Resep Kue Semprit yang Bisa Kamu Cobain Sendiri di Rumah

Pernah kepikiran pengen tau resep kue semprit?

Salah satu kue yang biasanya dihidangkan saat hari raya, menemani kue putri salju gula halus yang lezat. Yang jelas, kue kering yang renyah ini cocok banget dimakan kapanpun, nggak harus nunggu hari raya dulu.

Tekstur kue ini tuh renyah dan crispy banget, bikin nggak bisa berhenti sebelum habis setoples, hehehe.

Kue semprit ini gampang banget kamu temuin pas jari raya. Tapi, kalau hari biasa, nyarinya nggak semudah itu, ya walaupun tetep ada yang jual sih.

Nah, untuk itulah kamu mampir ke sini kan?

Nyari resep kue semprit yang renyah dan enak kan?

Yuk lah kalau gitu, kita langsung aja bikin kue semprit nya.

Resep Kue Semprit Susu

Resep Kue Semprit susu
dapurqu.net

Resep pertama yang akan kita buat adalah kue semprit susu, soalnya pakai susu di dalam bahannya. Nah, ini tu pakai susu bubuk ya, kamu juga boleh coba pakai krimer kental manis, tapi nggak tau hasilnya gimana, hehehe.

Bahan Utama

  • 200 gram margarin (kamu bisa pakai blue band atau merk lain ya)
  • 50 gram butter (kalau yang ini mentega)
  • 350 gram tepung terigu yang sudah disangrai terlebih dahulu (bisa pakai kunci biru dari Bogasari)
  • 150 gram tepung maizena
  • 150 gram gula halus
  • 3 sendok makan susu bubuk yang full cream ya (bisa gunakan susu Dancow)
  • 3 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur

Bahan Tambahan

  • Springkel secukupnya untuk taburan

Cara Membuat

  1. Masukkan telur, margarin, butter, dan susu bubuk ke dalam wadah yang cukup besar.
  2. Mixer dengan kecepatan tinggi semua bahan sampai tercampur semua dan warnanya jadi pucat, kurang lebih 5 menit.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu dan maizena, aduk dengan adonan sebelumnya menggunakan spatula kayu sampai tercampur rata.
  4. Siapkan plastik segitiga, beri lubang di ujungnya dan masukkan spuit berbentuk bunga. Lalu masukkan adonan ke dalam plastik.
  5. Ambil loyang, olesi dengan margarin dan taburi terigu, atau bisa juga diberi alas kertas roti.
  6. Cetak adonan di atas loyang, perhatikan jarak antar adonan ya, biar nggak nempel nantinya. Cetak adonannya sampai habis ya.
  7. Panaskan oven terlebih dahulu sampai suhubunya 150 derajat celsius.
  8. Masukkan adonan yang sudah dicetak dan panggang selama kurang lebih 25 menit atau sampai kue matang.
  9. Setelah matang, angkat kue, dan biarkan dingin terlebih dahulu.
  10. Kalau sudah dingin, masukkan ke dalam toples dan tutup rapat agar tidak mlempem.

Resep di atas kira-kira bisa dipakai untuk membuat kue lidah kucing nggak ya?

Resep Kue Semprit Sederhana

Resep Kue Semprit Renyah dan Enak
tastemade.com

Resep kali ini kita akan menggunakan bahan yang ekonomis tapi tepat menghasilkan kue lembut dan renyah.

Bahan Utama

  • 380 gram tepung terigu protein sedang (kalau ini bisa pakai Segitiga Biru dari Bogasari)
  • 200 gram margatin atau mentega
  • 150 gram gula halus
  • 40 gram tepung maizena
  • 2 butir telur ayam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk

Bahan Topping

  • 110 gram kismis

Langkah Membuat

  1. Mixer telur, gula halus, margarin, dan vanili bubuk sampai mengembang dan adonan jadi pucat.
  2. Masukkan tepung terigu dan maizena, sambil diayak biar nggak ada gumpalan, lalu aduk sampai tercampur rata.
  3. Ambil loyang, olesi dengan margarin atau alasi pakai kertas roti agar tidak lengket.
  4. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit berbentuk bunga diujungnya.
  5. Semprotkan adonan menggunakan plastik tadi di atas loyang sampai bentuknya seperti bunga.
  6. Berikan kismis di atas adonan yang sudah dicetak.
  7. Ulangi langkah di atas sampai adonan habis tercetak.
  8. Panggang adonan di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 165 derajat celsius sampai matang (kira-kira 20-30 menit).
  9. Setelah matang, angkat kue semprit dan dinginkan.
  10. Jika sudah dingin, masukkan kue ke dalam toples dan tutup rapat.

Cobain deh resep di atas, walaupun rasa jaman dulu, tapi masih original dan ngeprul banget teksturnya. Kamu juga bisa tambahin kacang mete atau almond buat topping-nya, ala ala toko kue gitu.

Resep Kue Semprit Coklat

Kue Semprit Coklat
tokowahab.com

Selanjutnya kita buat kue semprit coklat ya, biar kayak chef terkenal gitu, bikin kue berbeda variasinya.

