8 Makanan Khas Bogor, Kuliner Lezat yang Nggak Bikin Kantong Bocor

MAKANAN KHAS BOGOR – Bogor, Kota yang dikenal juga dengan kota hujan. Kota yang akan kamu jumpai banyak makanan khas di sana. Kota yang sepertinya harus masuk daftar tujuan kamu berikutnya.

Kalau ke Bogor nggak nyicipin makanan khas yang ada di sana itu rugi banget deh. Di Bogor itu ada banyak makanan enak yang sangat sayang dilewatkan. Langsung aja deh dilihat sendiri apa aja makanan khas yang ada di Bogor.

1. Asinan Bogor

Asinan Buah Bogor

qudapan.blogspot.com

Tentu asinan yang satu ini berasal dari Bogor, sesuai namanya lah, asinan Bogor. Di Bogor, asinan memang sangat terkenal. Makanan yang satu ini punya banyak penggemar karena rasanya yang enak dan tentu saja menyehatkan.

Asinan terdiri dari berbagai macam buah yang diasinkan, seperti jambu air, mangga muda, kemang, anggur Bogor, bengkuang, kedondong, pala, dan nanas.

Makanan ini disajikan bersama dengan kuah cuka yang rasanya asam, pedas, dan manis. Tak lupa taburan kacang goreng akan menambah kenikmatan asinan ini.

Kalau kamu mencicipi asinan Bogor, ada satu khas yang bikin asinan ini berbeda, yaitu buah menteng. Buah menteng ini akan memberikan kesegaran yang khas saat kamu memakannya. Rasanya itu agak-agak kecut gitu, tapi seger.

2. Talas

Talas Bogor

visitbogor.com

Siapa sih yang nggak kenal talas? Itu lho, umbi-umbian yang biasanya digoreng atau dimasak untuk menemani kopi atau teh hangat. Tapi, kadang ada juga yang merebus talas atau mengukusnya.

Nah, di Bogor, kamu akan dengan mudah menemukan yang namanya talas ini. Beli aja tuh kalau udah sampai Bogor, bisa buat oleh-oleh yang lagi nungguin di rumah tuh.

3. Toge Goreng

Toge Goreng

tokomesin.com

Kamu tahu toge kan? Toge atau tauge ini merupakan sayuran yang terbuat dari kacang hijau yang dikecambahkan. Jadi seperti tunas tanaman yang sudah mulai tumbuh gitu.

Nah, toge goreng ini bahan utamanya adalah tauge yang direbus menggunakan air panas. Kemudian, tauge rebus dicampur dengan mie, potongan tahu, ketupat, dan oncom. Sentuhan terakhir yang membuat toge goreng makin mantab adalah siraman saus kacang, oncom, dan tauco.

4. Doclang

Doclang Bogor

pinterest.com

Kalau dilihat bentuknya, doclang itu mirip sama lontong sayur atau kupat tahu. Bahan yang digunakan untuk membuat doclang antara lain adalah tahu goreng, pesor, ketang rebus, telur rebus. Dan untuk senjata pamungkasnya, bumbu kacang, kecap, dan kerupuk jangan sampai ketinggalan.

Kamu mungkin penasaran, apa itu pesor? Pesor itu, semacam ketupat yang bahan utamanya adalah beras putih. Nah, beras putih kemudian dibungkus menggunakan daun patat, lalu direbus sampai matang. Daun patat dapat kamu jumpai di kaki Gunung Salak.

5. Soto Kuning

Soto Kuning Bogor

youtube.com

Soto kuning merupakan soto yang kuahnya berwarna kuning dan khas-nya Kota Bogor. Kuah yang berwarna kuning didapat dari kunyit dan juga santan. Selain itu, ada bumbu lain yang akan membuat soto kuning jadi makin lezat.

Untuk isinya, kamu bisa memilih apa saja kesukaanmu. Ada kikil, babat, daging, pokoknya sesuai dengan lidah kamu deh.

6. Soto Mie

Soto Mie Khas Bogor

id.wikipedia.org

Gimana nih rasanya kalau soto digabung sama mie? Pastinya enak. lezat, dan menggoda, perpaduan antara soto dengan mie kuning dan bihun.

Soto mie ini menjadi makin mantab dengan adanya potongan daging sapi, risol, dan jeroan. Kamu bisa memilih mau menggunakan pelengkap yang mana.

7. Cungkring

Cungkring Bogor

twitter.com

Makanan khas lain yang bisa kamu jumpai di Kota Bogor adalah cungkring. Sajian yang terbuat dari potongan kikil dan kepala sapi. Dipadukan dengan kuah kuning dan bumbu kacang, cocok banget buat sarapan pagi di Bogor yang udaranya dingin.

Walaupun namanya kurang begitu menarik, tapi rasa masakan yang satu ini nggak boleh dianggap remeh lho. Kamu bisa menyantapnya bersama dengan tempe atau oncom goreng.

Kalau kamu menikmati kuliner yang satu ini, cara penyajiannya pasti unik. Cungkring biasa disajikan menggunakan daun pisang dengan cara dipincuk. Terasa banget deh makanan khas tradisionalnya.

8. Laksa

Laksa Bogor

rafaelvacation.wordpress.com

Menu sarapan lain yang bisa kamu coba ketika berada di Bogor adalah laksa. Cocok banget dinikmati pas udara di Bogor masih dingin. Karena, laksa emang paling enak dimakan pas masih panas, bikin tubuh kita jadi lebih hangat.

Laksa Bogor sebenarnya mirip seperti Laksa Betawi. Di dalamnya ada ketupat, bihun, tahu, toge, telur rebus, dan daun kemangi. Lalu disiram dengan kuah santan berwarna kuning. Perbedaanya antara laksa Bogor dan Betawi adalah penggunaan tambahan pada kuahnya.

Kalau laksa Betawi, kamu akan menemukan udang rebon sebagai salah satu bumbunya. Nah, di laksa Bogor, kamu justru akan menemukan oncom. Perbedaan tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap rasa dari laksanya. Tapi, yang jelas adalah laksa Bogor atau laksa Betawi sama enaknya.

Nah, penasaran makanan khas Bogor yang sesungguhnya? Buruan ke Bogor, cari tempat makan yang enak di sana. Selamat berburu kuliner 🙂

2 Comments

  1. Anis Hidayah December 27, 2015
  2. Heni Puspita December 30, 2015

Leave a Reply