12 Resep Kue Kering untuk Memeriahkan Suasana Lebaran Kamu

Resep Kue Kering – Kue merupakan salah satu makanan yang selalu ada saat lebaran ataupun hari-hari besar di Indonesia. Kamu akan menemukan berbagai jenis kue, baik itu yang kering ataupun basah, tersaji di atas meja. Tinggal pilih mau makan yang mana.

Tapi, dari banyaknya kue, ada beberapa yang menjadi andalan ketika lebaran, kamu pasti sudah tahu apa itu. Yup, bener banget, kue nastar, putri salju, dan kastengel. Ketiga kue itu menduduki peringkat tertinggi kue kering paling dicari saat hari raya lebaran tiba.

Padahal, di samping kue-kue itu, masih ada makanan yang lainnya lho. Tapi, entah kenapa kalau nggak menyantap salah satu di antara ketiganya itu ada yang kurang, hehehe.

Biasanya, pas lebaran, tentu akan banyak orang yang menjual kue-kue tersebut. Kamu akan dengan mudah menemukannya di berbagai toko ataupun super market. Ada banyak pilihan kue dengan berbagai varian rasa dan juga bentuk.

Kalau misal kamu nggak mau beli, gimana kalau bikin sendiri aja? Kamu datang ke sini sudah tepat banget kalau berencana mau bikin kue kering yang homemade dan terjamin kesehatan, kebersihan, serta kualitasnya. Langsung aja yuk, kita lihat beberapa resep berikut ini.

1. Resep Kue Nastar Nanas

Kue Nastar Nanas

bravingbutter.wordpress.com

Kue nastas tentu sudah nggak asing lagi di lidah orang Indonesia. Nastas identik sekali dengan Idul Fitri, soalnya kalau udah lebaran, kita bakal dengan mudah menemukan kue ini di rumah yang dikunjungi.

Bahan Kue Nastar Nanas

  • 400 gram tepung terigu
  • 150 gram gula halus
  • 100 gram tepung maizena
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1/2 sendok teh vanilla bubuk
  • 250 gram margarin atau mentega
  • 2 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • Keju parmesan atau cheedar parut, cengkeh juga bisa untuk menghias kue

Bahan Selai Nanas

  • 1 buah nanas yang sudah dikupas dan diparut
  • 400 gram gula pasir

Cara Membuat Selai Nanas

  1. Masak nanas yang sudah diparut sampai airnya berkurang sambil terus diaduk.
  2. Masukkan gula pasir dan masak kembali menggunakan api kecil sambil diaduk sampai rata.
  3. Setelah mengental, matikan api dan dinginkan selai.
  4. Cara Membuat Nastar Nanas
  5. Campurkan telur, gula halus, susu bubuk, dan vanilla bubuk, kocok menggunakan mixer sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Masukkan mentega, tepung terigu, dan tepung maizena, aduk lagi sampai rata menggunakan sendok kayu.
  7. Setelah semua tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil, lalu cekungkan bagian tengahnya dan isi dengan selai nanas.
  8. Bulatkan kembali adonan sampai selai nanas tertutup semua.
  9. Tambahkan hiasan berupa cengkeh atau keju parmesan di atasnya.
  10. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 12-20 menit pada suhu 175 derajat celsius sampai kue matang.
  11. Setelah matang, angkat nastas, lalu dinginkan.
  12. Letakkan nastar di toples yang kedap udara.
  13. Kue nastar nanas siap dinikmati bersama dengan secangkir kopi atau teh.

2. Resep Kue Kering Coklat Selai Kacang

Resep kue kering coklat selai kacang

simplyrecipes.com

Setelah nastar, kali ini kita akan membuat kue kering coklat nih. Kue kering coklat ini akan dipadukan dengan selai kacang. Hasilnya bagaimana? Langsung aja kita simak resepnya bersama-sama yuk!