Bahan Utama

  • 350 gram tepung terigu protein sedang
  • 250 gram gula halus
  • 40 gram maizena
  • 30 gram coklat bubuk
  • 300 gram margarin atau mentega
  • 4 butir kuning telur

Bahan Topping

  • 150 gram gula halus
  • 50 gram bubuk capucino
  • 35 gram coklat bubuk
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 butir putih telur
  • 1 sendok teh pasta coklat

Cara Membuat

  1. Pertama, kita akan membuat topping terlebih dahulu.
  2. Siapka wadah dan campur putih telur, gula halus, dan air jeruk nipis, aduk sampai rata.
  3. Adonan di atas dibagi menjadi 2, ambil satu bagian dan tambahkan capucino bubuk dan yang satunya ditambahkan coklat bubuk serta pasta coklat, campur sampai rata.
  4. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga. Lubangi ujung plastik dan sisihkan dulu adonan topping ini.
  5. Kedua, kita akan membuat adonan kue semprit coklat.
  6. Siapkan wadah cukup besar, masukkan tepung terigu, maizena, dan coklat bubuk. Campur dan ayak, lalu sisihkan.
  7. Ambil wadah baru, masukkan margarin dan gula halus, lalu mixer selama 30 detik.
  8. Masukkan kuning telur, lalu mixer lagi dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan pucat.
  9. Tambahkan campuran tepung dan aduk menggunakan spatula kayu sampai semua bahan tercampur rata.
  10. Masukkan adonan kue ke dalam plastik segitiga yang sudah ditambahkan spuit, lubangi ujung plastik.
  11. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin atau dialasi kertas roti.
  12. Semprotkan adonan di atas loyang, perhatikan jaraknya ya. Ulangi sampai semua adonan habis.
  13. Tambahkan adonan topping di atas semua adonan kue.
  14. Panggang adonan di dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 160 derajat celsius selama 20-30 menit.
  15. Setelah matang, angkat dan dinginkan kue semprit coklat.
  16. Kalau sudah dingin, kamu bisa menikmatinya langsung atau simpan di dalam wadah yang bisa ditutup rapat.

Resep Kue Semprit Sagu

Resep Kue Semprit Sagu Ngeprul
youtube.com

Kue semprit sagu ini juga gampang kok dibuatnya, boleh banget dicoba sendiri di rumah.

Bahan Utama

  • 600 gram tepung sagu
  • 350 gram margarin
  • 300 gram gula halus
  • 60 gram keju edam yang sudah diparut
  • 60 ml santan kental
  • 3 butir kuning telur
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat

  1. Sangrai terlebih dahulu tepung sagu menggunakan api kecil selama 15 menit, sisihkan.
  2. Campurkan margarin dan gula halus, kocok sampai tercampur.
  3. Tambahkan kuning telur, kocok lagi menggunakan mixer sampai rata.
  4. Masukkan tepung sagu yang sudah disangrai tadi bersama dengan keju parut, aduk rata.
  5. Tambahkan santan kental, aduk terus sampai semua bahan tercampur dengan baik.
  6. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga (bahasa kerennya piping bag) yang sudah diberi spuit berbentuk bunga.
  7. Semprotkan adonan ke atas loyang yang sudah diolesi dengan margarin.
  8. Beri keju edam parut di atas adonan yang sudah di cetak.
  9. Panggang adonan di dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 derajat celsius selama 30 menit sampai matang.
  10. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  11. Kamu bisa langsung menikmatinya atau simpan di dalam toples dan tutup rapat.

Kalau mau percobaan, kamu bisa lho menggunakan tepung jenis lainnya, seperti tepung kanji atau tapioka (kalau di Jawa Barat Aci).

Resep Kue Semprit Keju

Resep Kue Semprit Keju
pinterest.com

Kue semprit yang satu ini rasanya lebih gurih dan asin lho. Buat pecinta makanan asin dan gurih, pasti cocok sama resep ini.

Bahan Utama

  • 175 gram tepung terigu protein rendah (bisa pakai Kunci Biru dari Bogasari)
  • 100 gram gula halus
  • 30 gram susu bubuk
  • 30 gram maizena
  • 150 gram margarin
  • 100 gram keju cheddar yang sudah diparut (bisa pakai Kraft atau PROchiz)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh pasta coklat
  • 1/4 sendok teh pasta vanilla
  • 2 butir kuning telur

Bahan Tambahan

  • 50 gram cherry yang sudah dipotong kecil

Cara Membuat

  1. Mixer margarin, gula halus, dan garam selama 1 menit (kalau nggak punya mixer, no mixer pun oke kok).
  2. Tambahnkan telur dan pasta vanilla, mixer lagi sampai rata, lalu tambahkan keju cheddar dan aduk kembali.
  3. Masukkan tepung terigu, maizena, susu bubuk, dan baking powder. Memasukkannya sambil diayak agar tidak ada gumpalan. Sekalian juga diaduk sampai adonan tercampur rata.
  4. Bagi 2 adonan, satu bagian diberi tambahan pasta coklat dan satunya tidak.
  5. Masukkan masing-masing adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit berbentuk bitang atau bunga.
  6. Semprotkan kedua adonan bersamaan di atas loyang yang sebelumnya sudah diolesi dulu dengan margarin atau dialasi kertas roti.
  7. Jangan lupa, tambahkan potongan cherry di atasnya.
  8. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 130 derajat celsius selama 35 menit atau sampai matang.
  9. Setelah matang, angkat dan dinginkan kue semprit kejunya.
  10. Jadi deh, kamu bisa menyantap langsung atau kalau mau disimpan, masukkan ke dalam toples dan tutup rapat.

Gimana? Mudah bukan membuat kue jadul yang satu ini?

Kamu bisa mengkreasikannya dengan aneka bentuk dan rasa lho. Misalnya saja bentuk bintang, binatang, mawar, atau bunga lainnya. Rasanya pun bisa divariasikan, bukan hanya yang di atas saja, tapi juga pakai rasa yang lagi ngetren sekarang.

Coba deh bikin yang pakai rasa blueberry, red velvet, rainbow, dan rasa-rasa lainnya. Warnanya pun bisa kamu kreasikan, bisa pakai warna hijau, hitam, ungu, atau kombinasi dua warna.

Resep-resep di atas cocok banget buat kamu bikin untuk dijual lho.

Just try and taste, kalau enak, ya jual aja, hehehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.