7 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Sehat Alami

Lidah buaya atau Aloe vera adalah sebuah tanaman dengan nama ilmiah Aloe bardensis. Tanaman ini tumbuh liar di tempat yang memiliki iklim tropis. Salah satu tempat yang dapat menghasilkan lidah buaya dengan kualitas baik adalah Indonesia.

Tanaman yang memiliki bentuk seperti lidah yang runcing ini memiliki banyak manfaat lho. Sejak zaman dahulu, lidah buaya dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Orang-orang dulu percaya, jika menggunakan lidah buaya, maka rambut akan menjadi sehat dan terawat dengan baik.

Dengan berkembangnya teknologi, tanaman ini bahkan lebih luas lagi pemanfaatannya. Sekarang lidah buaya juga dimanfaatkan untuk industri kecantikan untuk merawat kesehatan kulit. Bahkan, sampai digunakan untuk menghilangkan bekas luka, meredakan gatal, mengobati penyakit kulit, dan asupan vitamin harian tubuh.

Lidah buaya sebenarnya ada beberapa jenis, tapi yang sering digunakan untuk pangan dan kosmetik adalah jenis Aloe barbadensis miller.

Di dalam lidah buaya, sebenarnya ada dua jenis cairan. Cairan pertama adalah cairan bening, bentuknya seperti jelly dan tidak memiliki warna alias bening. Cairan memiliki kandungan yang dapat berguna sebagai anti jamur dan anti bakteri.

Cairan kedua adalah cairan edukat, memiliki warna kekuningan dan mengandung senyawa aolin. Fungsi dari senyawa ini adalah untuk melindungi lidah buaya dari panas dan sinar UV. Jika senyawa aolin ini tidak sengaja termakan, kita bisa terkena diare lho.

Lidah buaya ternyata juga mengandung berbagai macam senyawa alami. Ada protein, mineral, serat alami, dan asam amino. Di dalam lidah buaya juga terdapat vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang ketiga vitamin itu sangat baik untuk kesehatan rambut.

Terus apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut?

Berikut ini beberapa manfaat tanaman hijau berujung runcing ini untuk rambut kamu.

1. Menghaluskan dan Melembabkan Rambut

Kalau kamu memiliki rambut yang terasa kasar, berarti ada masalah dengan rambutmu. Rambut kasar bisa jadi karena rambut terlalu kering dan kurangnya kelembaban.

Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini memilki manfaat sebagai conditioner rambut yang alami. Jadi, rambut kamu yang kering dan kasar akan dapat diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Tentu saja bahan ini alami, jadi kamu nggak perlu khawatir akan terjadi alergi atau rambut malah menjadi rontok.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu cuma perlu mengaplikasikannya sebagai conditioner.

Pertama ambil tanaman lidah buaya, kupas untuk memisahkan antara kulit dan cairan atau gel-nya. Oleskan cairan pada rambut secara merata sebelum kamu keramas.

Selain itu, kamu juga bisa mencampur satu cangkir gel lidah buaya dengan dua sendok teh kembang sepatu. Kamu bisa mencampurnya dengan cara mem-blender-nya secara bersamaan agar semua tercampur rata. setelah itu oleskan pada rambut, diamkan sebentar, lalu bilas dengan air bersih.

2. Menghitamkan Rambut

Apakah kamu memiliki rambut yang warnanya kemerahan karena terlalu lama terpapar sinar matahari? Kalau kamu mewarnai rambut dengan warna yang lain mungkin akan terlihat bagus, tapi jika warna merahnya karena pudar terkena sinar matahari itu nggak banget deh.

Nah, untuk membuat rambut kembali hitam, coba deh pakai lidah buaya pada rambut kamu.

Cukup ambil satu batang lidah buaya yang ukurannya besar. Kemudian potong dan kupas, lalu ambil gel-nya saja. Setelah itu oleskan secara merata ke rambut, mulai dari pangkal sampai ujungnya. Lalu bungkus kepala menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat dan diperas.

Kamu bisa mempraktekkan cara ini sebelum keramas. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah setiap hari sebelum kamu mandi di sore hari.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kemampuan lain dari lidah buaya adalah untuk merangsang pertumbuhan rambut. Jika memiliki rambut yang tumbuhnya tidak normal dan nggak sehat, kamu harus waspada lho. Sebab hal itu bisa menjadi awal dari penipisan rambut yang akan berakibat pada kebotakan. Olah karena ini diperlukan perawatan agar rambut jadi sehat, dari mulai akar sampai ujung rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah, ambil gel lidah buaya dan campur dengan satu sendok teh minyak zaitun, aduk sampai tercampur semua. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan seluruh rambut, baru setelah itu bilas dan keramas sampai bersih.

