11 Makanan Khas Thailand yang Populer dan Rasanya Mantab

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadi destinasi wisata yang cukup populer lho. Banyak tempat indah di negara ini yang terkenal dengan keindahannya. Bukan cuma wisata alamnya saja, tapi juga wisata budaya yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Selain wisata yang memanjakan mata, kita juga bisa wisata kuliner mencicipi berbagai masakan khas di sana. Tapi harus diingat ya, buat kamu yang muslim, makan di negara orang tentu harus memerhatikan apakah makanan tersebut halal atau tidak.

Di Thailand sendiri makanannya mirip-mirip yang ada di Indonesia, dengan banyak bumbu dan rempah di dalam masakannya. Rasa dari makanannya pun beragam, mulai dari pedas, asin, gurih, dan manis. Berpadu membentuk sebuah masakan khas yang memiliki rasa lezat.

Tapi, apakah kamu tahu apa saja makanan yang menjadi khas di Thailand? Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa kamu jadikan referensi ketika mengunjungi Thailand.

1. Tom Yam

Tom Yum salah satu makanan khas Thailand

wikimedia.org

Makanan pertama ini cukup terkenal lho di Indonesia, makanan berkuah dengan rasanya yang asam dan pedas. Biasanya menggunakan bahan-bahan seperti cumi, udang, ikan, dan berbagai sayuran segar. Sangat nikmat dimakan ketika hujan dan suhu udara dingin.

Nah, buat kamu yang ke Thailand, harus cobain nih masakan khas yang satu ini. Walaupun pernah merasakannya di negeri sendiri, tentu akan lebih enak kalau kita bisa merasakan langsung di tempat asalnya.

2. Pad Thai

Pad Thai, mie khas Thailand

bangkok.com

Buat kamu pecinta mie, coba deh makanan yang satu ini, pad thai namanya. Ini bukan mie instan yang biasa dimakan anak kosan pas akhir bulan lho ya. Pad thai adalah mie yang dimasak dengan udang kering, kuah asam, gula arena. Tak lupa taburan kacang dan juga daun bawang untuk menambah kelezatannya.

Kalau kamu alergi asma udang, ada juga penjual yang mengganti udang kering dengan ayam. Jadi kamu masih bisa mencoba merasakan sensasi pad thai. Buat kamu yang pengen ngerasain kenikmatan rasanya, langsung aja dateng ke Bangkok, hampir di setiap sudut jalan ada kok, tapi tetap cari yang halal ya.

3. Som Tam

Som Tam

wikimedia.org

Kalau di negara-negara barat ada yang namanya salad, di Indonesia ada pecel dan gado-gado, di Thailand juga ada lho, namanya som tam. Makanan khas Thailand yang terbuat dari pepaya muda dengan campuran bumbu kacang, saus ikan, cabe, bawang putih, lemon, dan tomat.

Rasa dari som tam ini tentu segar dan lezat. Apalagi kalau menikmatinya saat cuaca panas menyengat, pasti bikin seger nih makanan yang satu ini.

4. Khao Pad Poo

Khao Pad Goong

tipsfoodandtravel.com

Ketika melihat pertama kali, pasti kamu akan mengira bahwa makanan yang satu ini adalah nasi goreng. Padahal ini bukan nasi goreng lho, namanya khao pad poo, bentuknya mirip nasi goreng, tapi bukan nasi goreng biasa. Ini adalah nasi goreng khas Thailand yang salah satu bahannya adalah bunga melati.

Ha? Kok malah kayak kuda lumping, makan bunga melati nanti kita? Tapi memang benar lho, salah satu bahan yang digunakan untuk memasak khao pad poo adalah bunga melati. Selain itu, ada juga bahan lain seperti nasi, kepiting, telur, saus ikan, dan perasan jeruk nipis.

