Resep Lidah Kucing Lezat Bikin Kamu Kelihatan Hebat

Siapa sih yang nggak kenal sama kue kering yang satu ini? Kalau nggak kenal, resep kue lidah kucing tentu juga nggak tau dong?

Salah satu kue yang biasanya hadir saat lebaran ini menjadi favorit banyak orang. Ya, mulai dari anak kecil sampai orang tua, hampir semuanya suka. Kamu juga suka kan?

Kue lidah kucing ini cocok untuk disajikan saat hari yang istimewa. Rasanya itu lezat, manis dan gurih, teksturnya renyah, lembut, dan mudah lumer. Cocok buat dimakan semua kalangan nih.

Kalau kamu cari cara membuat kue lidah kucing, berikut ini ada beberapa resepnya. Tinggal siapin aja bahan-bahannya dan ikuti langkah-langkahnya ya.

Resep Lidah Kucing Keju

Resep kue lidah kucing keju
tokopedia.com

Resep yang pertama ini asli lho, membuatnya pun gampang banget. Bahan-bahan yang digunakan juga pilih aja yang ekonomis, biar ngirit dikit, hehehe.

Bahan Utama

  • 100 gram mentega (bahasa Inggris-nya tuh butter, salah satu merk-nya tuh Golden Churn, Wijsman, Orchid Butter dan Elle & Vire)
  • 150 gram margarin (bisa pakai Blueband)
  • 175 gram gula halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 butir kuning telur ayam
  • 250 gram tepung terigu (bisa pakai Segitiga Biru dari Bogasari)
  • 25 gram maizena
  • 25 gram susu bubuk (kamu bisa pakai Dancow)
  • 100 ml putih telur (kira-kira dari 2 butir telur ayam ukuran besar), ini dikocok sampai kaku ya
  • 150 gram keju cheddar (bisa pakai yang merk-nya Kraft atau Prochiz) atau keju edam juga bisa

Bahan Tambahan

  • Keju yang sudah diparut untuk taburan secukupnya

Cara Membuat

  1. Pertama, mixer dulu mentega, margarin, gula halus, dan garam, kocok sampai tercampur rata. Masukkan kuning telur dan mixer lagi sampai mengembang dan warnanya berubah jadi pucat.
  2. Selanjutnya, masukkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk. Masukinnya sambil diayak ya, biar nggak ada tepung yang menggumpal.
  3. Tambahkan putih telur yang sudah dikocok sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata.
  4. Masukkan keju cheddar parut dan aduk lagi sampai semua tercampur dengan baik.
  5. Siapkan plastik segitiga, masukkan adonan ke dalam plastik itu.
  6. Semprotkan adonan di loyang khusus untuk kue lidah kucing yang sudah diolesi dengan margarin dan ditaburi tepung terigu.
  7. Taburi bagian atas adonan yang sudah dicetak menggunakan keju parut.
  8. Kemudian panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 derajat celsius selama 15 menit.
  9. Setelah 15 menit, kecilkan suhu oven jadi 100 derajat celsius, lalu panggan lagi selama 15 menit.
  10. Kalau sudah matang, dinginkan, dan kamu bisa menyimpannya di dalam toples kedap udara.

Mudah bukan cara membuatnya?

Kamu bisa membuat berbagai variasi rasa juga, bisa moka, tiramisu, green tea, kopi, dan rasa lainnya. Tinggal disesuaikan sama selera kamu aja tuh. Atau kalau mau yang original ya nggak usah ditambahi apa-apa.

Yang jelas, resepnya cocok buat pemula dan anti lengket, jadi bentuknya bisa rapi gitu nanti. Kalau sudah ahli, kamu bisa coba bikin kue semprit, salah satu kue kering yang juga populer lho.

Resep Lidah Kucing Rainbow

Resep lidah kucing rainbow
craftlog.com

Selanjutnya, kita akan membaut kue lidah kucing yang warna warni kayak pelangi. Bahannya masih sederhana kok, paket ekonomis lah pakainya. Tapi, Resepnya jelas takarannya, spesial banget rasanya, dan anti gagal kalau berhasil, hehehe.