4. Membuat Rambut Jadi Lebih Berkilau

Memiliki rambut yang berkilau tentu akan membuat kamu lebih menarik perhatian. Rambut berkilau itu terkesan sehat dan kuat. Nggak seperti rambut yang kusam, pasti orang berpikir rambut kita tidak sehat. Nah, untuk mengatasi masalah rambut kusam agar tambak berkilau, ikuti cara berikut ini.

Kamu akan membuat sampo dengan campuran gel lidah buaya, madu, dan cuka apel. Racik tiap bahan sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa membuat sendiri formula yang tepat sampai campuran ketiga bahan itu menjadi berbentuk pasta. Kemudian pakai pasta campuran tersebut ke kulit kepala dan seluruh rambut. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, lalu bilas dengan air sampai bersih.

5. Mencegah Kerontokan Rambut

Kebotakan pada Pria

daradaeng.com

Kamu masih muda tapi rambut sudah pada rontok berhamburan? Bahkan ketika menyisir, rambut banyak yang nyangkut di sisir? Atau mungkin ketika mandi, kamu banyak menemukan rambut berserakan menutup saluran air? Mungkin kamu mengalami masalah rambut rontok.

Jika hal tersebut kamu abaikan, bisa-bisa hal yang tidak diinginkan terjadi. Apalagi kalau kerontokan sudah mulai mendekati nilai 100 helai rambut per hari, kamu benar-benar harus waspada.

Ada banyak hal yang menyebabkan kerontokan rambut, seperti misalnya mengecat rambut, terlalu sering rebonding dan smoothing, hal itu bisa membuat rambut jadi mudah rontok lho.

Untuk mengatasinya, ada solusi alami yang bisa kamu coba, gunakanlah gel lidah buaya. Ambil lidah buaya, lalu kupas dan ambil gel-nya. Gosokkan gel tersebut pada kulit kepala sampai ke ujung rambut. Diamkan kurang lebih satu jam, baru kemudian keramas sampai bersih.

6. Mengatasi Ketombe

Pernahkan kamu ketika menggaruk kepala tiba-tiba ada salju turun dengan lebatnya? Semakin digosok semakin lebat salju yang turun? Jangan kaget dan jangan bimbang, itu sebenarnya bukan salju karena kamu sedang berada di Indonesia. Mungkin saja itu adalah ketombe yang sedang bersemayam di kepala.

Jika ketombe sudah bersarang di kepala, biasanya akan terasa gatal dan bentol pada kulit kepala. Ketika sudah begitu, tentu akan mengganggu sekali karena gatal terasa sepanjang hari. Dan ketombe yang berjatuhan akan mengurangi rasa percaya diri.

Kamu tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, coba deh pakai lidah buaya untuk mengatasinya. Dalam tanaman tersebut terdapat anti bakteri yang menjadi penyebab ketombe. Jika kamu menggunakan lidah buaya, bakteri penyebab ketombe dapat diberantas dan hilang.

Cukup ambil gel lidah buaya dan campur dengan beberapa tetes tea tree oil dan air mawar. Kemudian oleskan pada kulit kepala sebelum kamu keramas. Lakukan cara ini minimal satu atau dua minggu sekali saja.

7. Mengatasi Rambut Berminyak

Kamu memiliki masalah sulit menata dan mengatur rambut sesuai dengan keinginan? Atau mungkin rambut terasa berminyak dan membuatnya cepat sekali lepek? Ketika kamu menggunakan produk perawatan rambut, bukannya malah berkurang minyaknya tapi minyak di kepala menjadi lebih banyak lagi.

Jangan khawatir, coba deh kamu gunakan produk yang sudah ada di alam yang diperuntukkan bagi rambut, lidah buaya. Di dalam lidah buaya terdapat astringent alami yang dapat mengatasi minyak berlebih.

Memakainya pun cukup mudah, kamu bisa menambahkan beberapa tetes gel lidah buaya yang sudah dihaluskan bersama dengan sampo saat akan keramas. Atau bisa juga menggosokkan gel lidah buaya langsung pada kulit kepala sampai ke ujung rambut sebelum keramas.

Gimana? Tertarik mencoba lidah buaya sebagai alternatif perawatan rambut kamu? Yuk dicoba sendiri di rumah. Atau kamu juga mau membudidayakan lidah buaya untuk stok perawatan rambut? Boleh juga tuh, jadi nggak perlu sulit-sulit mencari keluar rumah. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply