Resep Kue Putri Salju Rumahan (Enak, Renyah, dan Lembut)

Resep Kue Putri Salju – Salah satu kue lebaran yang banyak diminati baik itu anak-anak, remaja, ataupun orang tua. Kue yang terbuat dari bahan tepung dan kacang, dibalut teburan gula halus. Memiliki rasa yang gurih, manis, dan lumer di mulut.

Saat ini, resep putri salju telah berkembang dan memiliki banyak rasa. Mulai dari rasa kacang yang original, pandan, coklat, keju, almond, atau blueberry. Bahkan, sekarang juga ada yang menggunakan jajanan lain seperti chocolatos, cornflake, oreo, sampai milo.

Pastinya, semua rasa kue putri salju ini enak seperti masakan chef Farah Quinn, hehehe.

Resep Kue Putri Salju Keju Lembut

Kue Putri Salju Keju
masakapaya.com

Menggunakan keju di dalam resep kue putri salju tentu akan membuat rasanya maki gurih. Kue kering inipun bakal kerasa cheese-nya (gaya pakai bahasa Inggris segala, hehehe). Lebih lengkapnya, berikut bahan yang dibutuhkan.

Bahan Utama

  • 400 gram tepung terigu protein rendah yang sudah disangrai
  • 300 gram butter (bisa juga menggunakan margarin atau blue band)
  • 100 gram tepung maizena
  • 80 gram gula halus
  • 40 gram susu bubuk
  • 3 butir kuning telur ayam
  • 100 gram keju cheddar yang sudah diparut (bisa pakai Kraft atau merk lainnya)

Bahan Tambahan

  • Icing sugar untuk taburan secukupnya

Cara Membuat

  1. Pertama, campurkan terlebih dahulu gula harus dan butter sampai rata.
  2. Kemudian masukkan kuning telur dan kocok semuanya menggunakan mixer.
  3. Masukkan keju cheddar parut sambil terus diaduk sampai tercampur semua.
  4. Setelah itu tambahkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk. Aduk tanpa menggunakan mixer sampai kalis.
  5. Jika sudah kalis, bentuk adonan pakai cetakan berbentuk bulan sabit.
  6. Susun di atas loyang yang sebelumnya sudah diolesi margarin atau dialasi kertas roti.
  7. Panggang adonan yang sudah dicetak ke dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 150°C selama 30 menit.
  8. Setelah matang, angkat dan dinginkan sebentar.
  9. Kemudian, taburi kue putri salju dengan icing sugar dan ratakan di seluruh permukaannya.
  10. Masukkan ke dalam toples, taburi lagi dengan icing sugar, dan tutup rapat.

Rasa keju ini tentu saja gurih dan bisa lumer di mulut lho. Bahan-bahannya pun harganya ekonomis sehingga kamu bisa membuatnya untuk dijual. Buat saja yang ukurannya per 1/2 kg, lalu berikan harga bersaing dengan produk di pasaran.

Resep Kue Putri Salju Kacang Mede dan Almond

Resep kue putri salju kacang mete dan almond gurih
brilio.net

Kalau biasanya kita menggunakan kacang tanah untuk membuat putri salju, sekarang kita ganti dengan kacang mete dan almond. Simak resep berikut ini untuk langkah-langkah membuatnya.

Bahan Utama

  • 100 gram margarin
  • 1 butir kuning telur
  • 50 gram mentega tanpa rasa (mentega tawar)
  • 50 gram kacang mete yang sudah disangrai dan diblender sampai halus
  • 75 gram gula halus
  • 15 gram susu bubuk
  • 50 gram almond yang dicincang halus
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 200 gram tepung terigu protein rendah