Bahan Kue Kering Coklat Selai Kacang

  • 250 gram tepung terigu protein rendah yang sudah diayak
  • 110 gram brown sugar
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 cangkir selai kacang yang halus atau berbutir kasar sesuai selera
  • 8 ons dark coklat batangan yang sudah dipotong kecil-kecil
  • 4 sendok makan mentega tawar yang bukan dari kulkas
  • 2 buah telur ayam
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla

Cara Membuat Kue Kering Coklat Selai Kacang

  1. Campurkan tepung terigu dengan baking soda sampai rata, sisihkan.
  2. Ambil wadah lain, campur mentega, selai kacang, dan gula pasir. Kocok semua bahan menggunakan mixer sampai tercampur rata dan mengembang.
  3. Tambahkan telur dan ekstrak vanila, kocok lagi sampai tercampur dan lembut.
  4. Turunkan kecepatan mixer sampai paling rendah, masukkan campuran tepung terigu dan baking soda sedikit demi sedikit sampai habis. kocok adonan sampai tepung benar-benar tercampur.
  5. Masukkan coklat yang sudah dipotong-potong ke dalam adonan, dan aduk menggunakan sendok kayu sampai rata.
  6. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin.
  7. Ambil adonan menggunakan sendok, dan susun di atas loyang.
  8. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat celsius selama 15 menit sampai matang.
  9. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  10. Kue kering coklat selai kacang siap disantap bersama keluarga.

3. Resep Kue Keju atau Kastengel

Kue kastengel keju

vebma.com

Kue selanjutnya yang akan kita buat adalah kastengel. Mungkin ada beberapa orang yang sudah pernah memakannya tapi tidak tahu namanya. Kastengel adalah kue dengan bahan utamanya adalah keju. Jadi, kalau kamu merasakan kastengel ini sekali gigit saja, maka rasa keju akan begitu terasa.

Bahan Kastengel

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 250 gram mentega atau margarin
  • 100 gram keju edam yang sudah diparut
  • 100 gram keju cheddar yang sudah di parut
  • 1 butir telur
  • 3 kuning telur, digunakan untuk olesan
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat Kastengel

  1. Kocok terlebih dahulu putih telur dengan mentega menggunakan mixer sampai mengembang.
  2. Lalu masukkan keju edam sambil dikocok perlahan sampai tercampur rata.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk menggunakan sendok kayu.
  4. Setelah adonan jadi, giling sampai ketebalan 1/2 cm, potong dengan ukuran 1/2×2 cm. Atau bisa juga menggunakan cetakan kastengel berbentuk persegi panjang.
  5. Susun di atas loyang yang sebelumnya sudah diolesi margarin atau dilapisi kertas roti.
  6. Olesi bagian atas adonan yang sudah dibentuk dengan kuning telur, lalu taburi keju cheddar di atasnya.
  7. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 160 derajat celsius selama 25 menit sampai berwrna kuning kecoklatan dan kering.
  8. Setelah matang, angkat dan dinginkan, lalu simpan di dalam toples kedap udara.
  9. Kastengel siap disajikan dan dihabiskan dalam sekejap.

4. Resep Kue Putri Salju

Kue putri salju

april30.org

Putri salju merupakan kue kedua yang paling dicari setelah nastar. Biasanya putri salju memiliki bentuk bulat dan diselimuti gula halus pada permukaannya. Walaupun bentuknya mirip nastar, tapi bahan pembuatannya yang berbeda lho. Mari kita simak bersama resep dari putri salju.

Bahan Kue Putri Salju

  • 200 gram kacang mete atau kacang tanah, yang sudah disangrai dan dihaluskan
  • 200 gram tepung terigu protein rendah
  • 100 gram gula halus
  • 100 gram mentega atau margarin
  • 1 sendok teh garam
  • 200 gram gula halus digunakan untuk taburan
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat Kue Putri Salju

  1. Campurkan tepung terigu, kacang mete yang sudah dihaluskan, gula halus, mentega, dan garam.
  2. Aduk menggunakan sendok kayu secara perlahan sampai semua tercampur rata.
  3. Setelah adonan jadi, ambil sebagian adonan, bentuk menjadi bulatan, lalu susun di atas loyang yang sudah diolesi margarin terlebih dahulu atau dialasi kertas roti.
  4. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 160 derajat celsius selama 25 menit sampai kue matang dan kering.
  5. Keluarkan dan dinginkan jika kue sudah matang, lalu taburi dengan gula halus dan simpan dalam toples yang kedap udara.
  6. Kue putri salju siap dihidangkan.

5. Resep Kue Lidah Kucing

Kue Lidah Kucing

vebma.com

Nama kue kering yang satu ini sedikit unik, ludah kucing. Mungkin diberi nama tersebut karena dari bentuknya mirip seperti lidah kucing. Tapi, sebenernya kue ini diadaptasi dari kue khas Belanda bernama kattetong. Mau tau resepnya? Langsung ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan Kue Lidah Kucing

  • 600 gram tepung terigu protein rendah
  • 350 gram gula halus
  • 50 gram susu bubuk fullcream
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh pasta vanila
  • 600 gram mentega atau margarin
  • 4 butir putih telur
  • 2 kuning telur

Cara Membuat Kue Lidah Kucing

  1. Kocok terlebih dahulu gula halus, mentega, dan pasta vanila sampai pucat.
  2. Masukkan kuning telur, kocok lagi sampai adonan mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu dan susu sambil diayak dan kocok perlahan. Kocok semua bahan sampai tercampur rata dan sisihkan.
  4. Kocok putih telur menggunakan wadah yang berbeda sampai mengembang. Tambahkan gula pasir dan kocok lagi sampai kaku.
  5. Masukkan adonan pertama secara perlahan sambil terus diaduk menggunakan sendok kayu.
  6. Tuangkan adonan yang sudah jadi ke dalam plastig segitiga atau pipping bag yang sudah dipasang spuit polos.
  7. Lalu cetak adonan pada cetakan kue lidah kucing yang sudah diolesi margarin.
  8. Panggan di dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan pada suhu 160 derajat celsius selama 20 menit.
  9. Jika sudah berwarna coklat kekuningan atau sudah matang, angkat kue dan dinginkan.
  10. Kue lidah kucing siap disajikan atau disimpan ke dalam toples kedap udara.

6. Resep Kue Sagu Keju

Kue Sagu

vebma.com

Kue sagu tentu saja juga sudah nggak asing lagi di lidah orang Indonesia. Kue ini begitu lembut, masuk mulut langsung lumer. Bahan utamanya adalah tepung sagu yang dipadukan dengan gurihnya keju membuat kue ini menjadi lezat.

Bahan Kue Sagu Keju

  • 400 gram tepung sagu yang sudah disangrai sampai kekuningan
  • 200 gram gula halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 gram mentega atau margarin
  • 100 gram keju cheddar yang sudah parut
  • 2 butir telur
  • Margarin untuk olesan

Cara Membuat Kue Sagu Keju

  1. Kocok terlebih dahulu mentega dan gula halus sampai berwarna pucat dan mengembang.
  2. Masukkan telur, lalu kocok lagi sampai rata.
  3. Tambahkan keju parut, garam, dan juga tepung sagu. Tambahkan dengan perlahan dan sambil terus diaduk menggunakan sendok kayu sampai tercampur rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit polis.
  5. Susun adonan di atas loyang datar yang sebelumnya sudah diberi olesan margarin.
  6. Panggang dalam oven pada suhu 160 derajat celsius selama kurang lebih 25 menit atau sampai matang.
  7. Setelah matang, angkat dan dinginkan, lalu masukkan ke dalam toples kedap udara.
  8. Kue sagu keju siap dihidangkan.

7. Resep Kue Bawang Tradisional

Kue Bawang

wzcmumbai.com

Resep yang satu ini adalah favorit para ibu untuk dibuat menjadi camilan keluarga. Selain nggak ribet dan mudah cara membuatnya, kue bawang juga tidak perlu oven, cukup menggunakan wajan dan minyak goreng saja.

Bahan Kue Bawang

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung tapioka
  • 75 ml santan kental
  • 2 butir telur
  • 50 gram tepung, yang digunakan untuk taburan
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Bumbu Halus
  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 2 sendok makan daun seledri yang sudah dicincang halus
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Bawang

  1. Campurkan tepung terigu, tapioka, bumbu yang sudah dihaluskan, santan, dan telur. Aduk menggunakan tangan, dan uleni sampai semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi kalis.
  2. Tambahkan seledri cincang, uleni lagi sampai seledri tercampur.
  3. Siapkan alat untuk menggiling pasta, lalu giling sedikit adonan terlebih dahulu sampai ketebalannya 2 mm.
  4. Setelah tipis, potong sesuai dengan selera, tapi umumnya dibentuk memanjang. Lalu taburi dengan tepung terigu agar tidak lengket antara satu dengan yang lain.
  5. Panaskan minyak goreng, goreng adonan sampai warnanya kuning kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.
  6. Kalau sudah dingin, simpan di dalam toples yang kedap udara.
  7. Kue bawang siap dihidangkan untuk keluarga tercinta.

