8 Makanan Khas Lampung, Rasanya Jadi Pengen Pulang Kampung

MAKANAN KHAS LAMPUNG – Lampung merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Kamu tentu tahu dong akan hal itu? Kalau di Sumatera kan Lampung terletak di bagian paling bawah Pulau Sumatera tuh.

Bahkan, kalau kamu menyebrang lewat jalur darat ke Sumatera, tentu kamu akan melewati Lampung. Nah, saat kamu dalam perjalanan menuju kota lain lewat jalur darat. Sempatkanlah mampir ke Lampung dan mencicipi makanan yang ada di sana.

Ada banyak makanan khas yang bisa kamu rasakan kelezatannya lho. Mau tahu apa saja makanan khas Lampung? Yuk, baca artikel ini sampai habis.

1. Seruit

Seruit

tentanglampung.com

Kalau kamu suka ikan, mungkin seruit bisa jadi pilihan hidangan yang kamu santap di Lampung. Seruit terbuat dari ikan yang dibakar atapun digoreng. Tak lupa tambahan sambal terasi, tempoyak, atau mangga.

Ikan yang biasa digunakan untuk membuat seruit adalah ikan sungai seperti baung, belide, layis, dan jenis ikan darat lainnya. Selain itu, ada tambahan lalapan untuk menambah kelezatan masakan ini.

Ada cara yang biasa dilakukan orang Lampung untuk menikmati seruit. Ketika mau memakannya, kamu harus menambahkan tempoyak ke dalam seruit. Buat yang belum pernah ngerasain tempoyak, pasti akan bilang kalau tempoyak itu aneh.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan beberapa lalapan seperti terong bakar, kemangi, jengkol, bahkan ada yang pakai daun jambu monyet lho. Hmm, sepertinya sangat menggoda nih menu makanan yang satu ini.

2. Tempoyak

Tempoyak Durian

yearofthedurian.com

Nah, kalau tadi makan seruit kan pakai tempoyak tuh, tapi kamu tahu nggak apa itu tempoyak? Tempoyak merupakan makanan yang terbuat dari durian yang difermentasi, biasanya dikonsumsi sebagai teman makan nasi.

Kalau kamu mau memakan langsung tempoyak tanpa nasi juga bisa lho. Tapi hal ini jarang banget, soalnya rasa asam dari tempoyak dan aromanya yang begitu menyengat.

Rasa tempoyak adalah asam, kayak rasa yoghurt gitu. Rasa asam ini didapat dari proses fermentasi durian. Tempoyak nggak cuma terkenal di Lampung saja, tapi juga di Palembang dan Kalimantan. Bahkan, di Malaysia juga lho.

3. Kemplang

Kerupuk kemplang

en.wikipedia.org

Udah pernah nyobain makanan yang rasanya kriuk-kriuk yang bahannya dari ikan nggak? Ternyata di Lampung ada tuh makanan kayak gitu, namanya kemplang. Sebenernya makanan ini nggak cuma ada di Lampung sih, di daerah sekitar Lampung pun kamu juga mudah menemukan kemplang.

Kemplang ini agak sedikit berbeda dengan kerupuk kebanyakan lho. Untuk mematangkan kemplang, ternyata cuma dipanggang, nggak digoreng. Cocok deh buat kamu yang mengurangi makanan yang digoreng.

Kelezatan kemplang ini sudah nggak perlu diragukan lagi. Gurihnya rasa kemplang, dengan kriuk yang menggugah selera. Cocok banget buat lauk atau hanya sekedar camilan saja. Biar tambah nikmat, kamu bisa mencocolkan kemplang ke sambal atau cuka.

4. Geguduh

Geguduh Pisang

budaya-indonesia.org

Pernah dengar nama makanan yang satu ini? Geguduh, merupakan makanan khas Lampung yang terbuat dari pisang. Kalau dilihat, makanan yang satu ini mirip pisang goreng.

Untuk membuat geguduh, pisang harus dihaluskan dan dicampur dengan terigu. Kemudian adonan yang sudah jadi digoreng dalam minyak panas sampai matang. Gimana? Mirip banget kan sama pisang goreng?

5. Engkak Ketan

Engkak Ketan

tokopedia.com

Dari namanya, kita pasti sudah bisa menebak kalau makanan ini terbuat dari ketan. Engkak ketan merupakan kue basah yang nggak cuma terkenal di Lampung saja, tapi juga di Palembang dan daerah Sumatera lainnya.

6. Keripik Pisang

Keripik Pisang Coklat

raissa-sabrina.blogspot.com

Makanan yang satu ini sudah terkenal banget nih, keripik pisang khas Lampung. Terbuat dari pisang pilihan yang dipadukan dengan berbagai rasa, seperti coklat, keju, strawberry, mocca, susu, sapi panggang, melon, balado, dan rasa lain yang mantab.

Kalau kamu pergi ke Lampung, kamu bisa menjadikan keripik pisang sebagai oleh-oleh. Pasti keluarga di rumah akan suka dengan keripik pisang yang kamu bawa. Apalagi kalau banyak, hmmm, sampai puas deh ntar makan keripik pisangnya.

7. Gabing

Pernah dengar nama makanan khas Lampung yang satu ini? Gabing, merupakan salah satu makanan khas Lampung yang terbuat dari batang kelapa yang masih muda, bahkan sangat muda dan ukurannya tidak terlalu besar.

Sayur ini mungkin mirip-mirip seperti rebung yang dari bambu muda itu ya, kalau masih muda lunak, kalau sudah tua jadi keras.

Nah, batang kelapa yang masih muda kemudian dimasak dengan santan dan bumbu khas Lampung. Rasa dari masakan ini berpadu antara manis, asin, dan sedikit rasa pedas. Kalau kamu penasaran, langsung aja ke Lampung, terus cicipin nih sayur gabing.

8. Umbu

Kalau kamu penggemar lalapan, mesti cobain nih lalapan khas Lampung yang satu ini, umbu. Umbu ini bukan seperti lalapan pada umumnya yang merupakan dedaunan hijau.

Umbu terbuat dari rotan yang masih muda kemudian direbus sampai empuk. Rasa dagi umbu ini, buat yang belum pernah mencobanya pasti aneh. Rasanya seperti pare, tapi pahitnya itu pahit-pahit enak gitu lho, jadi bisa membangkitkan selera makan kamu.

Nah, dari enam makanan khas Lampung yang sudah disebutkan. Mana yang sudah pernah kamu makan? Apakah ada makanan khas lain yang pernah kamu makan di Lampung? Makanan apa tuh? 🙂

Leave a Reply