Pantai Sadranan Jogja, Tempat Wisata Buat Kamu yang Suka Snorkeling

Pantai Sadranan – Jajarang pantai yang ada di Gunungkidul Jogja, menawarkan keindahan yang memesona. Bentangan pantai dengan pasir putihnya, dan juga deburan ombak akan membuat kita serasa dimanja.

Salah satu pantai di selatan Gunungkidul yang bagus banget alamnya adalah Pantai Sadranan. Sebuah pantai, yang bersembunyi malu, di balik karang yang tinggi menjulang.

Pantai ini, banyak dikunjungi oleh masyarakat Jogja maupun luar Jogja, yang ingin melepas penat dari segala rutinitas sehari-hari. Berlibur, untuk sedikit relaksasi sambil menikmati keindahan alam yang terbentang.

Pantai ini terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Kalau dari jogja, kira-kira membutuhkan waktu antara 2-3 jam perjalanan.

Rambu Menuju Pantai Sadranan

pantaijungwok.blogspot.co.id

Pantai Sadranan ini memang agak tersembunyi tempatnya, karena berada di antara Pantai Krakal, Pantai Slili, dan Pantai Ngandong. Tapi, kalau kamu sudah sampai di dekat ketiga pantai itu, nggak sulit kok mencari jalan menuju Pantai Sadranan.

Untuk menuju pantai ini, kamu harus melewati jalanan yang cukup membuatmu harus berhati-hati. Setelah memasuki kawasan dekat pantai, jalanan akan menjadi bergelombang dan berbatu. Jadi, sangat disarankan kamu mengemudi dengan hati-hati di sini.

Keindahan Pantai

Pantai Sadranan Jogja

yogyakarta.panduanwisata.id

Tapi, begitu sampai di pantai, perjalanan yang cukup menguras tenaga karena harus berhati-hati, jadi berasa hilang capeknya.

Kamu akan disuguhi pemandangan pantai yang indah, dengan pasirnya yang putih dan angin sejuk berhembus dari laut.

Nah, belakangan ini, banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini, terutama yang ingin merasakan sensasi snorkeling di Pantai Sadranan. Kamu bisa melihat keindahan bawah laut dengan berbekal kacamata renang dan alat bantu pernafasan.

Pantai Sadranan

jogjaliburan.com

Tapi ingat, kamu harus memerhatikan keadaan laut sebelum bersnorkeling ya. Jangan sampai kamu snorkeling saat ombak sedang besar. Dikhawatirkan nanti kamu akan terseret dan terbawa arus ombak.

Sebaiknya, kamu bersnorkeling saat air sedang surut, waktunya ketika pagi atau sore hari. Selain itu, jangan snorkeling sendirian, ajak teman atau mungkin pemandu yang ada di sana. Biar ada yang selalu mengawasi atau saling menjaga.

Kapan Sebaiknya Datang?

Kalau kamu mau datang saat suasana sedang sepi atau tidak terlalu ramai, tentu akhir pekan bukan pilihan yang tepat. Karena, saat hari libur itu, tentu banyak juga wisatawan yang datang.

Bahkan, ada juga yang sampai berkemah dan menghabiskan malam di pantai ini lho. Mungkin kamu juga perlu mencobanya tuh. Datang ke pantai ini hari Jumat sore, terus menginap sampai Sabtu siang. Selain bisa menikmati pantai yang indah lebih lama, pantainya juga nggak terlalu ramai jadinya.

Tips Berkungjung ke Pantai Sadranan

Buat kamu yang sudah siap-siap menuju ke Pantai Sadranan, jangan lupa membawa bekal dan peralatan yang dibutuhkan.

Walaupun di pantai ini ada warung makan, tapi nggak ada salahnya bawa bekal berupa makanan ringan yang bisa kamu nikmati saat perjalanan.

Nah, selain itu, datanglah ketika air laut sedang surut, entah itu pagi atau sore hari. Jadi, kalau mau pagi, kamu berangkat dari rumah juga harus benar-benar pagi lho.

Jangan lupa bawa pelindung kaki ketika kamu ingin berenang di pinggir pantai. Karena, karang yang ada di sini cukp tajam, takutnya nanti akan menggores kaki kamu jika tidak menggunakan alas kaki.

Nah, itu dia info tentang Pantai Sadranan yang dapat kamu ketahui. Kalau main ke tempat wisata entah itu wisata di Jogja atau di tempat lainnya, selalu ingat untuk menjaga dan jangan sampai merusak keindahannya ya. Selamat Berwisata 🙂

Leave a Reply