Resep Manisan Nanas (Basah dan Kering)

Resep Manisan Nanas – Manisan memang menjadi salah satu olahan dari buah atau bahan lainnya yang cukup digemari. Dari banyaknya jenis makanan ini, ada satu yang cukup terkenal, yaitu manisan mangga. Mungkin kamu juga pernah memakannya?

Kalau sudah, sekarang kamu akan mencoba jenis lain dari manisan. Kita akan mencoba membuat manisan yang berasal dari buah nanas. Biar nggak kelamaan, langsung saja yuk kita membuat olahannya.

Resep Manisan Nanas Basah

Resep Manisan Nanas Basah

bukalapak.com

Bahan

  • 1 buah nanas yang tidak terlalu matang ukuran sedang
  • 300 gram gula pasir
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 1 sendok teh garam dapur
  • Air secukupnya

Cara Membuat

  1. Pertama, kupas terlebih dahulu nanas, hilangkan juga matanya, lalu cuci sampai benar-benar bersih.
  2. Potong nanas menjadi ukuran yang dikehendaki, buang bagian tengah yang keras agar manisan yang dihasilkan lebih mantab.
  3. Larutkan garam menggunakan 500 ml air, lalu cuci nanas menggunakan larutan garam tersebut setelah dipotong-potong tadi.
  4. Cara mencucinya, cukup masukkan nanas potong ke dalam larutan garam. Tahapan ini berfungsi untuk mengaurangi getah pada nanas yang dapat menimbulkan gatal.
  5. Setelah itu, siapkan larutan kapur sirih yang dibuat dari 1 sendok makan kapur sirih dan 1 liter air. Biarkan sampai mengendap, lalu pisahkan endapan dengan larutannya.
  6. Lalu rendam potongan nanas selama 1-2 jam ke dalam larutan kapur sirih. Perendaman ini dimaksudkan agar manisan nanas tidak lembek.
  7. Setelah selesai perendaman, didihkan setengah liter air, lalu masukkan nanas dan masak selama 3-5 menit. Tahapan ini berfungsi untuk mensterilkan buah nanas. Ingat, jangan terlalu lama merebusnya ya, cukup 3-5 menit saja, lalu angkat dan tiriskan.
  8. Lalu larutkan gula pasir ke dalam 300 ml air, masak sampai larut semua dan agak mengental. Saat pemasakan, aduk terus larutan gula agar tidak mengkristal. Jika tingkat kekentalannya sudah pas, matikan apinya, lalu dinginkan.
  9. Kalau sirup sudah dingin, masukkan nanas yang sudah direbus tadi ke dalam sirup, aduk sampai terendam semua.
  10. Setelah tercampur, masukkan ke dalam toples dan simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 24 jam agar sirup meresap.
  11. Manisan nanas basah sudah bisa dimakan sekeluarga.

Resep Manisan Nanas Kering

Resep manisan nanas kering

tokopedia.com

Untuk membuat manisan nanas yang kering, tahapan awalannya sama seperti membuat manisan nanas basah sampai akhir. Baru setelah itu, kita hanya perlu menjemurnya di bawah sinar matahari langsung sampai kering.

Atau, kamu bisa juga menggunakan oven untuk mengeringkan manisan nanas. Tapi jangan gunakan suhu yang tinggi. Gunakan saja suhu rendah tapi dalam jangka waktu yang lama sampai manisannya mengering.

Setelah kering, manisan nanas sudah bisa disimpan atau bisa langsung dinikmati bersama.

Nah, nggak sulit kan bikin manisan nanas? Kalau sudah fasih, kamu bisa juga coba buat manisan belimbing wuluh atau manisan cermai lho. Tahapannya mirip-mirip seperti membuat manisan berbahan dasar nanas kok. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply