Nyantri di Sintesa

Haloo kisanak, gak kerasa tahun ini sudah memasuki tahun 2015. Tahun dimana banyak hal yang harus segera dilakukan. Mulai dari hal-hal kecil yang harus dilakukan, sampai perencanaan tentang masa depan.

Ketika sedang asik mencari informasi, secara tidak sengaja membaca sebuah posting tentang sebuah tempat belajar. Tempat dimana dapat menimba ilmu tentang bisnis online dan agama. Kedua hal itu dipelajari secara bersamaan selama kurang lebih satu tahun. Nama Tempat itu adalah PESANTREN SINTESA yang merupakan kependekan dari Sinergi Terpadu Santri. Singkat cerita saya beranikan diri untuk mendaftar ke PESANTREN SINTESA dan alhamdulillah diterima.

Sintesa memiliki program yang disinergikan antara belajar ilmu akhirat dengan ilmu internet marketing.

Ilmu Akhirat

Hidup itu tidak hanya sekali, kalimat itu selalu terngiang di dalam pikiran. Memang ada yang bilang kalu hidup itu cuma sekali, tapi ternyata tidak seperti itu. Hidup itu tidak hanya di dunia saja, melainkan masih ada kehidupan di akhirat, kahidupan setelah mati, kehidupan yang kekal selamanya. Maka dari itu di PESANTREN SINTESA tidak hanya mempelajari tentang ilmu dunia saja, ilmu akhirat itu penting, bahkan sangat penting.

Kajian Rutin

Program kajian rutin dilakukan setelah sholat dhuhur. Sepulang sholat dari masjid, santri langsung menuju tempat berkumpul untuk mendengarkan rekaman kajian. Selain untuk menambah ilmu tentang agama mendengarkan kajian bersama-sama dapat mempererat tali persaudaraan antar santri. Disela-sela pelajaran mas Ibrahim Vatih juga memberikan wejangan-wejangan yang bisa membuat hati ini jadi adeeem, brrrrr.

ngaji adem

One Day 3 Ayat

Setiap hari santri PESANTREN SINTESA menghafalkan Al-Qur’an sebanyak tiga ayat (tergantung panjang ayatnya juga sih). Surat pertama yang dihafal adalah Ali Imran. Semoga kami mampu menghafal surat tersebut selama tiga bulan, aamiin ^^.

Makan Bersama dalam Satu Nampan

Ternyata makan pun bisa menjadi pelajaran untuk kita. Bahwasannya makan yang disunahkan adalah makan bersama dalam satu wadah besar. Bukan hanya itu, makan dengan tangan pun merupakan sunah. Kami melakukan kedua sunah itu setiap hari, setiap makan kami selalu makan bersama-sama.

makan berjamaah dalam datu nampan

Ilmu Internet Marketing

Pengajar tentang ilmu internet marketing di PESANTREN SINTESA merupakan seorang yang sudah sangat berpengalaman. Ibrahim Vatih, merupakan sosok pemuda Indonesia yang mau membagikan ilmunya secara cuma-cuma, bahkan meluangkan waktu tenaga biaya dan pikiran untuk mengembangkan sebuah tempat dimana kita bisa mendapatkan ilmu tentang internet marketing.

Setelah beberapa hari berada di PESANTREN SINTESA, sudah Banyak ilmu yang dipelajari. Mulai dari ilmu tentang memasang domain dan hosting, tentang menulis konten yang berkualitas, sedikit pengenalan tentang SEO (search engine optimization). Bahkan kita dimingu pertama sudah membuat sebuah web, ya web ini nih contohnya, lansung dikerjakan sambil belajar.

Biar nambah ilmu ini ada sedikit tentang apa yang sudah didapat.

Apa itu Domain?

Kalau kata wikipedia, domain merupakan sebuah nama yang diberikan untuk mengetahui nama dari sebuah server komputer, seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Penjelasan gampangnya domain itu seperti alamat jika kita ingin mengetahui tempat. Jadi jika kita ingin mengetahui suatu tempat, maka kita cari dulu alamat dari tempat tersebut, kira-kira seperti itu.

Kalau Hosting?

Lagi-lagi menurut eyang wikipedia, hosting merupakan jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya berupa server untuk disewakan sehingga memungkinkan suatu organisasi maupun seorang individu untuk menempatkan informasi di internet berupa FTP, HTTP, DNS, atau EMAIL. Biar lebih gampang dicerna, hosting itu seperti tanah kosong kalo kita mau bangun sebuah bangunan. Jadi sebelum ada bangunan kita beli dulu tuh tanahnya. Setelah ada tanah baru kita bisa membangun sebuah bangunan berupa web dengan alamat tertentu.

Lah apa lagi tuh SEO?

Kalau SEO, karena baru sebatas pengenalan saja jadi kurang begitu mendalami, mungkin besok kalau sudah masuk ke materi ini bisa kita bahas lagi ^^. Tapi penjelasan sedikit ya, SEO itu semacam cara bagaimana web kita bisa tampil di halaman satu pencarian google, gimana gak keren tuh? Bisa masuk halaman satu google.

 

Sekian dulu, semoga apa-apa yang dikaruniakan Allah pada kita dapat menjadikan kita lebih bersyukur, doakan kami semoga dapat menjadi orang yang bermanfaat ya ^^.

Leave a Reply