Bahan Utama

  • 150 gram margarin
  • 100 gram mentega
  • 100 ml putih telur
  • 200 gram gula halus
  • 1 sendok teh essense vanila
  • 50 gram maizena
  • 200 gram tepung terigu protein sedang (bisa pakai Segitiga Biru dari Bogasari)
  • Pewarna makanan biru, ungu, hijau, merah, jingga, dan kuning (kalau tidak lengkap warnanya, tinggal campur-campur warna primer aja, merah, kuning, biru)

Cara Membuat

  1. Campur mentega, margarin, dan gula halus, kocok menggunakan mixer sampai bahan tercampur dan mengembang. No mixer juga oke kok, tapi mengocoknya tentu lebih lama ya.
  2. Setelah mengembang dan pucat, tambahkan putih telur dan essense vanila perlahan-lahan sambil terus dikocok sampai tercampur semua.
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan maizena secara perlahan dan aduk menggunakan spatula kayu sampai tercampur.
  4. Kalau adonan jadi, bagi menjadi 6 bagian sama banyaknya, tambahkan beberapa tetes pewarna dan aduk sampai warnanya merata.
  5. Siapkan plastik segitiga, dan masukkan adonan berbagai warna ke dalam plastik yang berbeda. Potong ujung plastik kira-kira selebar 1 cm.
  6. Ambil loyang cetakan kue lidah kucing, lalu olesi dengan margarin.
  7. Semprotkan adonan ke atas cetakan dan susun agar bentuknya seperti pelangi (semprotkan sedikit-sedikit saja agar cetakan muat).
  8. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 150 derajat celsius selama 15 menit atau sampai matang.
  9. Angkat, lalu dinginkan, dan kue lidah kucing bisa disimpan dalam toples kedap udara ya.

Resep lidah Kucing NCC

Resep lidah kucing spesial
idntimes.com

Sekarang kita akan membuat masuk ke resep lidah kucing dari NCC. Kamu tahu kan apa itu NCC? Itu lho, Natural Cooking Club.

Resep kali ini ditulis oleh Fatmah Bahalwan, salah satu penulis di NCC ya. Mau tau resepnya? langsung aja kita masuk ke bahan dan step membuatnya.

Bahan Utama

  • 225 gram tepung terigu
  • 60 gram maizena
  • 140 gram gula halus
  • 250 gram mentega
  • 75 cc putih telur
  • 150 gram keju cheddar yang sudah diparut

Bahan Topping

  1. 50 gram keju cheddar yang sudah diparut untuk taburan
  2. Pertama, campurkan gula dan mentega, lalu kocok menggunakan mixer sampai mengembang.
  3. Masukkan putih telur, dan mixer lagi sampai mengembang lagi dan tercampur.
  4. Tambahkan tepung terigu dan maizena secara perlahan sambil terus dikocok sampai rata.
  5. Masukkan keju parut, aduk lagi ladi sampai semua bahan tercampur.
  6. Ambil plastik segitiga (piping bag), masukkan adonan, lalu gunting ujung plastik.
  7. Siapkan loyang cetak lidah kucing, olesi dengan margarin atau mentega, semprotkan adonan ke atas loyang.
  8. Taburi dengan keju parut di atas adonan.
  9. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius, selama kurang lebih 20 menit.
  10. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  11. Kue lidah kucing bisa langsung dinikmati sambil minum kopi atau teh. Bisa juga disimpan dalam wadah kedap udara.

Oia, karena menggunakan keju, lidah kucing dengan resep ini jadinya tidak terlalu melebar. Jadi, kalau menyemprotkan adonan, sebaiknya yang agak banyak ya.

Coba juga deh bikin kue bawang yang gampang cara membuatnya. Rasanya juga nggak kalah enak kok dari lidah kucing.

Resep Lidah Kucing Spesial

Resep lidah kucing sederhana
bisnisusahaonline.com

Berikutnya, kita bisa mencoba resep spesial nih. Resep kali ini bisa juga kamu jadikan acuan membuat lidah kucing untuk dijual.

Kamu bisa membuat yang spesial dan premium dengan menambahnakn almond di atasnya ya. Tambahin rasa lain juga bisa, misalnya saja cappuccino, pandan, matcha, milo, mocca, lemon, ubi jalar (taro), selai kacang, dan rasa lainnya.

