Resep Manisan Jambu Air (Basah dan Kering)

Resep Manisan Jambu Air – Kamu suka makan jambu air? Gimana rasanya? Tentu segar dan enak kan? Apalagi kalau makannya saat jambu airnya habis keluar dari kulkas, pasti seger banget tuh.

Tapi kamu pernah nggak mengonsumsi jambu air selain dimakan langsung? Misalnya saja diolah menjadi manisan gitu, kayak manisan mangga gitu lho. Kalau belum pernah, coba kita bikin bersama yuk, ikutin resep di bawah ini ya.

Resep Manisan Jambu Air

Resep Manisan Jambu Air

youtube.com

Bahan

  • 1 kilogram jambu air yang masih setengah matang
  • 1 liter air yang diberi 1/2 sendok teh kapur sirih
  • 500 gram gula pasir
  • 400 ml air
  • 5 cm kayu manis
  • 3 buah cengkeh
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Langkah pertama adalah membelah jambu air menjadi dua dan menghilangkan bijinya. Kalau dirasa masih terlalu besar, kamu bisa memotong jambu air sesuai selera.
  2. Lalu rendam jambu air di dalam air kapur sirih selama beberapa menit saja.
  3. Sambil menunggu jambu air direndam, rebus 400 ml air bersama dengan kayu manis, cengkeh, air jeruk nipis, dan garam, masak sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih, matikan api dan sisihkan sampai jadi dingin.
  5. Sekarang kita kembali ke jambu air, ambil jambu air, cuci menggunakan air bersih, lalu cuci lagi menggunakan air matang.
  6. Kemudian, masukkan jambu air ke dalam larutan gula yang sudah dingin, diamkan selama kurang lebih 12 jam. Kamu bisa juga menyimpannya di dalam kulkas agar lebih segar.
  7. Manisan jambu air siap disajikan.

Nah, kelihatannya enak kan? Terus kalau bikin manisannya tanpa kapur sirih gimana ya? Kalau bisa sih pakai ya, agar hasil manisannya lebih baik dan enak.

Kalau kamu mau membuat manisan yang kering, tinggal dijemur saja tuh tadi sampai kering betul. Jadi, resep di atas bisa jadi manisan basah dan kering.

Tertarik membuatnya? Coba juga resep manisan cermai dan resep manisan carica ya, keduanya memiliki rasa yang nggak kalah enak kok. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply