Oleh-oleh Makanan Khas Jogja Untuk Orang Tercinta

Pergi ke Jogja tapi bingung mau bawain oleh-oleh apa? Kamu nggak usah risau atau gelisah, di Jogja itu banyak banget makanan yang bisa kamu bawa pulang buat oleh-oleh.

Tapi, cari makanan yang nggak mudah basi lho ya. Bisa pilih makanan kering atau mungkin makanan yang basah tapi lumayan awet buat dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah, saudara, sahabat, handai taulan, kawan, lawan, atau mungkin untuk musuh kamu, hehe becanda.

Sebenernya kalau ke jogja kita bisa bawain oleh-oleh selain makanan sih. Tapi untuk kali ini kita bahas dulu yang makanan ya, ntar kapan-kapan kalau bisa yang bukan makanan juga deh ditampilin disini.

1. Bakpia

Bakpia isi kacang ijo

tips-cara.info

Bakpia ini nggak pernah ketinggalan kalau ada wisatawan dateng ke Jogja. Bukan nggak pernah ketinggalan sih, lebih tepatnya yang biasanya dicari kalau mau bawa oleh-oleh. Padahal, bakpia iu sebenernya bukan makanan yang asli dari Jogja lho.

Dari namanya aja udah ketahuan tuh kalau bakpia merupakan makanan yang berasal dari Cina. Bakpia sendiri berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari kata bak yang artinya daging dan pia yang berarti kue. Kalau menurut arti katanya, bakpia berarti roti isi daging, hho.

Sekarang ini bakpia udah banyak macam dan jenisnya. Ada bakpia kumbu hitam, bakpia ubi ungu, bakpia rasa keju, coklat, bahkan ada bakpia bekatul. Nah, kalau kamu mampir atau berkunjung ke Jogja, jangan lupa cobain jajanan yang satu ini.

2. Gudeg Kering

Gudeg kering dalam kendil

kuliner.panduanwisata.id

Gudeg ini baru makanan yang bener-bener asli dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahan utamanya adalah nangka muda, kalau istilah jawanya namanya gori, yang dimasak dengan santan.

Waktu pemasakannya pun cukup lama, hingga berjam-jam. Kamu bisa bayangin tuh, nangka muda yang awalnya berwarna putih bisa sampai jadi berwarna coklat kayak gitu.

Gudeg biasanya dimakan pakai nasi dan disajikan dengan kuah santan kental atau biasa disebut areh, ayam kampung, telur, tahu dan sambel goreng krecek. Kalau kamu mau bawa pulang gudeg ke tempat asalmu, sebaiknya beli gudeg kering, karena lebih awet dari pada gudeg basah.

3. Geplak

Geplak Jogja

flickr.com

Ini namanya geplak ya bukan keplak (mukul). Makanan khas dari Bantul ini terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir, bisa juga menggunakan gula jawa. Rasanya nggak perlu ditanya lagi, pasti manis dong, kan pakai gula tuh bikinnya.

Geplak ini mudah di jumpai di toko-toko penjual oleh-oleh di Jogja dan sekitarnya. Tapi kalau beli perhatikan dulu ya geplaknya, takut ada yang jamuran kayak digambar itu tuh, yang bintik item-item.

4. Yangko

Yangko

pariwisata.jogjakota.go.id

Kalau yangko ini bahannya dari tepung ketan. Biasanya berbentuk kotak dan ada semacam baluran pakai tepung terigu. Rasanya manis dan teksturnya kenyal, mirip kayak moci. Sekarang udah banyak variasi rasa dari yangko, ada rasa buah kayak stroberi, durian dan melon. Kalau kamu mau cari makanan ini, bisa coba di daerah Kotagede.

5. Kipo

Kipo

jogjadirectory.com

Kipo ini juga merupakan makanan khas dari daerah Kotagede lho, jadi kalau mau cari yangko bisa sekalian beli kipo. Bahan pembuatan kipo juga sama seperti yangko, yaitu tepung ketan, yang dibentuk kecil-kecil lalu dipanggang.

Di dalamnya kipo ada isian berupa parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa. Rasanya enak deh, manis dan kenyal, kalau mau coba, cari aja ya di daerah Kotagede.

6. Salak Pondoh

Salak Pondoh Jogja

jualbibitsalakpondohmadu.blogspot.co.id

Salah satu buah yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika mengunjungi Jogja adalah salak pondoh. Salak yang memiliki daging berwarna putih dan rasanya manis ngangenin.

Dulu, salak ini kebanyakan hanya dijumpai di daetah Sleman, Jogja saja, tapi karena banyak yang membudidayakan dari daerah lain, sekarang kamu nggak akan kesulitan untuk mendapatkan salak ini.

Tapi, kalau kamu mau mencari salak pondoh yang banyak, datang aja ke kawasan agrowisata di daerah sleman. Bukan hanya salak pondoh segar yang akan kamu dapatkan, tetapi juga ada berbagai olahan salak dengan rasa yang tidak kalah enak.

7. Ampyang

Ampyang

theadventureofcouple.blogspot.com

Kamu pernah denger nama makanan yang satu ini? Namanya ampyang, makanan yang satu ini udah jarang kita temui, tapi kalau dicari ya masih ada sih.

Bentuk ampyang ini, kalau dilihat mirip-mirip peyek lho, bentuknya lingkaran kecil dan ada kacang tanah yang banyak di atasnya.

Bedanya ampyang dengan peyek cuma warna sama rasanya aja sih. Kalau ampyang berwarna coklat tua dengan rasa yang manis, sedangkan peyek rasanya gurih dan berwarna coklat muda.

Rasa ampyang ini unik lho, nggak cuma manis gula Jawa aja, tapi ada rasa jahe yang bikin hangat badan kita. Tapi, sekarang sudah ada variasi rasa biar ampyang ini juga bisa diterima kalangan muda, contohnya rasa coklat.

8. Sagon

Sagon Jogja

santapjogja.com

Sagon, jajanan tempo dulu yang bahan pembuatanya adalah tepung ketan, kelapa parut, gula pasir, dan garam secukupnya. Makanan khas yang nggak bisa kamu temuin lagi dengan mudah. Harus cari-cari dulu biar dapet sagon yang enak ini.

Sagon bentuknya lingkaran dengan warna putih kecoklatan, memiliki rasa yang manis gurih, cocok buat teman minum kopi di pagi hari nih. Apalagi kalau sagon-nya masih anget gitu, mankin mantab deh rasanya.

Nah, Itu tadi beberapa oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu bawa untuk orang tercinta. Mau pilih salah satu bisa, kalau mau bawa semua juga nggak apa-apa. Sekalian itung-itung menggerakkan perekonomian lokal Indonesia, biar nggak kalah bersaing sama mereka dari negeri antah berantah di sana.

Leave a Reply