Peluang Usaha yang Bisa Kamu Kerjakan Secara Online untuk Bisnis Sampingan di Rumah

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, banyak bisnis ataupun usaha kecil yang digerakkan hanya dengan bermodalkan internet. Bahkan, di Indonesia saja, orang yang menggunakan media online untuk memasarkan produknya sudah sangat banyak.

Perkembangan untuk bisnis online ini sangat pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Walaupun cara offline juga masih tidak di tinggalkan oleh pengusaha yang bergerak di online. Tapi, kalau kamu punya bisnis, meng-online-kannya adalah sebuah pilihan yang bisa diambil.

Nah, buat kamu yang masih bingung akan membuat usaha apa, sebaiknya jangan terlalu banyak dipikir. Kalau mau berbisnis dan cuma mikir terus, nanti ujung-ujungnya nggak jalan-jalan dan cuma jadi beban di otak saja. Mending langsung action dan segera buat sebuah usaha.

Tapi, buat kamu yang udah kerja, jangan buru-buru resign dulu dari pekerjaan. Bikin usaha sambil bekerja kan masih bisa. Nanti kalau sudah berjalan lancar bisnisnya, baru deh resign dari pekerjaan kamu saat ini.

Dari pada panjang lebar dan kamu belum menemukan usaha apa yang sepertinya cocok buat kamu. Berikut ini ada beberapa contoh bisnis yang bisa kamu jalankan secara online.

1. Menjadi Dropshipper

Dropship, usaha tanpa perlu menyetok barang

ekafarm.com

Nah, istilah apa lagi nih? Kok ada bahasa Inggris segala.

Dropshipper ini kalau dibahasakan secara gampang adalah menjualkan barang milik orang, tanpa kita menyetok barang terlebih dahulu.

Jadi, kita menjual barang milik orang lain, sebut saja pihak ketiga. Nah, ketika ada pembeli yang mengorder melalui kita, nanti kita akan meneruskan pesanan pembeli kepada pihak ketiga.

Seblumnya, harga dari pihak ketiga sudah kita naikkan terlebih dahulu untuk mendapat keuntungan. Ya, walaupun keuntungan yang didapat tentu tidak sebanyak ketika kita menyetok barang sih.

Tapi, nggak ada salahnya dicoba nih menjadi dropshipper. Kita nggak perlu mikirin masalah pengadaan barang dan pengiriman. Tinggal iklankan saja produknya, dan pihak ketiga yang akan mengurus semua sampai ke tangan konsumen.

Tapi lagi nih, sebelum memulai menjadi dropshipper, pastikan dulu bahwa produsen atau pihak ketiga ini memiliki kredibilitas yang tinggi. Kalau perlu, beli dulu barang dari mereka dan nilai, apakah barang tersebut cocok untuk dijual kembali atau tidak.

Kamu bisa mencari pihak ketiga yang memiliki barang ini di mana saja. Paling mudah tentu mencarinya melalui google, tinggal ketik dropship ditambah dengan nama produk yang ingin kamu jual.

Atau, kamu juga bisa mengunjungi UKM yang ada di sekitar daerah kamu. Selain ikut memajukan usaha daerah, kamu juga bisa membantu mengangkat perekonomian masyarakat sekitar lho.

2. Promosikan Produk Melalui Affiiliasi

Affiliate Marketing

jvkool.com

Bahasa keren dari bisnis yang satu ini adalah affiliate marketing. Banyak yang sukses menjalankan bisnis model ini, tapi banyak juga yang nggak. Jadi, kalau kamu baca kisah sukses seorang affiliate marketing, jangan langsung tergiur tanpa mempelajari apa itu affiliate marketing ya.

Sebenernya kalau kita usaha di bidang affiliasi ini, kata yang tepat bukan menjual, tapi mempromosikan. Jadi ketika ada orang yang membeli produk affiliasi melalui link dari kita, kita akan mendapatkan komisi.

Jadi, affiliasi ini berbeda dengan dropship ya. Kita tidak berhubungan langsung dengan pembeli, penjuallah yang akan mengurus semua dengan pembeli, kita cuma promosi aja.

Untuk menjadi seorang affiliate marketer kita butuh yang namanya website.

Gunanya buat apa?

Website ini berfungsi sebagai media untuk mempromosikan produk yang kamu affiliate-kan. Jadi, kamu tinggal membangun sebuat website untuk menjaring pembeli yang kemungkinan akan membeli produk yang kamu promosikan.

Nah, untuk di Indonesia sendiri, masih sedikit produk yang bisa di-affiliate-kan. Jadi, lebih baik membangun sebuah website berbahasa Inggris. Dan tentu saja, produk yang kamu promosikan berasal dari pasar di luar negeri sana.

3. Menawarkan Jasa Menulis Konten

Mengetik sebuah konten untuk artikel di website

pixabay.com

Sebuah website yang ingin memiliki reputasi baik, tentulah harus didukung dengan artikel yang berkualitas. Artikel atau konten ini, nantinya yang akan dibaca oleh pengunjung sebuah website.

Kalau kamu punya hobi menulis dan tulisanmu bisa dibilang baik, coba aja menjadi penulis freelance. Karena, skill menulismu itu banyak dibutuhkan lho.

Banyak pemilik website yang memiliki banyak dana, tapi kualitas tulisannya kurang. Atau mungkin, pemilik website tersebut sudah nggak ada waktu lagi untuk menulis karena ada banyak urusan yang harus dikerjakan.

Nah, karena hal itulah, kamu bisa menjadi solusi buat mereka. Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu membuat portofolio tulisan. Portofolio ini sangat dibutuhkan buat meyakinkan calon customer kamu.

Mereka akan lebih percaya kalau tulisan kamu itu bagus, tentu setelah membaca contohnya.

Setelah selesai membuat portofolio, saatnya menawarkan jasa atau mungkin menunggu orang memilih jasa kita. Ada beberapa tempat yang bisa kamu gunakan untuk mencari customer.

Sribulancer – Website ini buat kamu yang ingin menawarkan jasa penulisan artikel berbahasa Indonesia atau bahasa lainnya.

UpWork – Nah, kalau dua website ini, merupakan situs internasional yang pencarinya dari seluruh dunia.

4. Menjadi Seorang Publisher

Konten marketing, salah satu cara menajadi publisher handal

pixabay.com

Apa itu publisher?

Gampangannya nih ya, publisher itu penerbit iklan dari penyedia layanan. Nah, salah satu penyedia layanan iklan yang paling terkenal saat ini adalah google, dengan program adsense.

Cara kerja dari penayang iklan itu begini nih, ada seseorang membuat website, kemudian dia mendaftarkan diri menjadi publisher iklan. Setelah diterima, orang tersebut memasang kode iklan pada websitenya. Nantinya, iklan akan muncul secara otomatis.

Nah, ketika iklan yang muncul di website tersebut di klik, maka pemilik website akan memperoleh komisi.

Gimana? Kelihatannya gampang kan?

Tapi, tentu akan ada tantangan tersendiri dalam sebuah bisnis. Pemilik website harus terlebih dahulu membuat websitenya banyak pengunjung.

Caranya?

Bikin konten yang banyak dan berkualitas, jangan cuma asal copas aja. Nah, kalau kamu punya bakat atau keahlian menulis, ini bisa jadi lebih mudah satu langkah buat kamu.

Tapi, kalau kamu kurang bisa menulis konten berkualitas, tenang aja. Ada banyak penyedia jasa pembuatan konten berkualitas kok di luar sana.

Jadi, cara kerja bisnis yang satu ini, kalau disimpulkan adalah buat website, bikin artikel berkualitas, datangkan pengunjung, iklan di klik, kita dapet komisi deh.

Leave a Reply