Makanan Khas Riau, Sajian Lezat Anti Galau

MAKANAN KHAS RIAU – Kalau kamu tahu makanan di daerah Sumatera, rata-rata hampir sama antara tempat satu dengan tempat yang lain. Misalkan saja makanan khas Medan, makanan khas Aceh, makanan khas Palembang, makanan khas Padang, semuanya ada kemiripan. Bahkan, ada makanan yang jadi khas di sini ternyata juga jadi khas di sana.

Makanan di Riau juga begitu, ada beberapa yang mirip dengan daerah lainnya. Tapi, di Kepulauan Riau ini punya beberapa makanan yang mungkin belum pernah kamu coba lho.

1. Sup Ikan Batam

Sup ikan

evirz.wordpress.com

Makanan ini cukup terkenal lho di Kota Batam, nama populernya sup ikan Batam. Sup ini terbuat dari ikan tenggiri yang sudah dihilangkan durinya, jadi kamu nggak perlu khawatir tertusuk duri ikan.

Untuk menghilangkan bau amis ikan, sebelum dimasak, tenggiri dilumuri dulu dengan putih telur. Setelah itu dimasak bersama bumbu rempah dan tak lupa belimbing wuluh dan tomat hijau.

Untuk menambah vitamin, sup ikan Batam ditambahkan sawi putih ke dalam masakannya. Makanan khas berupa sup ikan ini paling cocok dimakan saat masih hangat dan cuaca sedang hujan, hmmm.

2. Gulai Siput Sedut

Gulai Siput Sedut

feerfadilla.blogspot.com

Gulai siput merupakan makanan khas dari Keupulauan Riau. Makanan ini terbuat dari siput sebagai bahan utamanya. Siput yang digunakan adalah siput atau keong sawah yang menjadi hama tanaman padi.

Kalau di bahasa Melayu, gulai siput ini disebut gulai cipuik dalam dialek Kuantan Singingi. Sedangkan dalam bahasa Melayu Rokan, makanan ini disebut lengkitang.

Rasa masakan ini sungguh nikmat lho, dengan bumbu rempah khas melayu. Kamu harus memasukkan menu yang satu ini ke dalam daftar kulinermu jika mengunjungi Kota Batam.

3. Lendot / Sempolet

Sempolet

travelingbersama.blogspot.com

Lendot atau sempolet merupakan makanan berkuah kental yang rasanya sedikit pedas dan gurih. Bahan untuk membuat lendot adalah tepung sagu, kangkung, dan bumbu. Selain itu, ada tambahan bahan berupa udang, siput, cumi, dan berbagai macam seafood.

Lendot paling enak dimakan saat masih hangat. Soalnya, kalau kamu memakan lendot saat sudang dingin, kuahnya akan mengental dan membuatnya menjadi kurang mantab.

4. Mie Tarempa

Mie Tarempa

simpati.telkomsel.com

Mie tarempa, atau bisa juga kamu menyebutnya mie siantan. Terbuat dari mie kuning, kecambah, telur, dan potongan ikan laut yang sudah dimasak dengan bumbu cabe dan kecap.

Mie ini paling cocok kalau dijadikan menu sarapan pagi kamu.

5. Asam Pedas Sembilang

Asam Pedas Sembilang

rossysweety.blogspot.com

Makanan yang ada di Riau ini hampir semuanya didominasi olahan ikan, termasuk asam pedas sembilang ini. Terbuat dari ikan sembilang yang dimasak menggunakan bumbu bawang, kunyit, lengkuas, cabe, dan serai.

Dengan rasa yang sedikit pedas, makanan ini tentu akan lebih nikmat dimakan saat masih hangat pada cuaca yang dingin. Kamu pasti akan merasa hangat, apalagi kalau masakannya super pedas, bisa sampai keringetan tuh.

Gimana? Tertarik mencicipi sajian yang ada di Riau? Siapkan dulu mental yang kuat kalau mau nyobain makanan di sana. Selamat makan-makan 🙂

Leave a Reply