Bahan Tambahan

  • Gula halus yang biasa digunakan untuk taburan donat secukupnya

Cara Membuat

  1. Pertama, campur margarin, mentega tawar, dan gula halus menggunakan mixer selama 2 menit (bisa no mixer, tapi waktu mengocoknya lebih lama).
  2. Masukkan kuning telur, lalu kocok lagi sampai rata.
  3. Tambahkan kacang mete dan almond, aduk kembali menggunakan sendok kayu sampai rata.
  4. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan susu bubuk. Sambil diayak ya memasukkan tepung-tepungannya.
  5. Uleni adonan sampai menjadi kalis.
  6. Ambil sedikit bagian adonan dan bentuk jadi bulan sabit.
  7. Susun di atas loyang yang sudah diolesi dengan margarin, boleh juga pakai alas kertas roti.
  8. Panggang di dalam oven pada suhu 140°C selama 30 menit (ovennya dipanaskan dulu ya).
  9. Angkat dan sisihkan sampai dingin.
  10. Masukkan kue yang sudah matang ke dalam plastik berisi gula halus, goyangkan perlahan agar permukaan kue terselimuti gula sampai rata.
  11. Susun di dalam toples dengan rapi, lalu tutup rapat.

Nah, putri salju mete dan alomd ini bisa dibilang spesial karena menggunakan bahan yang mahal.

Resep Kue Putri Salju Coklat Renyah

Resep bola-bola putri salju coklat lumer di mulut
instagram.com

Selanjutnya kita akan membuat kue kering berbentuk bulan sabit ini dengan rasa coklat. Tentu saja kuenya jadi memiliki rasa manis dan gurih yang enak. Bahan-bahannya simple dan sederhana kok, kamu juga mudah mendapatkannya.

Bahan Utama

  • 150 gram tepung protein sedang (bisa pakai Segitiga biru Bogasari)
  • 75 gram gula halus
  • 20 gram coklat bubuk
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 75 gram kacang tanah bubuk yang sudah disangrai dan dihaluskan
  • 150 gram margarin
  • 50 gram coklat blok yang sudah dilelehkan
  • 1 butir kuning telur ayam

Bahan Tambahan

  • 100 gram gula halus untuk taburan (pakai icing sugar)

Cara Membuat

  1. Campur gula halus dan margarin menggunakan mixer selama 1 menit.
  2. Masukkan coklat blok dan kuning telur, kocok lagi sampai tercampur.
  3. Tambahkan kacang tanah bubuk, aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Kemudian, masukkan tepung terigu, susu bubuk, coklat bubuk, dan baking powder (masukinnya sambil diayak ya), aduk sampai semuanya tercampur dan adonan kalis.
  5. Ambil sedikit adonan, bentuk seperti bulan sabit ataupun bulat, letakkan di atas loyang yang sudah diolesi margarin.
  6. Panggan di dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 160°C selama 20 menit.
  7. Angkat, lalu sisihkan sampai agak dingin, gulingkan di wadah yang berisi gula halus.
  8. Simpan kue putri salju di dalam toples dan tutup rapat.

Sebenarnya, bahan coklat bisa kamu ganti dengan yang lainnya kok. Kalau mau coba, mungkin bisa menggunakan milo, oreo, ataupun chocolatos. Tinggal kamu sesuaikan dengan selera aja pokoknya.

Ya, mirip dengan kreatifitas kamu ketika bikin kue kering lainnya gitu lah. Kan ada banyak juga varian yang bisa kamu coba.

Putri Salju Gula Palem

Kue putri salju gula palem
sajiansedap.grid.id

Kalau kue putri salju pada umumnya menggunakan gula putih halus sebagai taburannya, sekarang kita akan bikin yang pakai gula palem. Mau tahu cara membuatnya? Simak cara membuat kue putri salju di bawah ini.

