Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Berjerawat dan Flek Hitam Agar Tampak Cerah

Merawat wajah tidaklah harus dengan produk-produk perawatan yang mahal harganya. Kamu dapat menjaga kesehatan kulit wajah dengan cara yang sederhana di rumah.

Tak perlu dengan produk perawatan karena kamu bisa menggunakan bahan alami yang memiliki efek merawat kulit. Dilakukan di rumah karena memang perawatan ini dapat dilakukan sendiri tanpa membutuhkan bantuan.

Sebenarnya ada banyak bahan yang bisa kita manfaatkan untuk merawat wajah. Misalnya saja sayuran, buah-buahan, atau bahkan bahan yang biasa kamu gunakan untuk membuat kue sekalipun.

Nah, salah satu bahan alami yang sudah banyak digunakan untuk merawat wajah adalah jeruk nipis. Ya, jeruk nipis, buah yang biasanya kita gunakan untuk menambah sedap rasa dari makanan atau menghilangkan bau amis pada ikan.

Buah bulat kecil ini memiliki manfaat yang besar untuk menutrisi kulit wajah. Salah satu kandungan yang cukup tinggi dalam jeruk nipis adalah vitamin C. Vitamin yang biasa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan sudah dipercaya sejak lama.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Wajah

1. Mengurangi Jerawat

Jerawat merupakan masalah pada wajah yang dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat muncul karena adanya kotoran yang menyumbat pori-pori pada wajah kita. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan jeruk nipis agar jerawat yang muncul dapat hilang atau mereda.

Cara menggunakannya cukup mudah, cukup ambil jeruk nipis, kemudian iris dan peras sampai keluar airnya. Lalu oleskan air jeruk nipis pada seluruh wajah, atau cukup pada bagian wajah yang terdapat jerawatnya. Tunggu beberapa saat, sampai air jeruk nipisnya mengering. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Ketika menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat, memang terasa sedikit perih saat dioleskan pada wajah. Jadi, jangan gunakan perawatan menggunakan jeruk nipis ini setiap hari ya.

2. Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat

Selain jerawat, bekasnya dan juga flek atau noda hitam pada wajah seringkali menjadi masalah. Adanya flek hitam tentu akan mengurangi kepercayaan diri kita. Nah, kandungan di dalam jeruk nipis teryata mampu meringankan bintik-bintik hitam yang ada pada wajah lho.

Caranya cukup mudah, cukup ambil air jeruk nipis dan tuang pada kapas, lalu oleskan di bagian yang terdapat flek-flek hitamnya. Biarkan selama kurang lebih 30 menit sampai air jeruk mengering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

Ada sedikit catatan untuk kamu nih, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan matahari, karena air jeruk nipis dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Kalaupun mau keluar rumah, kamu dapat menggunakan sunblock atau tabir surya sebelum keluar rumah.

3. Memutihkan Wajah

Kemampuan jeruk nipis untuk menghilangkan noda hitam, ternyata juga akan berdampak pada kulit yang menjadi lebih putih dan cerah. Manfaat tersebut didapat dari kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis, yang akan merangsang terjadinya regenerasi sel kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu cukup mengonsumsi jeruk nipis dengan dimakan secara langsung atau diambil airnya dan dicampur dengan air hangat, dan diminum setiap pagi.

Kamu juga dapat mengaplikasikannya langsung pada kulit wajah. Pertama potong tipis jeruk nipis, kemudian masukkan sebentar dalam kulkas sampai dingin. Setelah itu, usapkan potongan jeruk nipis tadi pada seluruh permukaan wajah secara merata. Diamkan beberapa menit, beru kemudian bilas menggunakan air bersih.

4. Mencerahkan Wajah

Walaupun kemampuan mencerahkan wajah dari jeruk nipis tidak secepat kosmetik yang ada di pasaran. Tapi, menggunakan jeruk nipis tentulah lebih aman ketimbang kosmetik yang kita tidak tahu apakah cocok untuk kulit atau tidak.

Menggunakan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah pun tidaklah sulit, cukup campur air jeruk nipis dengan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama beberapa menit sampai mengering dan kandungan di dalam campuran jeruk nipis dan madu meresap ke dalam pori-pori kulit wajah.

Oia, agar hasil lebih maksimal, sebelum menggunakan campuran air jeruk nipis dan madu, bersihkan dulu wajah kamu ya. Jangan lupa, setelah selai, bilas sampai bersih agar wajah kelihatan lebih kinclong.

5. Mengatasi Kulit Berminyak

Sebelum jerawat muncul, biasanya ada penyebab berupa kotoran, sel kulit mati, atau minyak yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Dan, jerawat biasanya muncul pada orang yang memiliki kulit berminyak. Selain itu, ketika muncul bakteri pada pori-pori kulit wajah, akan menambah peradangan, sehingga jerawat menjadi kemerahan dan terasa nyeri.

Tapi tenang, dalam jeruk nipis terdapat antibiotik yang akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sifat asam di dalam jeruk nipis dan kandungan astrigent aktif juga akan mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah.

Cara mengontrol kulit yang berminyak menggunakan jeruk nipis cukup mudah. Pertama, siapkan dulu satu ruas kunyit sebesar ibu jari, lalu parut kunyit tersebut sampai halus. Kemudian, campur kunyit dengan satu sendok teh madu dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis, aduk sampai tercampur rata.

Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit atau tunggu sampai mengering. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat, lalu basuh dengan air dingin setelah wajah bersih.

6. Melembabkan dan Mengencangkan Wajah

Manfaat selanjutnya dari jeruk nipis adalah melembabkan dan juga mengencangkan kulit wajah. Wajah terlihat awet muda dan garis halus serta kerutan karena kulit kering dapat dihindari.

Caranya, kamu tinggal mencampur satu sendok teh madu dengan air perasan jeruk nipis, perbandingannya 1:1. Kamu bisa menambahkan sedikit minyak zaitun untuk meningkatkan keefektifannya.

Setelah siap, bersihkan dulu wajah, kemudian oleskan campuran madu, air jeruk nipis, dan minyak zaitun pada wajah. Diamkan sampai mengering, atau sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih menggunakan air hangat, kemudian setelah bersih basuh menggunakan air dingin.

Leave a Reply