Manfaat VCO untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat VCO – Tentu kamu sudah sering mendengar nama Virgin Coconut Oil dong? Atau, biasa disebut dengan singkatannya, VCO. VCO merupakan salah satu jenis minyak esensial yang saat ini banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan.

Bahkan, sekarang sudah banyak beredar di pasaran, produk virgin coconut oil dengan kemasan yang menarik. Dengan banyaknya manfaat, VCO bukan cuma diminati pasar lokal saja, tapi juga sudah mulai ekspor ke berbagai negara.

Nah, terus kamu tahu nggak apa itu VCO? Biar lebih ngerti tentang minyak yang satu ini, sebaiknya kita bahan lebih mendalam, dari mulai VCO itu sebenarnya apa, sampai manfaat dan khasiatnya.

VCO atau Virgin Coconut Oil

Minyak kelapa murni

sehatplus.com

Virgin coconut oil atau bisa disebut juga dengan minyak kelapa dara adalah minyak yang bahan pembuatannya dari buah kelapa. Minyak ini dipercaya punya kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa biasa. Virgin coconut oil didapatkan dari santan kelapa segar.

Untuk mendapatkan minyak kelapa yang murni prosesnya tidak menggunakan pemanasan, penyulingan, pengharuman, ataupun pemutihan. Sehingga, sifat alami dari minyak kelapa tidak akan berubah. Dengan begitu, manfaat yang terkandung dalam virgin coconut oil masih terjaga dan sangat berkhasiat bagi kesehatan kita.

Manfaat VCO untuk Kesehatan

Dengan mengonsumsi VCO secara rutin, maka akan berpengaruh pada kesehatan yang menjadi lebih baik.

1. Kesehatan Kardiovaskuler

Umumnya, minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Tapi, dari beberapa penelitian yang ada, mengonsumsi virgin coconut oil ternyata tidak merugikan jantung. Malah sebaliknya, VCO dapat mengurangi resiko kolesterol tinggi dan serangan jantung.

Salah satu penelitian menemukan bahwa minyak ini menyebabkan kolesterol menjadi tinggi. Hal itu karena minyak yang diuji adalah minyak kelapa dengan kandungan hidrogen yang tinggi, bukan virgin coconut oil. Studi itu pun bukan dilakukan pada manusia, melainkan pada hewan percobaan.

Kemudian, ada beberapa peneliti yang menemukan bahwa kaum Polinesia di Kepulauan Cook ternyata mengonsumsi minyak kelapa yang kolesterolnya rendah. Selain itu, di kepulauan tersebut juga minim kasus serangan jantung jika dibandingkan dengan masyarakat yang juga tinggal di New Zealand yang tidak mengonsumsi minyak kelapa.

Di Sri Langka, ada sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa kasus serangan jantung meningkat seiring dengan menurunnya konsumsi minyak kelapa.

2. Anti Virus dan Bakteri

Kandungan asam lemak di dalam virgin coconut oil, 50% nya adalah asam laurat. Saat asam laurat masuk ke dalam tubuh dan dicerna, asam lemak ini akan berubah menjadi monolaurin. Kedua zat tersebut dapat membunuh patogen berbahaya yang menyebabkan infeksi, misalnya seperti virus, bakteri, dan jamur.

Secara spesifik, asam laurat dan monolaurin dapat membunuh bakteri Staphylococcus aureus yang sifatnya patogen dan berbahaya, serta ragi Candida albicans penyebab infeksi oleh jamur. Selain itu, asam laurat juga diketahui baik untuk kesehatan jantung. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik.

Virgin coconut oil juga sudah terbukti mampu mencegah dan mengobati gigi berlubang, tukak lambung, dan keracunan yang disebabkan oleh makanan.

3. Mencegah Osteoporosis

Dengan mengonsumsi VCO secara rutin, tulang kamu juga bisa terjaga kesehatannya. Virgin coconut oil dapat mencegah munculnya gejala osteoporosis. Bukan cuma osteoporosis saja, gangguan kesehatan lainnya juga bisa dicegah.

4. Dapat Melancarkan Pencernaan

VCO dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik. Cara kerjanya adalah dengan membantu tubuh kita agar lebih efektif dalam menyerap vitamin dan mineral yang larut lemak, contohnya adalah magnesium dan kalsium.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Medium Chain Triglycerides (MCT) yang terdapat dalam virgin coconut oil dapat meningkatkan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya. MCT akan meningkatkan keefisienan enzim yang berhubungan dengan metabolisme tubuh.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ketika kamu mengonsumsi VCO, efek yang akan kamu rasakan adalah meningkatnya metabolisme tubuh. Terus apa gunanya kalau metabolisme kita meningkat? Ketika metabolisme tubuh menjadi lebih baik, maka akan dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, lemak di dalam tubuh yang menumpuk juga dapat dibakar dengan optimal.

6. Memiliki Sifat Antibiotik

Virgin coconut oil termasuk ke dalam minyak esensial. Di dalamnya terdapat kandungan antibiotik yang baik buat kesehatan tubuh. Dengan adanya kandungan antibiotik, VCO dapat membantu mencegah dan memperlambat proses sintesa yang dilakukan bakteri.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh atau sistem imun kamu juga akan meningkat jika mengonsumsi VCO. Hal tersebut bisa terjadi karena virgin coconut oil dapat merangsang sistem kekebalan tubuh kamu menjadi lebih baik.

8. Meningkatkan Stamina

Buat kamu para atlet, konsumsi minyak kelapa dara dapat meningkatkan stamina tubuh lho. Tentu hal tersebut akan sangat membantu kamu yang membutuhkan energi yang banyak ketika latihan.

Manfaat VCO untuk Kecantikan

Santan Kelapa

kitchen-apparel.com

Selain untuk kesehatan, minyak kelapa dara juga sangat bagus untuk merawat kecantikan kamu.

1. Menghaluskan kulit

Kalau kamu ingin memiliki kulit yang halus, cukup oleskan saja VCO ke kulit kamu. Jika dipakai dengan rutin, maka kamu akan memrasakan khasiatnya.

2. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Asam lemak rantai menengah yang ada di minyak kelapa dara terbukti dapat membakar kalori lebih banyak dari pada asam lemak lainnya. Jadi, tubuh kita akan dengan mudah mengubah lemak menjadi energi. Selain itu, senyawa bernama keton yang merupakan salah satu hasil metabolisme lemak memberikan efek menurunkan nafsu makan.

Virgin coconut oil juga efektif mengurangi lemak yang ada di perut. Karena, di perut ini biasanya terjadi penumpukkan lemak dan hal tersebut tentu sangat mengganggu. Selain itu, tumpukan lemak yang ada di tubuh sangat tidak baik bagi kesehatan kita.

3. Mencegah efek Radiasi Sinar UV

Untuk menjaga kesehatan kulit, VCO juga dapat melindunginya dari radiasi ultraviolet dari paparan sinar matahari. Jika kita terlalu sering terpapar sinar ultraviolet, maka akan dapat memengaruhi kesehatan pada kulit.

Leave a Reply