Bahan Utama

  • 150 gram margarin
  • 1 butir kuning telur
  • 185 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan
  • 75 gram gula halus
  • 15 gram susu bubuk

Bahan Tambahan

  • 50 gram gula palem yang sudah diblender sampai halus untuk taburan

Cara Membuat

  • Campurkan margarin dan gula halus, kocok menggunakan mixer selama 1 menit.
  • Masukkan kuning telur, aduk sampai rata.
  • Tambahkan kacang tanah halus, aduk lagi.
  • Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, sambil diayak ya masukkannya. Aduk semua bahan sampai rata dan adonan jadi kalis.
  • Ambil sedikit adonan, bentuk jadi bulat atau bulan sabit.
  • Susun di atas loyang yang sudah dioles margarin atau dilapisi kertas roti.
  • Panggang adonan di dalam oven yang sudah dipanaskan sampai suhu 140°C selama 30 menit atau sampai kue matang.
  • Setelah kue putri salju matang, dinginkan lalu gulingkan di atas gula palem sampai semua permukaan tertutupi gula palem.
  • Simpan di dalam toples dan tutup dengan rapat.

Gula palem yang digunakan, menjadikan kue putri salju ini terlihat tradisional. Walaupun begitu, rasanya nggak kalah sama yang lainnya kok. Kalau sudah mahir, kamu juga bisa tuh membuat kue kacang, yang resepnya nggak berbeda jauh dengan kue ini.

Putri Salju Hijau Pandan

Kue dengan aroma daun pandan dan kerenyahan kue putri salju
idntimes.com

Untuk rasa yang tradisional, kita sekarang akan membuat kue putri salju rasa pandan yang berwarna ijo. Mau tau repep kue putri salju nya? Berikut ini bahan dan langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Resep ini no oven ya, tapi bakal pakai kukusan buat memasaknya (resep dari Blue Band nih, hehehe)

Bahan Utama

  • 100 gram margarin (pakai Blue Band atau merk lain juga bisa)
  • 35 gram gula halus
  • 100 gram kacang mede yang sudah disangrai sampai matang dan dihaluskan
  • 2 sendok teh essens pandan atau bisa juga pakai pasta pandan
  • 155 gram tepung terigu (bisa pakai segitiga biru dari Bogasari)

Bahan Tambahan

Gula bubuk, susu bubuk, dan gula donat masing-masing 100 gram

Bahan tambahan ini digunakan untuk taburan di permukaan kue ya.

Cara Membuat

  • Siapkan wadah besar, masukkan margarin dan gula halus, aduk sampai rata dan warnanya pucat (no mixer juga oke).
  • Tambahkan essens pandan, lalu aduk lagi sampai adonan berwarna hijau merata.
  • Masukkan kacang mede dan tepung terigu, aduk lagi sampai merata dan adonan jadi kalis.
  • Bulatkan semua adonan, lalu bungkus dengan plastik dan simpan di dalam kulkas selama 30 menit.
  • Kemudian, keluarkan dari kulkas, pipihkan dan cetak dengan bentuk bulan sabit. Kamu juga bisa mencetaknya dengan bentuk lain juga kok.
  • Siapkan pengukus dan panaskan tanpa menggunakan air dengan api kecil.
  • Oleskan margarin di atas saringan panci.
  • Susu adonan yang sudah dicetak di dalam pengukus dan masak selama 20 menit menggunakan api kecil sampai adonan matang.
  • Setelah itu angkat dan dinginkan kue putri salju.
  • Sambil menunggu dingin, campur semua bahan tambahan (gula bubuk, gula donat, dan susu bubuk).
  • Gulingkan kue yang sudah dingin ke campuran gula tersebut.
  • Simpan kue putri salju di dalam wadah, lalu tutup dengan rapat.

Kalau kue putri salju hijau ini terlihat enak dan tradisional, kamu bisa bikin kue semprit yang juga nggak kalah otentik lho. Sama-sama kue enak yang gampang bikinnya dan anti gagal kalau kamu teliti membuatnya.

Buat yang kurang suka pandan, bisa diganti juga dengan rasa lain. Kamu bisa pakai yang warnanya juga hijau, seperti green tea atau matcha misalnya.

Oia, buat yang pengen lihat video cara membuat kue putri salju, ada kok di bawah ini.

Gimana? Mudah bukan membuatnya?

Kalau semua yang kamu buat jadi, langsung deh bikin kue ala chef-chef gitu. Siapa tahu kan ya, laku buat dijual, hehehe.

Selamat berkreasi dan mencoba 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.