5. Nai Mong Hoy Tod

Nai Mong Hoy Tod

techylicious.com

Nai mong hoy tod sebenarnya bukan asli dari Thailand, tetapi dari negeri China. Makanan ini dibawa oleh imigran dari China ke Thailand sejak beberapa abad yang lalu.

Makanan ini biasa dijajakan di kaki lima, bentuknya mirip telur dadar, bedanya makanan ini diisi dengan tiram. Camilan kaki lima ini cocok banget buat ganjal perut kalau kamu pas lagi jalan-jalan ke Thailand.

6. Guay Teow Rhua

Guay Teow Rhua

pegipegi.com

Guay teow rhua merupakan mie yang dulu para penjualnya menggunakan perahu untuk mejajakan kuliner jualannya. Itulah mengapa dinamai guay teow rhua, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah mie perahu. Tetapi, dengan berkembangnya zaman, kini banyak penjual yang menjajakan mie ini di jalanan Kota Bangkok.

Sajian ini merupakan mie kuah yang disajikan dengan daging ayam, sapi, atau babi, tauge, dan daun bawang. Biasanya disajikan menggunakan mangkuk kecil. Karena ada yang menggunakan daging babi, maka kamu harus memastikan apakah ada menu babi di tempat yang kamu kunjungi, kalau ada, cari tempat lain yang tidak menggunakan babi ya.

7. Serangga Goreng

Jing Leed

jetsetta.com

Walaupun di Indonesia juga ada serangga goreng, tetapi di Thailand serangganya lebih ekstrim lho. Kamu akan menemukannya dengan mudah di sepanjang jalan ataupun di pasar malam di Kota Bangkok.

Penjaja makanan di daerah tersebut biasanya menyediakan serangga goreng berupa non mai atau ulat kayu, jing leed atau jangkrik, non pai atau ulat bambu, tak ga tan atau belalang, sampai yang paling ekstim adalah kecoa. Kok kelihatannya ngeri ya, kamu tertarik mencobanya?

8. Gang Som Pak Ruam

Gang Som Pak Ruam

whatgodeats.com

Gang som pak ruam adalah sup dengan rasa yang pedas, asam, dan manis. Bahan yang digunakan untuk membuat sup ini adalah wortel, kubis, dan kacang hijau. Sup ini biasanya disajikan bersama dengan telur dadar dan juga sayuran hijau khas Thailand

9. Khanom Krok

Khanom Krok

debuggirl.wordpress.com

Untuk menemani makan berat kita, tentu butuh juga yang namanya makanan penutup dong, bah khanom krok ini bisa jadi pilihan. Makanan ini merupakan sebuah kue dengan bentuk bulat kecil, terbuat dari tepung terigu dan santan. Memiliki rasa yang gurih dengan taburan bawang goreng yang akan menambah kelezatannya.

10. Kha Niew Ma Muang

Khao Niew Ma Muang

muslimah.co.id

Kha niew ma muang adalah sebuah makanan berupa mangga segar yang biasa dimakan dengan ketan dan krim santan yang rasanya manis. Perpaduan antara ketiga bahan tersebut menghasilkan rasa yang manis dan segar. Pas banget buat jadi camilan di kala malas makan berat.

11. Gaeng Daeng

Gaeng Daeng

indygirlinlove.blogspot.co.id

Buat kamu pecinta mie, gang daeng bisa menjadi pilihan kuliner ketika mengunjungi Thailand. Makanan ini merupakan mie dengan tambahan berupa daging sapi, pasta kari berwarna merah, santan halus, dan ada jeruk nipis sebagai penambah kelezatan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dengan aroma sedap, cocok deh buat lidah orang Indonesia juga.

Nah, lumayan banyak juga kan makanan khas Thailand? Kalau dilihat-lihat mirip banget sama makanan yang ada di Indonesia. Kalau kamu penasaran, bisa lho mencari makanan-makanan di atas di restoran Thailand yang ada di Indonesia. Selamat berwisata kuliner 🙂

Leave a Reply