Makanan Tradisional Melayu yang Khas

Makanan khas di Indonesia tentu saja akan berbeda-beda di tiap daerah. Hampir di tiap wilayah memiliki makanan dengan nama yang berbeda walaupun bentuknya hampir sama. Dari Aceh sampai Papua, semua ada makanan khas tradisionalnya sendiri.

Salah satu makanan tradisional yang perlu untuk kamu coba adalah dari daerah Melayu. Makanan khas Melayu ini kebanyakan ada di daerah Riau. Mau tahu apa saja hidangan yang enak dan lezat tersebut? Berikut ini beberapa makanan tradisional melayu.

1. Roti Jala

Roti Jala khas Melayu

carnivalmunchies.com

Seperti namanya, makanan tradisional ini berbentuk seperti jala. Roti jala ini mungkin mirip-mirip dengan makanan khas dari India. Biasanya disajikan bersama dengan kuah kari, kalau di Deli, roti jala disajikan bersama dengan kari kambing dan acar nanas. Tentu rasanya nggak usah ditanya lagi deh, pastinya nikmat dan bikin pengen nambah.

2. Asidah

Kue Asidah Makanan Tradisional Melayu

nailandra.blogspot.co.id

Makanan khas melayu selanjutnya adalah asidah, salah satu kue khas yang memiliki rasa manis. Tekstur dari asidah ini lembut, beberapa bahan yang digunakan untuk membuatnya menggunakan rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan daun pandan, sehingga memiliki aroma yang enak.

Walaupun kue dengan rasa yang manis, penyajian kue ini cukup unik lho. Biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya.

3. Kue Bangkit

Kue Bangkit yang merupakan makanan tradisional Melayu

kuekeringlengkap.blogspot.co.id

Kue bangkit ini cukup unik, penamaan kue ini ternyata karena terjadi proses penggembungan selama adonan kue dioven. Jadi, adonan kue dipanggang di dalam oven, setelah proses pengovenan, adonan akan mengembang menjadi dua kali ukuran sebelumnya.

Warna kue ini adalah putih dengan titik merah kecil pada bagian tengahnya. Rasanya? Tentu saja enak, dengan manis yang pas, tekstur lembut, dan lumer ketika masuk ke dalam mulut.

4. Roti Canai

Roti Canai

blog4foods.wordpress.com

Salah satu makanan yang menjadi kesukaan masyarakat Malaysia adalah roti canai. Roti berbentuk lingkaran dan gepeng ini biasa dimakan ketika pagi, siang, sore, dan malam hari. Teman menikmati roti canai biasanya adalah teh tarik atau teh ais. Roti canai dihidangkan bersama dengan kuah dal, parpu, atau kari, tidak lupa sambal ikan bilis sebagai pelengkap.

5. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo khas Melayu

yukjalan.or.id

Bolu kemojo merupakan makanan khas pekan baru yang dipopulerkan oleh ibu Dinawati pada tahun 1998. Pada awalnya, bolu ini hanya dibuat untuk konsumsi keluarga dan tidak dijual sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru.

Walaupun awalnya hanya menjadi konsumsi keluarga saja, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, bolu kemojo ini malah menjadi buah tagan dari Pekanbaru.

6. Ikan Salai

Ikan Salai

dentistvschef.wordpress.com

Ikan salai merupakan makanan khas Melayu yang terbuat dari ikan dan menjadi salah satu favorit masyarakat Riau yang hidup di sekitar sungai. Ikan salai merupakan makanan yang dibuat dari ikan segar yang kemudian dikeringkan dengan cara diasapi. Rasanya tentu sedap dengan aroma asap dari pengasapan yang dilakukan.

7. Lempuk Durian

Lempuk Durian dari Riau

tokopedia.com

Buat kamu yang suka durian, mungkin harus mencoba olahan durian yang satu ini, lempuk durian. Makanan khas Riau ini terbuat dari durian yang bentuknya mirip dodol.

Selain Riau, lempuk durian ini juga akan bisa kamu jumpai di daerah lain di Pulau Sumatera. Lempuk durian ini menjadi ikon Bengkalis. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Bengkalis, jangan lupa membeli lempuk durian untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

8. Mie Sagu

Mie Sagu

iandini.wordpress.com

Kalau biasanya mie terbuat dari bahan tepung terigu, mie khas Riau terbuat dari bahan sagu. Mie ini menjadi makanan khas di Riau, tepatnya di Selatpanjang, Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti. Kalau dilihat dari bentuknya, mie sagu ini mirip seperti mie lethek dari Kota Jogja.

9. Cencaluk

Cencaluk, salah satu lauk khas Melayu

didiwardah.blogspot.co.id

Cencaluk merupakan salah satu jenis lauk yang merupakan makanan tradisional Melayu. Cencaluk terbuat dari udang halus, dan tentu proteinnya cukup tinggi.

Leave a Reply