8. Resep Kue Semprit

Kue Semprit

youtube.com

Kue semprit biasanya dibentuk mirip seperti bunga yang di tengahnya terdapat sukade atau irisan buah kering. Kalau dilihat sekilas, bentuknya mirip seperti kue sagu, perbedaannya tentu pada penggunaan tepungnya.

Bahan Kue Semprit

  • 350 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 gram gula halus
  • 100 gram tepung maizena
  • 200 gram mentega atau margarin
  • 4 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 50 gram sukade atau buah kering untuk topping
  • 1 sendok teh vanila bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • Margarin untuk olesan

Cara Membuat Kue Semprit

  1. Kocok terlebih dahulu mentega dengan 1/2 bagian gula halus sampai mengembang dan tercampur rata.
  2. Masukkan kuning telur sambil terus dikocok dan warnanya menjadi pucat.
  3. Tambahkan garm vanili bubuk, tepung terigu, tepung maizena sedikit demi sedikit. Aduk menggunakan sendok kayu sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Kocok putih telur dan 1/2 bagian gula halus sampai mengembang dan kaku.
  5. Masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata.
  6. Masukkan ke dalam pipping bag atau plasatik segitiga yang ujungnya diberi spuit berbentuk bintang.
  7. Semprotkan di atas loyang yang sudah diolesi margarin dengan bentuk seperti bunga.
  8. Hias atas adonan yang sudah di bentuk dengan sukade.
  9. Setelah itu panggan dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 160 derajat celsius selama 25 menit sampai matang.
  10. Angkat dan biarkan dingin, lalu simpan ke dalam toles yang ada tutupnya.
  11. Kue semprit siap disajikan untuk anak-anak tercinta.

9. Resep Cookies Cappucino Terbaru

Cookies cappucino

sweetprecision.wordpress.com

Cappucino adalah salah satu jenis minuman yang terbuat dari kopi dan coklat. Dengan dua bahan itu, maka dihasilkan minuman yang super enak dan menenangkan. Nah, kalau biasanya cappucino dibuat minuman, sekarang kita akan mencoba membuat cookies menggunakan bahan yang satu ini.

Bahan Cookies Cappucino

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram gula halus
  • 50 gram bubuk capucinno siap pakai
  • 25 gram tepung maizena
  • 15 gram coklat bubuk
  • 150 gram mentega
  • 100 gram dark coklat yang sudah dilelehkan
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1 butir kuning telur

Bahan Topping

  • 25 gram serbuk cappucino siap pakai
  • 125 gram gula halus
  • 50 gram pasta coklat
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1/2 putih telur yang ukurannya kecil

Cara Membuat Cookies Cappucino

  1. Kocok mentega, gula halus, dan vanili bubuk menggunakan mixer sampai tercampur rata.
  2. Masukkan telur dan kocok kembali sampai rata.
  3. Campur tepung terigu, coklat bubuk, maizena, dan susu, lalu masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan pertama. Aduk menggunakan sendok kayu sampai semua bahan tercampur.
  4. Tambahkan dark coklat yang sudah dilelehkan, lalu aduk lagi sampai tercampur rata.
  5. Setelah adonan jadi, giling sampai ketebalan 1/2 cm, lalu cetak berbentuk lingkaran, atau bisa juga sesuai selera.
  6. Panggang adonan di dalam oven pada suhu 160 derajat celsius sampai cookies matang.
  7. Setelah matang, angkat dan dinginkan.

Cara Membuat Topping

  1. Pertama, campur putih telur dan gula halus, aduk sampai rata.
  2. Tambahkan air jeruk nipis ke dalam adonan, aduk lagi sampai rata.
  3. Masukkan bubuk cappucino dan pasta coklat, aduk lagi.
  4. Lalu masukkkan topping ke dalam pipping bag dan potong kecil ujungnya.
  5. Hias bagian atas cookies menggunakan topping yang sudah dibuat.
  6. Panggang lagi selama 5 menit menggunakan suhu rendah, lalu dinginkan.
  7. Cookies cappucino siap disajikan.

10. Resep Kue Kering Kacang Mete

Kue Kering Kacang Mete

sajiansedap.grid.id

Resep kali ini, kita akan menggunakan kacang mete untuk bahan utamanya. Tentu kamu udah tau kan bagaimana kelezatan kacang mete? Nah, tentu akan tambah lezat setelah kita buat menjadi kue kering.

