Resep dan Cara Membuat Sushi Ala Indonesia yang Sederhana

Sushi itu makanan khas dari negeri sakura, Jepang. Makanan yang cara membuatnya dengan digulung ini memiliki banyak variasi isian. Sushi biasanya diisi dengan menggunakan ikan, telur, daging, sayuran dan masih banyak lagi macam isiannya.

Orang Jepang biasa mengonsumsi makanan yang masih mentah, contohnya seperti ikan mentah. Nah, ada juga lho isian untuk sushi yang menggunakan ikan mentah. Jadi jangan heran kalau kamu makan sushi tapi isinya bukan ikan yang sudah dimasak.

Daripada kamu bingung mau milih sushi isi apa, atau malah menghindari makan sushi ikan mentah. Mendingan kamu buat sendiri aja sushinya, gampang kok nggak ribet. Kalau biasanya sushi dari Jepang menggunakan daging, ikan, sayuran dan telur ikan yang masih mentah. Kamu bisa kreasikan sendiri bahan-bahan yang mau kamu pakai buat bikin sushi ala kamu.

1. Resep Sushi Nugget Sederhana Ala Indonesia

Sushi Nugget ala Indonesia

iweralymom.blogspot.co.id

Sekarang kita coba bikin sushi yang rasa Indonesia dulu ya, biar kita juga doyan makannya. Cari bahannya pun nggak terlalu sulit kok.

Bahan Sushi

  • 100 gram beras yang pulen
  • 50 gram beras ketan
  • 4 lembar nori
  • 4 buah sosis
  • 8 buah stik kentang
  • 4 buah nugget
  • 3 butir telur ayam yang sudah didadar
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm air matang
  • cuka secukupnya

Cara Membuat Sushi Ala Indonesia

  1. Buat isiannya terlebih dahulu, rebus wortel sampai matang, Telur yang sudah didadar dopotong memanjang, nugetnya digoreng, jangan lupa stik kentang dan sosisnya juga digoreng.
  2. Aron nasi sebentar kemudian kukus sampai matang.
  3. Campurkan larutan gula, garam, cuka dan tiga sendok makan air matang kedalam nasi yang telah dikukus. Sebaiknya cicipi dulu, biar tau rasanya udah pas apa belum.
  4. Siapkan satu lembar nori dan tambahkan nasi diatasnya. Ratakan nasinya sampai ketebalannya kira-kira 0,5 cm. Usahakan nasinya nggak menutupi seluruh permukaan nori, biar nanti nggulungnya gampang.
  5. Setelah itu tambahkan deh sosis, telur dadar, stik kentang, wortel dan bahan isian lainnya di atas nasi. Meletakkan isiannya yang rapi ya, biar nanti nggulungnya gampang.
  6. Kemudian gulung dengan hati-hati, sambil sedikit ditekan biar bentuknya bagus.
  7. Lalu potong baru sajikan deh.

Gampang kan bikinnya? Sushi sederhana ala Indonesia sederhana, kamu juga bisa nambahin saus sambal atau mayonaise untuk menambah cita rasa dari sushi yang kamu buat.

2. Sushi Salmon

Sushi ala Indonesia berisi salmon dan alpukat

wikipedia.org

Sushi yang satu ini mirip degan sushi asli yang biasanya ada di Jepang. Tapi, kita bisa menggunakan ikan yang familiar di Indonesia. Atau, bisa juga mengganti ikannya dengan ikan air tawar lainnya. Berikut ini langkah-langkah membuat sushi salmon.

Bahan Sushi

  • 300 gram nasi Jepang, bisa juga menggunakan nasi yang pulen
  • 500 gram daging alpukat yang sudah dipotong memanjang
  • 150 gram ikan salmon asap
  • 100 gram acar wortel yang sudah dipotong memanjang dan siap pakai
  • 2 lembar nori
  • Mayones secukupnya
  • 2 sendok makan tobiko atau telur ikan terbang jika suka
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Pelengkap

  • Acar jahe
  • Kecap asin secukupnya
  • Wasabi secukupnya

Cara membuat Sushi

  1. Campur gula pasir, garam, dan nasi jepang, aduk sampai tercampur rata.
  2. Siapkan alat untuk menggulung sushi, letakkan selembar plastik di atasnya.
  3. Ambil nasi, ratakan di atas alat yang sudah disiapkan, kemudian letakkan juga nori.
  4. Lalu, beri mayones memanjang horisontal ke atas nori.
  5. Tambahkan juga daging salmon asap, acar wortel, dan alpukat. Gulung sambil ditekan sampai padat.
  6. Setelah itu Buka alat untuk menggulung sushi, tambahkan mayones di atas sushi, jangan lupa beri tobiko dan potong sama besar.
  7. Sushi salmon asap siap disajikan.

 

Kamu juga bisa berkreasi sendiri dengan resep yang lainnya, mungkin mau menambahkan isi yang lain. Bisa diberi isian untuk isi lemper mungkin, atau isi arem-arem, bisa juga ditambahin abon. Sesuai selera aja, yang penting kamu suka deh.

Tips Bikin Sushi

  1. Sebaiknya gunakan beras Jepang, yang memang khusus untuk membuat sushi. Kalau memang terpaksanya nggak ada, ya pakai beras biasa di campur ketan. Tapi campuran ketannya jangan banyak-banyak, yang penting nasinya saling nempel aja.
  2. Gulung pakai semacam anyaman bambu, untuk mempermudah saat proses penggulungan. Kalau memang nggak ada anyaman bambu, bisa pakai plastik yang agak tebal agar sushinya nggak hancur.
  3. Ganti isian sesuai selera kamu, jangan cari yang nggak ada. Kalau di rumah adanya cuma tempe, ya pakai itu aja, rasanya pasti juga enak tuh.
  4. Usahakan membuat sushinya saat nasi masih panas, agar mudah menempel. Disajikannya pun saat masih panas, biar lebih enak.

Sushi ini bisa dibuat untuk bekal anak-anak sekolah, atau camilan buat ganjel perut yang laper. Tinggal siapin aja bahan-bahannya, terus tinggal buat deh, selamat mencoba.

One Response

  1. nata November 18, 2016

Leave a Reply