Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan dan Kandungan Gizi-nya

Apakah kamu pernah mendengar buah okra sebelumnya? Okra adalah buah yang juga merupakan sayur. Okra belum begitu populer di Indonesia, padahal buah ini memiliki khasiat dan manfaat yang banyak untuk kesehatan.

Buah Okra

Buah okra yang kaya manfaat

necturajuice.com

Sebelum mengetahui manfaat buah okra, pertama kita cari tahu dulu tentang buah yang satu ini. Okra merupakan buah yang di Indonesia belum cukup banyak yang tahu, tapi di negara yang ada di kawasan Asia Tengah ataupun Asia Selatan, tanaman ini cukup populer dan banyak yang menyukainya.

Okra merupakan sayuran buah yang bisa kita olah menjadi berbagai masakan lezat dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Pembudidayaan tanamannya pun bisa dilakukan pada lahan sempit menggunakan sistem hidroponik dengan cara fertigasi.

Okra memiliki nama ilmiah Abelmoschus esculentus, masuk ke dalam genus Hibiscus dari famili Malvaceae atau kapas-kapasan. Tanaman ini biasa juga disebut sebagai Lady’s Finger karena memiliki bentuk buah yang panjang dan runcing, mirip seperti jari lentik seorang wanita.

Di Indonesia, tamanan ini belum begitu populer karena memang tanaman ini bukan berasal dari negeri tercinta. Padahal, tanaman ini sudah lama dibudidayakan lho, sejak ratusan tahun silam. Okra berasal dari Benua Afrika, kemudian dibawa ke Amerika sekitar tiga abad yang lalu.

Tanaman okra, saat ini sudah dikenal luas oleh masyarakat di berbagai negara di Asia, Australia, dan Eropa. Bahkan, di negara seperti Jepang, Sri Langka, Arab Saudi, Philipina, dan Eropa sudah banyak masakan yang menggunakan okra sebagai bahan dasarnya.

Kandungan Gizi Buah Okra

Di dalam buah okra, terdapat banyak sekali kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Di bawah ini adalah zat gizi yang ada di dalam okra beserta dengan nilai gizi dan %RDA-nya (Recommended Dietary Allowances).

Energi – 1.5% – 31 kcal

Karbohidrat – 7.03 g – 5.4%

Protein – 2.0 g – 4%

Lemak – 0.1 g – 0.5%

Kolesterol – 0 mg – 0%

Serat – 3.2 g – 9%

Folat – 88 µg – 22%

Niacin – 1.000 mg – 6%

Asam Pantotenat – 0.245 mg – 5%

Pyridoxin – 0.215 mg – 16.4%

Riboflavin – 0.060 mg – 4.5%

Thiamin – 0.200 mg – 17%

Vitamin A – 375 IU – 12.5%

Vitamin C – 21.1 mg – 36%

Vitamin E – 0.35 mg – 2.5%

Vitamin K – 53 µg – 44%

Sodium – 8 mg – 0.5%

Potasium – 303 mg – 6%

Kalsium – 81 mg – 8%

Tembaga – 0.094 mg – 10%

Besi – 0.80 mg – 10%

Magnesium – 57 mg – 14%

Mangaan – 0.990 mg – 43%

Fosfor – 63 mg – 9%

Selenium – 0.7 µg – 1%

Seng – 0.60 mg – 5.5%

Karoten-ß – 225 µg – —

Crypto-xanthinn-ß – 0 µg – —

Lutein zeaxanthin – 516 µ – —

Okra merupakan tanaman yang banyak mengandung protein dan serat, kandungan minyak di dalam biji okra pun juga besar, sekitar 40%. Minyak biji okra ini mengandung asam lemak jenuh seperti asam linolenat dan oleat yang cukup tinggi.

Serat pangan yang ada di tanaman okra juga cukup tinggi. Serat ini sangat penting peranannya dalam mencegah sembelit, atau susah buang air besar, obesitas, kolesterol tinggi, kanker usus besar, dan diabetes.

Manfaat Buah Okra

Banyaknya kandungan gizi yang ada di dalam okra menyebabkan tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat.

1. Mencegah Sembelit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, okra mengandung serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Selain itu, okra merupakan jenis polong-polongan yang memiliki zat lendir. Lendir ini berguna sekali untuk membantu gerakan peristaltik pada kerongkongan dan usus sehingga makanan akan mudah dicerna melewati usu.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Okra merupakan sayiran yang memiliki kalori sedikit, dalam 100 gram okra, kalori yang dikandungnya hanya sekitar 30 kalori saja. Selain itu, tanaman ini juga tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh.

Ditambah lagi, okra juga merupakan makanan yang kaya akan serat, mineral, dan vitamin. Sehingga, okra sering kali direkomendasikan ahli gizi sebagai makanan alternatif untuk membantu mengontrol kolesterol dan juga mambantu kita melakukan penurunan berat badan.

3. Mencegah Kanker Pada Rongga Mulut

Di dalam okra juga terdapat antoksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya kankaer pada rongga mulut kita. Sehingga mulut akan lebih sehat dan proses pencernaan tidak terganggu.

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Okra mengandung vitamin A yang cukup banyak, dan tentu kita semua tahu kalau vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan indera pengelihatan. Selain itu, vitamin A juga sangat dibutuhkan dalam menjaga selaput lendir yang akan menjaga kulit kita tetap sehat.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Vitamin K juga terkandung di dalam buah okra lho, fungsinya adalah untuk menjadi co-faktor enzim pembekuan darah. Selain itu, vitamin K juga sangat diperlukan dalam memperkuat tulang. Okra juga merupakan buah yang memiliki kandungan kalisum, sehingga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan juga gigi.

Itu tadi sebagian manfaat yang bisa kita rasakan jika mengonsumsi buah okra. Kamu bisa mendapatkannya di toko atau swalayan terdekat. Bisa juga lho kamu berbelanja online untuk mendapatkan sayuran buah kaya manfaat ini.

Tertarik mencoba okra? Jangan ragu-ragu, segera konsumsi dan rasakan manfaatnya. Semoga sehat selalu 🙂

Leave a Reply