6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah Sehat dan Berseri

Tentu kita tahu bahwa fungsi utama dari minyak kelapa adalah untuk menggoreng makanan. Tapi, dengan kandungan di dalamnya, minyak kelapa ternyata juga dapat digunakan untuk merawat wajah lho. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan dari menggunakan minyak kelapa pada wajah.

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk menggantikan masker wajah yang terbuat dari bahan kimia buatan. Dengan memakai minyak yang terbuat dari kelapa ini, tentu akan lebih alami, sehingga lebih aman untuk wajah kamu. Berikut ini beberapa manfaat yang kamu dapatkan ketika menggunakan minyak kelapa untuk wajah.

Santan Kelapa

kitchen-apparel.com

1. Mencerahkan Wajah

Dengan menggunakan minyak kelapa, maka wajah kamu akan terlihat lebih cerah dan berseri. Cara menggunakannya pun cukup mudah, tinggal kamu jadikan saja minyak kelapa untuk pelembab wajah alami. Oleskan sedikit saja minyak kelapa pada wajah setiap malam. Diamkan sampai kering, baru setelah itu tidurlah seperti biasa. Pagi harinya, bisa melihat apakah ada perbedaan pada wajah kamu.

Paling tidak, lakukan cara di atas selama kurang lebih dua minggu untuk hasil yang bagus. Wajah kamu akan terlihat lebih cerah dari pada biasanya.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, jangan menggunakan minyak kelapa di pagi dan siang hari. Karena, pada dua waktu tersebut jika wajahmu terkena kotoran atau debu, maka pori-pori wajah bisa tersumbat. Hal tersebut bisa saja menghasilkan jerawat muncul di wajah kamu.

2. Melembabkan Kulit

Ingin kulit lembab secara alami? Gunakan saja minyak kelapa karena minyak ini hampir sama seperti minyak lainnya yang dapat melembabkan kulit. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti moisturizer malam yang cukup ampuh lho. Tapi jika menggunakan minyak kelapa, maka akan relatif lebih aman dari pada pakai produk kecantikan yag kadang nggak cocok di wajah.

Jika ingin menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab, cukup tuang minyak sebanyak dua sendok makan dalam wadah kecil. Setelah itu oleskan secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian diamkan selama 20 menit atau sampai minyaknya mengering dan kamu bisa segera tidur. Pagi harinya baru deh bisa kamu bersihkan menggunakan sabun muka.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam satu minggu ya.

3. Mengencangkan Kulit

Jika di wajah kamu sudah ada tanda penuaan berupa kerutan, coba deh pakai minyak kelapa untuk mengencangkannya kembali. Cukup oleskan sedikit minyak kelapa sehabis mandi malam pada seluruh wajah yang ada kerutannya. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan wajah yang kembali kencang dan kamu akan terlihat lebih muda.

4. Mengurangi Dampak Alergi

Kalau kamu pernah terkena penyakit kulit yang sampai menyerang bagian wajah seperti eksim, kaligata, dan dermatitis, ada lho solusi mengatasinya secara alami. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengobatinya dengan cepat.

Ambil saja sedikit minyak kelapa dan oleskan pada bagian kulit yang gatal atau ada luka. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, tentu jangan digaruk atau disentuk ya. Biar nanti sakitnya nggak tambah parah waktu kamu sedang melakukan pengobatan.

5. Menghilangkan Jerawat

Sebenarnya ada banyak bahan alami untuk mengatasi jerawat lho, ada jeruk nipis, madu, dan yang saat ini mau kita bahas, minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung berbagai macam senyawa yang baik, seperti asam kaprat dan asam laurat. Kedua jenis asam tersebut akan diubah menjadi monocaprin dan monolaurin dengan bantuan mikroba.

Dengan menggunakan minyak kelapa, jerawat yang ada pada wajah kamu akan lebih cepat hilang dan kemunculannya dapat mudah dicegah.

Kalau mau menggunakan minyak kelapa untuk mengusir jerawat, cukup tuang sedikit minyak kelapa pada kapas yang bersih, lalu oleskan pada seluruh bagian wajah yang ada jerawatnya. Diamkan selama 20 menit sampai minyak kelapa kering, baru setelah itu bisa kamu bilas sampai bersih menggunakan air mengalir. Lakukan cara ini paling tidak 2-3 kali dalam satu minggu, biar hasilnya kelihatan maksimal.

6. Memutihkan Wajah

Buat kamu yang pengen wajahnya terlihat lebih putih dan cerah secara alami, nggak usah pakai krim-krim wajah yang mahal, coba aja pakai minyak kelapa. Dari zaman dahulu, sudah banyak yang memanfaatkan minyak kelapa untuk merawat wajahnya. Selain karena murah, minyak kelapa juga alami, sehingga lebih aman dan tidak membuat wajah menjadi alergi.

Kalau kamu mau mencoba memutihkan wajah menggunakan minyak kelapa, caranya gampang kok. Kamu cukup mencampur dua sendok makan minyak kelapa dan perasan air jeruk nipis. Aduk sampai rata, baru kemudian oles campuran tersebut pada wajah. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Agar hasilnya segera terlihat dan maksimal, gunakan campuran minyak kelapa dan jeruk nipis ini secara rutin ya.

Ternyata ada banyak kegunaan yang kamu dapatkan dari minyak kelapa ya. Kalau kamu mau mencobanya diteliti dulu ya, karena ada beberapa kulit yang ternyata sensitif kalau pakai minyak-minyakan. Ya, walaupun minyak kelapa itu alami dan aman, tapi kalau kulitnya udah sensitif duluan tentu juga bakalan nggak baik jadinya. 🙂

Leave a Reply