7 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar, mulai dari anak muda sampai orang tua. Itulah mengapa saat ini banyak warung atau kedai kopi yang menyajikan berbagai macam jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

Tapi tahukah kamu? Ternyata minum kopi tanpa gula memiliki manfaat bagi kesehatan lho. Manfaat minum kopi pahit tanpa menggunakan gula ini sudah terbukti dan bahkan ahli kesehatan juga mengakuinya. Sampai saat ini sudah ada banyak penelitian yang mengungkap fakta tentang berbagai khasiat dari kopi hitam.

Sampai akhirnya, ditemukan bahwa minum kopi setiap hari dengan dosis yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Bukan cuma itu saja, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Kalau kamu belum tahu apa saja manfaat dari minum kopi hitam pahit, berikut ini ada beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

1. Mengurangi Risiko Diabetes

Ketika kita minum kopi tanpa menggunakan gula, ternyata mampu menghindari atau minimal mengurangi risiko terkena diabetes. Hal ini karena rasa pahit yang terdapat di dalam kopi ternyata sangat efektif untuk mengurangi kadar gula di dalam darah.

Tetapi, jika kita mgnonsumsi kopi menggunakan gula, khasiat itu tidak akan dirasakan. Bahkan bisa-bisa risiko terkena diabetes semakin meningkat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kopi ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula, jantung kita akan semakin sehat dan terjadinya penyakit serangan jantung akan berkurang.

3. Sumber Antioksidan

Kandungan gizi di dalam kopi hitam juga sangat baik, salah satunya adalah sebagai sumber antioksidan. Kopi hitam yang tidak menggunakan gula mengandung magnesium dan kromium yang cukup tinggi. Kedua zat gizi tersebut merupakan salah dua dari beberapa antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, kedua zat tersebut juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil.

4. Membantu Diet Agar Berat Badan Ideal

Kalau kamu sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, coba deh minum kopi hitam tanpa pakai gula. Kenapa disarankan minum kopi hitam? Karena, kopi tanpa gula itu kalorinya rendah, jadi sangat cocok buat kamu yang sedang diet. Bahkan minuman ini juga akan mendukung diet yang sedang kamu lakukan.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Jika kita minum kopi hitam secara rutin setiap hari, maka akan manfaat yang dirasakan ketika sudah mulai tua. Kopi hitam akan membantu tubuh untuk mencegah kerusakan pada fungsi otak. Sehingga, otak masih dapat berfungsi dengan baik walaupun kita sudah lanjut usia. Bahkan, kepikunan saat tua juga bisa dicegah dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Risiko terkena kanker juga dapat dikurangi jika kita mengonsumsi secara rutin kopi hitam tanpa gula. Hal ini disebabkan di dalam kopi hitam terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi, tentu kopi hitam tanpa gula. Antioksidan dalam kopi hitam dapat meminimalisir risiko terkena kanker hati dan kanker payudara.

7. Meningkatkan Produktivitas Tubuh

Tentu sudah banyak di antara kita yang minum kopi hitam saat pagi hari. Ternyata kebiasaan itu dapat membantu produktivitas dalam keseharian kita selama satu hari lho. Ketika kamu minum kopi setiap hari, maka tubuh akan menjadi lebih berenergi dan makin produktif.

Manfaat yang didapat ketika minum kopi adalah ketika kita mengonsumsinya tidak menggunakan gula. Hal ini karena di dalam kopi terdapat kafein yang tidak selamanya zat tersebut berdampak buruk bagi kesehatan. Selama kita tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, kafein ternyata bermanfaat untuk tubuh.

Tapi ingat, kita tidak boleh terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kafein. Jika asupan ke dalam tubuh berlebih, tubuh akan mengalami masalah kesehatan, seperti gangguan pada jantung dan gangguan pencernaan. Tetap jaga kesehatan dan jangan minum kopi berlebihan 🙂

Leave a Reply