Metode Pembelajaran yang Digunakan di Dalam Kelas

METODE PEMBELAJARAN – Guru merupakan seorang yang diberi tanggung jawab untuk mendidik anak didiknya. Bukan hanya memberikan ilmu yang dia tahu saja, tapi juga mendidik dan mendewasakan anak didiknya.

Salah satu kewajiban yang diberikan kepada guru adalah mengajar di dalam kelas. Mengajar ini merupakan hal yang sangat penting dan bukan perkara mudah, khususnya untuk guru yang baru saja pertama kali mengajar.

Guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam kelas. Selain itu, guru juga harus menguasai keadaan di dalam kelas. Nah, salah satu cara untuk menguasai kelas dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah menerapkan metode pembelajaran.

Ada banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh seorang guru dalam mengajar. Berikut ini ada beberapa metode pembelajaran yang dikemukakan oleh Ns. Raymond H. Simamora, M.Kep.

1. Metode Ceramah

Metode ceramah

fauzitazniah.blogspot.com

Salah satu metode pembelajaran adalah dengan ceramah. Metode ini merupakan metode dengan menjelaskan secara lisan bahan pelajarannya kepada sekelompok pendengar.

Metode ceramah ini dapat mencapai beberapa tujuan, yaitu dapat mendorong pendengarnya terinspirasi (Mc Leish, 1976). Metode ceramah ini cocok digunakan untuk menyampaikan bahan pelajaran yang berupa informasi dan bahannya sulit untuk didapatkan (Gage dan Berliner, 1981:457).

2. Metode Diskusi

Metode ceramah

id.wikipedia.org

Metode diskusi merupakan proses pembelajaran yang melibatkan dua orang atau lebih. Peserta diskusi melakukan interaksi dan saling bertukar pendapat. Dalam berinteraksi ada juga saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sampai didapatkan kesepakatan di antara mereka. Metode diskusi adalah metode bersifat interaktif (Gagne dan Briggs, 1979:251).

3. Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi

henitasilmikhavata.wordpress.com

Metode demonstrasi merupakan metode yang sangat efektif digunakan untuk membantu anak didik mencari jawaban dari banyak pertanyaan. Contohnya seperti, Bagaimana hal tersebut dapat bekerja? Bagaimana caranya mengatur? Bagaimana langkah pengerjaannya?

Metode demonstrasi tentu saja memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Kelebihan Metode Demonstrasi

  1. Perhatian anak didik dapat terpusat.
  2. Anak didik lebih terarah pada materi yang sedang dipelajarinya.
  3. Pelajaran yang diterima akan lebih melekat pada anak didik atau siswa.

Kekurangan Metode Demonstrasi

  1. Anak didik atau siswa terkadang akan sulit melihat dengan jelas apa yang sedang diperagakan.
  2. Tidak semua proses atau pelajaran dapat didemonstrasikan.
  3. Demonstrasi akan sulit dipahami ketika yang mendemonstrasikan kurang menguasai pelajaran yang didemonstrasikannya.

Leave a Reply