Makanan Khas Solo, Enaknya Bikin Kamu Melongo

MAKANAN KHAS SOLO – Apakah kamu pernah mengunjungi Kota Solo? Di sana kamu menemukan apa saja? Pasti banyak banget kan, mulai dari tempat wisata, kebudayaan, dan satu hal yang nggak boleh ketinggalan, kulinernya.

Nah, makanan khas Kota Solo ini ternyata nggak cuma terkenal saja di Solo. Bahkan, kamu bisa menemuinya di berbagai tempat, mungkin salah satunya ada di kota kamu. Daripada kamu menerka-nerka makanan apa saja yang menjadi khas Kota Solo, lebih baik langsung saja yuk kita lihat apa aja sih makanannya.

1. Tengkleng

Tengkleng Solo

kompasiana.com

Tengkleng itu makanan apa sih? Kok makanan ada makanan yang namanya aneh kayak gitu ya? Nah, memang tengkleng ini makanan yang unik.

Walaupun punya nama yang unik, tapi, rasa dari tengkleng ini sangat mantab lho. Bahan yang kamu gunakan untuk membuat tengkleng ini adalah tulang kambung yang masih ada dagingnya.

Sekilas, ketika kamu melihat bentuk makanan ini mirip-mirip gulai kambing gitu. Tapi, jika dicermati lagi, ternyata ada perbedaan antara tengkleng dengan gulai.

Kalau gulai biasanya memiliki kuah yang agak kental, tengkleng ini kuahnya encer lho. Gimana? Penasaran? Langsung aja cobain sendiri kelezatan dari tengkleng ini. Tapi hati-hati, mungkin kamu bisa ketagihan setelah mencicipi makanan berkuah yang lezat ini.

2. Selat Solo

Timlo Solo

blog.tokopedia.com

Ternyata Solo punya selat juga lho, tapi yang ini bukan selat yang ada di laut ya, ini nama makanan. Kamu tentu pernah denger dong selat solo?

Makanan ini sudah sangat terkenal lho. Selat solo ini sebenernya adalah bistik kalau bahasa luarnya itu beefsteak. Nah, karena kadang orang Indonesia kadang kurang bisa menerima rasa dari luar negeri, maka dimodifikasi dan dibuat menjadi cita rasa Indonesia. Jadilah makanan khas Solo ini, selat solo.

Selat solo ini berisi daging sapi yang diiris tipis dan dimasak menjadi semur. Kan rata-rata masakan Jawa manis tuh, jadi cocok lah kalau selat solo ini dimasak semur. Selain itu, ada bahan lain yang ditambahkan, ada kentang goreng, wortel rebus, buncis rebus, selada, dan acar timun.

Untuk menambah kelezatan makanan ini, tak lupa ditambahkan putih telur rebus. Semua bahan yang sudah dimasak kemudian ditata di atas piring. Sentuhan terakhir adalah dengan menyiram saus berwarna kecoklatan dan rasanya manis. Hmmm, makanan yang lezat dan begitu menggoda.

3. Timlo

Selat Solo

foodliberator.blogspot.com

Tau timlo? Bukan grup lawak itu lho ya. Timlo yang ini adalah makanan khas Solo. Timlo ini bentuknya mirip sup yang dilengkapi telur, kembang tahu, dan daging ayam atau sapi.

Untuk menikmati timlo ini, lebih enak kalau dimakan saat hangat dan ditaburi dengan bawang goreng.

4. Serabi Notosuman

Surabi Bandung

ceritaperut.com

Nah, kalau makanan yang satu ini hampir di setiap daerah ada dan punya nama masing-masing. Kalau di Jawa Barat, makan ini namanya surabi, ya mirip-mirip dikit lah.

Tapi, bukan cuma nama aja yang mirip, bentuk, bahan, dan rasanya pun juga mirip lho. Serabi notosuman ini merupakan sejenis kue tradisional yang rasanya manis, ya memang mirip surabi.

Bahan pembuatnya adalah tepung beras yang dicampur dengan santan. Kalau kamu mau menikmati serabi notosuman, langsung saja datang ke Solo.

Walaupun di kota kamu ada yang jual juga, tapi tentu yang dibuat di tempatnya itu lebih enak. Kamu juga bisa menjadikan serabi notosuman menjadi oleh-oleh untuk orang di rumah. Gimana rasanya? Langsung saja datang dan rasakan makanan khas yang enak ini. Selamat berwisata kuliner 🙂

Leave a Reply