Yah, sesuai dengan selera kamu deh, mau dibuat kayak Just My Ordinary atau JustTryandTaste juga bisa. Atau kalau dibikin layaknya kue dari Holland Bakery juga bisa.

Yak, berikut ini bahan dan langkahnya ya.

Bahan

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram mentega
  • 150 gram gula halus
  • 5 butir putih telur ayam
  • 1/2 sendok teh bubuk vanili

Cara Membuat

  1. Kocok terlebih dahulu putih telur sampai kaku, lalu sisihkan dulu.
  2. Siapkan wadah, kocok mentega, gula halus, dan vanili bubuk sampai tercampur.
  3. Masukkan putih telur yang tadi sudah kaku, aduk lagi sampai tercampur rata.
  4. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai adonan jadi.
  5. Ambil loyang cetakan, olesi dengan margarin agar tidak lengket.
  6. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk mengikuti cetakan, lakukan sampai adonan habis.
  7. Panggang di dalam oven bersuhu 150 derajat celsius selama 20 menit atau sampai matang.
  8. Kalau sudah matang, angkat dan dinginkan.
  9. Kamu sudah bisa menikmati kue lidah kucing, atau bisa juga disimpan dalam toples kedap udara.

Resep Lidah Kucing Coklat

Resep kue lidah kucing coklat
instagram.com – @3hapsari

Selanjutnya, kita bikin kue lidah kucing dengan rasa coklat ya. Saiap tau rasanya kayak kue dari Ny. Liem atau Umi Yasmin, atau malah Diah Didi’as, heehehe, kan nggak ada yang tau.

Bahan Utama

200 gram mentega (kamu bisa pakai margarin, tapi tentu rasanya akan berbeda)

170 gram tepung terigu protein sedang

150 gram gula halus

20 gram susu bubuk

1/2 sendok teh pasta coklat

5 butir putih telur ayam

1/4 sendok teh garam

Bahan Topping

  • 100 gram kacang kenari atau almond yang sudah dicincang halus

Cara Membuat

  1. Kocok terlebih dahulu mentega dan gula halus sampai lembut dan memutih (kira-kira 5 menit ya).
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, masukinnya sambil diayak ya. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Tambahkan pasta coklat, lalu aduk lagi sampai warna coklat merata.
  4. Kocok di dalam wadah yang berbeda, putih telur, dan garam sampai mengembang.
  5. Tuangkan ke dalam adonan coklat sambil terus diaduk sampai tercampur rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, lalu gunting ujungnya sepanjang 1 cm.
  7. Semprotkan adonan ke atas loyang yang sudah diolesi margarin terlebih dahulu agar tidak lengket.
  8. Panggang adonan sebentar sampai meleleh.
  9. Taburi adonan dengan irisan kacang, lalu paggang kembali sampai benar-benar matang.
  10. Kalau sudah matang, angkat dan dinginkan, simpan di dalam toples kedap udara.

Kue lidah kucing coklat ini sebenarnya bisa dikreasikan dengan membuatnya seperti zebra lho. Tinggal pisahkan adonan sebelum diberikan pasta coklat. Lalu cetak dengan warna coklat dan putih seperti zebra.

Video Membuat Kue Lidah Kucing

Nah, biar kamu lebih semangat, kita nonton juga video cara membuatnya ya. Biar step-step-nya jelas dan nggak membingungkan gitu.

Mudah kan bikin kue lidah kucing nya?

Kue yang dibuat tentu memiliki rasa yang enak dan teksturnya renyah, crispy, lembut, dan lumer di mulut.

Sebenarnya, kamu bisa mengkreasikan resep di atas dengan berbeagai variasi lho. Misalnya menambahkan buah ke dalam adonan, seperti jeruk atau pisang. Tapi nggak tau ya hasilnya kayak gimana, hehehe.

Kalau menambahkan buah itu rumit, pakai yang praktis aja deh. Kamu bisa menambahkan oreo, milo, atau membuatnya jadi red velvet.

Bentuknya pun bisa diubah, jadi bentuk hati, lingkaran, ataupun bintang. Tapi kalau bentuk diubah, jadi nggak seperti lidah kucing ya? Hehehe.

Yaudah, selamat mencoba resep di atas ya. Bikin resep ala kamu biar kayak chef profesional, selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.