10 Makanan Khas Bandung yang Enak Dimakan Saat Mendung

MAKANAN KHAS BANDUNG -Yuk main ke Bandung! Kota dengan sejuta pesona, sampai-sampai dijuluki Pasris van Java. Kurang keren apa lagi coba? Udah dinamai Paris-nya Jawa, Banyak tempat wisata, kota kreatif, banyak kulinernya.

Pasti seru banget deh kalau kamu main ke bandung dan menikmati hawa di sana. Apalagi kalau kamu perginya bukan ke tengah kota. Tapi daerah pinggiran kota yang masih sangat sejuk dan nyaman udaranya.

Tapi, kalau kamu mau mencicipi makanan khas bandung, tentunya lebih enak kalau ke kota. Di sana akan mudah kamu temui penjual makanan yang banyak bertebaran. Nah, daripada kamu beli makanan yang modern dan bergaya kebarat-baratan. Mendingan cobain makanan khas bandung yang rasanya juga nggak kalah enak.

1. Surabi

Surabi

mrsshiksa95.wordpress.com

Surabi merupakan kue yang bahan dasarnya adalah tepung beras. Kemudian, disajikan bersama dengan kuah santan dan saus dari gula merah, hmmm nikmat deh. Makanan ini dimasak di atas tungku tradisional yang masih menggunakan kayu bakar atau arang sebagai bahan bakarnya.

Selain rasa original, surabi juga terdapat varian dengan topping oncom. Tetapi, seiring berkembangnya zaman, rasa dan varian baru pun bermunculan. Kamu bisa menikmati surabi dengan topping cokelat, keju, kacang, telur, atau sosis. Pilih aja mana yang sesuai sama selera kamu.

2. Cilok dan Cireng

Cilok

kaskus.co.id

Makanan yang satu ini sudah melanglang buana ke seluruh Pulau Jawa lho. Hampir disetiap kota kamu bisa menemui yang namanya cilok sama cireng.

Penamaan cilok dan cireng ini ternyata ada maksudnya. Cilok itu aci dicolok, yaitu tepung kanji yang diolah dengan berbagai bumbu dan dibentuk bulat. Bentuknya mirip bakso, tapi yang ini kalau makan harus ditusuk dulu biar lebih gampang. Untuk menambah cita rasa, cilok juga diberi bumbu kacang yang super nikmat.

Lain halnya dengan cilok, cireng merupakan aci yang digoreng. Sebenernya sih mirip, cuman berbeda cara memasaknya saja. Tapi, ya bedalah pokoknya, orang namanya aja beda.

3. Colenak

Colenak

mik.upi.edu

Kalau yang ini namanya colenak, dicocol enak. Colenak merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Kalau di masyarakat lebih dikenal dengan tape atau peuyeum.

Nah, tape yang sudah jadi kemudian dibakar agar jadi colenak. Penyajian colenak ini cukup menarik, dengan taburan kelapa parut dan juga saus gula merah. Hmmm, rasanya tentu manis-manis enak tuh.

4. Comro dan Misro

Comro dan Misro

penabiru.com

Comro dan misro ini mungkin kakak beradik. Kedua makanan ini terbuat dari bahan yang sama, yaitu singkong parut. Bentuknya pun juga mirip, yaitu bulatan-bulatan singkong yang ada isian di dalamnya.

Kalau comro, isi di dalamnya adalah oncom, oncom di jero. Nah, kalau misro ini isinya adalah gula merah, atau amis di jero. Amis itu kalau bahasa Sunda artinya manis, jadi manis di dalam. Mirip-mirip cemplon gitu kalau di daerah Jogja.

5. Awug

Awug

kompastravelfair.com

Pernah lihat tumpeng? Nah, awug ini bentuknya mirip tumpeng, kerucut. Tapi, awugi ini rasanya manis, terbuat dari tepung beras yang dibaluri dengan gula merah.

Cara memasak awug adalah dengan dikukus menggunakan alat dari bambu yang berbentuk kerucut. Sehingga, bentuk dari makanan ini juga kerucut. Awug pas banget lho kalau dijadikan teman minum teh atau kopi.

6. Batagor

Batagor Bandung

masteresep.com

Makanan khas Bandung yang satu ini sudah merajai kota-kota besar di Indonesia. Mungkin di kota kamu juga ada batagor. Kalau makanan dari Bandung tentu ada kepanjangannya dong. Kalau batagor ini kependekan dari bakso tahu goreng.

Nama batagor itu didapatkan karena makanan yang satu ini tebuat dari tahu yang diisi adonan tepung kanji dan ikan tenggiri. Kemudian tahu digoreng dan disajikan bersama dengan kuah kacang.

7. Gepuk

Gepuk

kumpulan-resep-khassunda.blogspot.com

Gepuk ini bahan dasarnya adalah daging sapi yang sudah direbus setengah matang kemudian dipukul-pukul atau digepuk. Penggepukkan itu bertujuan agar daging menjadi empuk.

Setelah daging puas dipukuli kemudian direndam ke dalam bumbu santan lalu direbus lagi. Penyajiannya, gepuk digoreng terlebih dahulu sampai berwarna kecoklatan. Cocok banget kalau kamu jadikan lauk untuk menemani nasi hangat yang sudah lama sendiri.

8. Karedok

karedok

masakanragam.blogspot.com

Karedok terbuat dari bahan-bahan yang masih mentah, seperti timun, kol, tauge, kemangi, kacang panjang, dan terong. Semua bahan mentah tersebut dicampur jadi satu kemudian diberi bumbu kacang. Bumbu kacangnya terbuat dari kacang tanah, cabe merah, bawang putih, air asam jawa, kencur, terasi, dan garam.

9. Seblak

Seblak basah

rasamasa.com

Makanan ini sekarang lagi naik daun nih. Bahan yang digunakan untuk membuat seblak ini terbilang cukup mudah lho. Cukup sediakan kerupuk yang direbus dan bumbu pedas. Nah, bumbunya terbuat dari cabe merah, bawang putih, kencur, dan garam. Gimana? Gampang banget kan bahan dan cara bikinnya?

10. Lotek

Lotek enak

ratnawatiutami.blogspot.com

Lotek ini merupakan salah satu makanan yang sehat lho. Bahan yang digunakan untuk membuat lotek ini hampir sama dengan pecel. Ada sayuran yang direbus dan kuah kacang yang dijadikan sebagai sausnya.

Untuk menikmati lotek, kamu bisa memakannya dengan nasi hangat atau lontong. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera kamu. Jangan lupa, minta rasa yang pedes, sama tambahan kerupuk ekstra ya.

Nah, kayaknya cukup dulu kita jalan-jalan buat wisata kuliner makanan khas-nya. Kapan-kapan kita jalan-jalan cari makanan khas daerah lain ya. Selamat menikmati hidangannya 🙂

Leave a Reply