm
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh ebi
  • 1/2 sendok teh terasi

Cara Membuat Magelangan

  1. Tumis bumbu halus sampai tercium bau wangi, lalu sisihkan di sisi wajan.
  2. Goreng telur menjadi orak-arik, masukkan ayam, hati, ampela, dan caisim, aduk bersama bumbu sampai rata dan caisim jadi layu.
  3. Masukkan nasi dan mie, aduk lagi.
  4. Tambahkan kecap manis, garam, dan merica bubuk, aduk lagi sampai tercampur.
  5. Masukkan daun bawang, aduk dan masak sampai daun bawang layu dan matang, angkat.
  6. Nasi goreng magelangan sudah bisa dinikmati 🙂

Gampang kan bikin nasi goreng sendiri di rumah? Dari beberapa resep yang ada di atas, kamu paling suka sama nasi goreng nomer berapa?

Leave a Reply