8 Makanan Khas Lombok, Rasanya Enak dan Nonjok

MAKANAN KHAS LOMBOK – Lombok, sebuah pulau yang terletak di Timur bali. Tempat yang juga memiliki pesona alam indah, nggak kalah sama Bali. Kalau kamu ke Bali, jangan lupa berkunjung ke Lombok untuk menikmati keindahan alamnya ya.

Selain keindahan alam, kamu juga bisa menyelami keramahan orang-orangnya dan kebudayaan yang ada di sana. Kamu juga bisa menikmati kelezatan kuliner khas yang ada di Lombok. Kuliner yang tentu akan membuatmu kenyang dan bikin ketagihan.

Apa aja sih makanan khas Lombok itu? Kamu penasaran? Yuk kita lihat beberapa di antaranya.

1. Ayam Taliwang

Ayam taliwang khas Lombok

goodindonesianfood.com

Kamu pernah makan ayam taliwang? Ternyata, masakan berbahan dasar ayam ini asalnya dari Lombok lho. Bahkan, merupakan makanan yang populer di sana.

Ayam taliwang biasanya dimasak dengan berbagai cara, ada yang dibakar, digoreng, atau dipanggang. Penggunaan ayamnya pun akan memengaruhi rasa masakan. Ayam kampung muda akan menghasilkan rasa yang lebih lezat dari pada ayam pedaging.

Salah satu yang membuat ayam taliwang lezat adalah bumbu pedasnya. Bumbunya akan membuat kamu kepedesan tapi nggak bisa berhenti memakan ayam ini.

2. Plecing Kangkung

Plecing kangkung khas Lombok

resepbuntik.com

Kamu tentu biasa menjumpai plecing kangkung di restoran bergaya tradisional. Nah, plecing kangkung ini juga merupakan makanan khas dari Lombok lho. Plecing kangkung merupakan kangkung rebus yang kemudian dimasak bersama bumbu dan tak lupa sambal tomat.

Kalau mau merasakan plecing kangkung yang enak, kamu harus memasak kangkung yang dari Lombok ya. Kangkung yang berasal dari Lombok itu memiliki rasa berbeda, nggak kayak kangkung yang tumbuh di Pulau Jawa.

3. Ares

Sayur Ares khas Lombok

kuliner.ilmci.com

Pernah denger nama makanan ini belum? Ares juga merupakan makanan khas dari Lombok lho. Bahan yang digunakan agak unik, yaitu dari gedebok pisang yang masih muda.

Kamu harus cobain nih kalau berkunjung ke Lombok. Rasanya ada manis-manisnya dan gurih gitu, karena pakai santan untuk memasaknya.

Ternyata, ares itu dulunya adalah makanan tradisional Suku Sasak yang hanya disajikan pada saat ada acara pernikahan saja lho. Kamu penasaran ingin mencicipi ares? Datang ke Lombok, makan ares saat masih hangat dengan nasi putih yang pulen.

4. Sate Bulayak

Sate Bulayak khas Lombok

ivacanza.co

Bulayak adalah makanan sejenis lontong yang pembungkusnya adalah daun aren atau daun enau. Daun aren atau daun enau dibentuk menjadi spiral memanjang. Jadi, kalau kamu mau menikmati bulayak, membukanya harus memutar daun pembungkusnya terlebih dahulu.

Nah, kalau tadi bulayak-nya, sekarang satenya. Satenya terbuat dari daging sapi, dan ditemani bumbu khas Suku Sasak untuk menikmatinya. Kalau kamu ingin menikmati sate bulayak, datang ke Lombok aja yuk.

5. Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung khas Lombok

ksmtour.com

Pernah dengar nama makanan yang satu ini? Makanan yang merupakan salah satu khas di Lombok. Nasi balap puyung adalah nasi yang berisi suwiran daging ayam. Tapi bukan ayam biasa ya, ayamnya itu dimasak bersama cabe, jadi rasanya pasti pedas.

Selain ayam, ada juga taburan kacang kedelai, abon, udang kering, dan belut goreng sebagai pelengkap. Kalau penasaran, langsung aja dateng ke Lombok.

6. Bebalung

Bebalung khas Lombok

lombokforayear.blogspot.com

Kalau di Jawa, balung itu adalah tulang. Nah, beda tipis namanya, bebalung merupakan iga sapi atau kerbau yang dimasak dengan bumbu spesial. Ada cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, dan jahe. Bebalung ini enak dimakan saat hangat-hangat dengan taburan bawang goreng.

7. Sate Rembiga

Sate rembiga khas Lombok

laelatulfitrirpl.blogspot.com

Sate yang satu ini berbahan dasar daging sapi. Kalau kamu memakannya, maka akan terasa kelezatan sate yang memiliki perpaduan rasa gurih, pedas, dan manis.

Sate ini dinamakan rembiga karena berasal dari Desa Rembiga yang letaknya di dekat Bandara Selaparang. Walaupun sate ini banyak dijual di berbagai tempat, kamu bisa menemukan sate yang terkenal di Jalan Dakota Nomor 2 Rembiga.

8. Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Poteng jaje tujak khas Lombok

instagify.com

Buat orang di luar Lombok, nama makanan ini mungkin terdengar aneh dan asing. Tapi, nggak begitu buat orang Lombok, karena makanan ini merupakan khas di sana.

Poteng jaje tujak adalah makanan yang terdiri dari 2 macam. Pertama adalah poteng atau tape dan jaje tujak atau tetel. Selain poteng jaje tujak, ada juga iwel, jajanan khas yang ada di Lombok.

Nah, iwel merupakan kue yang bahannya adalah ketan hitam dan biasa disajikan saat sebuah upacara tradisi masyarakat setempat. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang legit.

Kalau dulu kedua makanan ini biasanya disajikan saat lebaran saja. Saat ini kamu bisa menemui kedua hidangan ini di hari-hari biasa. Jadi untuk menikmatinya, kamu nggak perlu nunggu lebaran.

Gimana? Makanan khas Lombok menarik untuk dicicipi kan? Kalau udah mencicipi makanan-makanan di atas, kamu juga bisa coba makanan khas Jawa barat, makanan khas Jawa Timur, makanan khas Jawa Tengah, dan makanan khas Jogja 🙂

Leave a Reply