Bahan Kue Kering Kacang Mete

  • 250 gram tepung terigu dengan protein rendah
  • 125 gram gula halus
  • 150 gram margarin atau mentega
  • 100 gram kacang mete yang sudah disangrai dan dihaluskan
  • 1 kuning telur
  • 1 sendok makan susu cair
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 kuning telur untuk olesan
  • 75 gram kacang mede yang dibelah menjadi dua, lalu sangrai setengah matang, untuk topping

Cara Membuat Kue Kering Kacang Mete

  1. Kocok margarin dan gula halus sampai tercampur rata menggunakan mixer dengan kecepatang tinggi selama 2 menit.
  2. Tambahkan kuning telur dan susu cair, kocok lagi sampai rata.
  3. Masukkan kacang mete ke dalam adonan, aduk lagi menggunakan sendok kayu.
  4. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk.
  5. Uleni adonan sampai semua bahan benar-benar tercampur rata.
  6. Giling adonan dengan ketebalan 2-3 cm, lalu cetak berbentuk lingkaran atau bisa juga berbentuk bulan sabit.
  7. Susun di atas loyang yang permukaannya sudah diolesi dengan margarin.
  8. Di atas adonan yang sudah dicetak olesi dengan kuning telur dan tambahkan kacang mete.
  9. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 150 derajat celsius selama 40 menit atau sampai matang.
  10. Angkat dan dinginkan, lalu masukkan ke dalam toples yang kedap udara.
  11. Kue kering kacang mete siap disajikan untuk camilan keluarga.

11. Resep Kue Jahe

Kue jahe

koepoekoepoe.com

Kali ini kita akan membuat kue jahe, atau bahasa kerennya Gingerbread. Kue ini sebenarnya bukanlah asli Indonesia, tetapi asimilasi kebudayaan dari pewaris tanah Indonesia di Eropa. Kue ini sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan teh hangat saat sore untuk melepas penat setelah seharian bekerja.

Bahan Kue Jahe

  • 250 gram tepung tapioka
  • 250 gram gula halus
  • 125 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 50 gram jahe yang sudah diparut
  • 3 butir telur ayam
  • Gula icing (icing sugar) secukupnya

Cara Membuat Kue Jahe

  1. Kocok gula dan telur menggunakan mixer berkecepatan tinggi sampai memucat.
  2. Masukkan parutan jahe dan aduk kembali sampai rata.
  3. Tambahkan tepung beras, tapioka dan soda kue. Aduk sampai semua bahan tercampur.
  4. Ambil sedikit adonan dan buat bentuk bulat lalu letakkan di loyang yang sudah diolesi margarin dan tekan adonan sampai pipih.
  5. Panggang adonan di dalam ocen yang sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat celsius selama 10-15 menit atau sampai matang.
  6. Setelah matang, angkat dan dinginkan, lalu simpan di dalam toples kedap udara.
  7. Kue jahe siap dinikmati bersama teh hangat di sore hari.

12. Resep Donat Cookies

Cookies donat

sprinklesomesugar.com

Untuk variasi selain nastar dan putri salju, sekarang kita akan membuat donat cookies. Sebenarnya ini sama seperti cookies pada umumnya, cuma bentuknya saja yang mirip donat.

Bahan Donat Cookies

  • 500 gram tepung terigu
  • 250 gram margarin
  • 100 gram mentega
  • 100 ml susu kental manis
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk

Bahan Topping

  • Coklat batang dan meses secukupnya

Cara Membuat Donat Cookies

  1. Campur semua bahan untuk membuat adonan, uleni sampai kalis dan mudah untuk dibentuk.
  2. Giling menggunakan rol kayu atau botol kaca sampai ketebelannya kurang lebih 0,5 cm.
  3. Cetak berbentuk lingkaran dan bagian tengahnya buat lubang.
  4. Susun di atas loyang yang sudah diolesi dengan margarin.
  5. Panggang di dalam oven pada suhu 150 derajat celsius selama 15-30 menit atau sampai matang.
  6. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  7. Siapkan bahan topping, lelehkan coklat batang, lalu celupkan cookies yang sudah matang dan taburi dengan meses.
  8. Dinginkan sampai coklat membeku, lalu simpan pada wadah tertutup.
  9. Donat cookies siap dihidangkan.

Bagaimana? Mudah bukan membuat beberapa kue kering di atas? Tunggu apa lagi, akhir pekan besok langsung praktek ya, buatkan untuk keluarga tersayang di rumah. 🙂

Leave a Reply