Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh

Daun suji, mungkin nama ini sedikit asing untuk orang awam yang tidak suka berada di dapur. Sebenarnya, daun suji adalah daun yang berasal dari tanaman berupa perdu tahunan. Biasanya daun ini digunakan sebagai pewarna makanan alami, salah satu saingannya daun pandan.

Bahkan, warna hijau yang dihasilkan oleh daun suji ini lebih pekar dari pada daun pandan wangi ketika dijadikan sebagai pewarna makanan.

Selain daunnya yang digunakan untuk pewarna makanan, tanaman suji biasa di tanam di pekarangan rumah karena memiliki bentuk yang unik dan bunganya memiliki bau yang wangi. Bunganya adalah bunga majemuk yang berwarna putih kekuningan, kadang ada juga yang memiliki semburat berwarna ungu.

Dengan kegunaan yang hampir sama seperti daun pandan, ternyata banya juga lho yang tidak bisa membedakan antara daun suji dengan daun pandan.

Perbedaan Daun Suji dan Daun Pandan

Kebanyakan orang mengira bahwa daun suji dan daun pandan adalah dua benda yang sama. Padahal, kedua daun ini berbeda lho, walaupun penampakannya sama.

Bentuk Daun

Perbedaan antara kedua daun ini yang pertama adalah bentuk daunnya. Daun pandan memiliki bentuk seperti pita dan terdapat tulang daun di bagian tengahnya, tepian daun pandan bentuknya bergerigi tajam. Sedangkan daun suji memiliki bentuk tepian yang tidak bergerigi dan tidak juga tajam, daun suji juga tidak memiliki tulang daun di bagian tengah.

Warna Daun

Walaupun sepintas terlihat sama, tetapi daun suji dan pandan memiliki warna yang berbeda. Daun pandan warnanya hijau mudah dan mengkilap, sedangkan daun suji warnanya cenderung ke hijau tua dan mengkilap.

Kegunaan Daun

Kedua daun ini sebenarnya bisa memberikan warna hijau jika diekstrak, tetapi kegunaan sebenarnya berbeda. Daun pandan biasanya digunakan untuk memberikan aroma makanan yang wangi. Kalau daun suji digunakannya lebih untuk pewarna hijau alami.

Kandungan Zat Gizi Daun Suji

Ada beberapa zat atau senyawa di dalam daun suji yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Zat gizi yang terkandung di dalam daun suji seperti berikut ini.

  • Alkaloid
  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Saponin
  • Tanin

Daun suji memiliki rasa yang agak pahit, ketika kamu meremasnya, maka akan tercium bau khas. Dan jika kita mengonsumsinya, ada efek rasa dingin yang ditimbulkan.

Manfaat dan Khasiat Daun Suji

daun suji

tipshidupsehat12345.blogspot.com

Setelah mengetahui perbedaan antara daun suji dan daun pandan, sekarang kita cari tahu apa saja sih sebenarnya manfaat yang terkandung di dalam daun ini.

Umumnya, daun suji digunakan sebagai pewarna alamai, sehingga sangat jarang yang menggunakannya untuk mengobati penyakit. Padahal ada manfaat lain dari daun hijau ini yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah kesehatan.

1. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam daun suji terdapat kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas ini yang bisa menyebabkan kanker, dan flavonoid dapat memperkecil kemungkinan tersebut. Untuk mengonsumsi daun suji caranya cukup mudah, cukup minum air rebusan daun suji bersama dengan madu. Mudah bukan?

2. Penawar Racun

Daun suji mengandung senyawa bernama alkaloid yang memiliki manfaat sebagai anti bakteri. Jadi, ketika ada seseorang yang keracunan sampai muntah-muntah, di dalam saluran pencernaannya terdapat bakteri yang tidak baik. Bakteri tersebut harus segera dinetralkan, salah satunya adalah menggunakan daun suji.

Cukup ambil akar dari tanaman daun suji sebanyak 20 gram kemudian rebus menggunakan 2 gelas air yang nantinya dierbus sampai hanya menjadi satu gelas saja. Minumlah sebanyak satu gelas sehari. Setelah diminum, perut akan menjadi lebih dingin dan muntah juga akan dapat berkurang.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Daun suji mengandung polifenol yang cukup tinggi, senyawa tersebut juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sama seperti kegunaan dari vitamin C. Polifenol akan membuat sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi meningkat, sehingga penyakit yang akan muncul pada tubuh kita dapat dicegah.

4. Menurunkan Kolesterol

Saponin, salah satu senyawa yang juga ada di dalam daun suji sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Hal ini karena saponin dapat mengikat kolesterol yang ada di dalam darah.

Caranya pun cukup mudah, ambil 5 lembar daun suji lalu cuci bersih. Kemudian rebus rebus menggunakan dua gelas air sampai menjadi satu gelas saja. Minumlah rebusan daun ini sebanyak tiga kali sehari.

5. Melancarkan Pencernaan

Kamu punya masalah sembelit atau susah buang air besar? Coba deh konsumsi daun suji, senyawa tanin yang ada di dalamnya akan membantu memperlancar pencernaan. Pergerakan makanan di dalam usus akan menjadi lebih lancar, sehingga sembelit pun bisa diatasi.

6. Memperlancar Aliran Darah

Selain kegunaan polifenol yang sudah disebutkan di atas, ada manfaat lainnya dari senyawa ini, salah satunya adalah untuk melancarkan aliran darah. Hal ini karena polifenol mampu membuat pembuluh darah menjadi meregang atau membesar, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Jika kamu mengonsumsi secara rutin rebusan daun suji, maka pembuluh darah akam membesar dan alirannya akan lancar. Berbagai penyakit yang berhubungan dengan aliran darah pun bisa juga dicegah, seperti tekanan darah tinggi, stroke, panyakit jantung, dan penyakit kardivaskuler lainnya.

7. Mencegah Kerusakan Kulit

Salah satu penyebab kerusakan kulit kita adalah radikal bebas. Radikal bebas akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan tentu akan lebih mudah terjadi penuaan dini. Hal tersebut bisa dicegah dengan menggunakan dan suji karena di dalam daun suji terkandung polifenol yang mampu mencegah terjadinya kerusakan pada kulit.

8. Mengatasi Sakit Perut

Jika kamu sedang sakit perut, coba redakan dengan mengonsumsi rebusan daun suji. Di dalam daun suji terdapat flavonoid dan tanin yang memiliki sifat anti bakteri. Dengan mengonsumsi rebusan daun suji, bakteri penyeba sakit perut dapat dihilangkan dan sakit yang terasa bisa sedikit terkurangi.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun suji. Semoga sehat selalu 🙂

Leave a Reply