Makanan Khas Aceh, Rasa yang Takkan Terlupa

MAKANAN KHAS ACEH – Aceh, kalau kamu dengar nama itu apa yang terpikirkan? Apakah tentang syariat Islam yang dijalankan atau Kota yang ada di ujung Pulau Sumatera? Yah, apapun yang kamu pikirkan, pastinya itu hal yang ada di sana dong.

Nah, yang ada di Aceh itu bukan cuma itu aja lho. Kamu pernah berpikir tentang apa aja makanan khas yang ada di sana nggak? Kalau iya, berarti kita sama nih, sama-sama doyan makan dan wisata kuliner.

Apa aja sih sebenernya makanan khas yang ada di Aceh? Mungkin kamu penasaran atau pengen cari tahu kalau kapan-kapan main ke Aceh. Mending langsung aja kita lihat makanan yang menjadi khasnya masyarakat Aceh.

1. Mie Aceh

Mie khas dari Aceh

id.wikipedia.org

Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Kamu bisa menemui rumah makan Aceh yang menjual mie khas Aceh ini.

Walaupun berbentuk mie, tapi mie Aceh ini berbeda dari mie kebanyakan lho. Lihat penampakannya aja kamu pasti udah laper dan pengen cepet-cepet menyantapnya.

Sebelum menikmati mie Aceh, kamu tentukan dulu, mau mie goreng atau mie kuah. Berbeda cara penyajiannya, tentu berbeda pula rasanya lho. Selain itu, kamu juga bisa memilih mau pedas atau tidak.

Hal menarik yang ada di mie Aceh adalah bahan lain dalam mie. Kamu bisa memesan untuk menggunakan kepiting, daging, atau seafood. Pilih saja sesuai selera kamu, dan nikmati sajian khas Aceh ini dengan lahap.

2. Lepat

Lepat Aceh

fizalgk.blogspot.com

Kamu pernah denger nama makanan lepat? Makanan ini terbuat dari kepung ketan yang kemudian diisi dengan gula merah. Lepat lalu dibungkus menggunakan daun pisang. Hmmm, kelihatannya sangat menggoda nih kalau dijadikan camilan menemani minum kopi.

Eh, sebelum dibungkus dengan daun pisang, ternyata ada yang ketinggalan. Di bagian tengah adonan lepat ditambahkan kelapa parut yang telang di sangrai dengan gula. Nah, untuk mematangkan lepat, caranya adalah dengan mengukusnya.

Biasanya, lepat ini disajikan pada hari-hari tertentu saja. Masyarakat Gayo biasa menyajikan lepat saat menjelang puasa dan lebaran. Kalau kamu pengen mencicipi lepat, datang aja langsung ke Aceh. Cari, di mana saja daerah yang jual lepat.

3. Keumamah

Keumamah Aceh

cabinbag.wordpress.com

Salah satu makanan khas Aceh yang paling diminati oleh masyarakat Aceh adalah keumamah. Keumamah sering disebut juga ikan kayu, padahal bahan pembuatnya dari ikan asli lho. Keumamah ini terbuat dari ikan tuna yang sudah direbus kemudian dikeringkan lalu diiris tipis.

Untuk menikmati keumamah, masyarakat Aceh biasa memasaknya menggunakan santan kelapa, cabe hijau, kentang, dan rempah-rempah.

Kamu bisa membawa keumamah sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah lho. Ikan kayu ini soalnya tahan lama dan bisa menemani perjalanan jauh kamu.

Ada cerita dari keumamah ini, zaman ketika perang antara Aceh dan Belanda, masakan berbahan dasar ikan ini paling digemari. Selain memiliki protein dan gizi yang tinggi, membawanya pun praktis dan mudah dimasak.

4. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek

infokuliner.com

Apakah kamu penggemar masakan berbahan dasar bebek? Mungkin makanan yang satu ini bisa jadi pilihan untuk menu makan kamu.

Kuah sie itek merupakan makanan yang menggunakan bebek untuk bahan dasarnya. Tapi, tentu masakan yang satu ini berbeda dari olahan bebek lain. Kuah sie itek memiliki bumbu khas Aceh yang tidak kamu temui pada olahan bebek pada umumnya.

Kalau kamu mau nyobain kelezatan masakan ini, datang saja ke Bireun. Di daerah tersebut, kamu bisa merasakan kuah sie itek yang bumbunya sangat terasa. Atau, kalau ke Aceh dirasa kejauhan, coba aja kunjungi restoran makanan khas Aceh yang ada di kota kamu.

5. Kue Bhoi

Kue Bhoi

klikkabar.com

Kue bhoi ini merupakan salah satu kue yang sudah sangat dikenal di Aceh. Bentuk dari kue yang satu ini sangat bervariasi. Ada yang berbentuk ikan, bunga, bintang, atau bentuk-bentuk lucu lainnya.

Kalau kamu mau merasakan kelezatan kue bhoi, coba saja telusuri pasar-pasar tradisional yang ada di Aceh. Selain kamu dapat mencicipi kue bhoi, kamu pun bisa melihat proses pembuatannya.

Di masyarakat Aceh, kue bhoi biasa dijadikan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke tempat saudara atau tetangga yang mengadakan pesta atau hajatan. Selain itu, kue bhoi juga dijadikan sebagai bingkisan seseraan yang dibawa calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita.

6. Meuseukat

Meuseukat

id.wikipedia.org

Kamu tahu dodol? Makanan yang kenyal dan memiliki rasa yang manis itu lho. Nah, meuseukat ini mirip seperti dodol, lebih tepatnya dodol nanas khas Aceh.

Meuseukat terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan nanas. Perpaduan antara kedua bahan tersebut membuat meuseukat menjadi makanan yang memiliki cita rasa yang unit dan khas.

Kalau kamu mau mencicipi meuseukat, harus ada usaha ektra yang kamu keluarkan. Soalnya, makanan ini jarang banget ditemukan di pasar tradisional. Kalau memang bener-bener pengen, kamu harus memesannya terlebih dahulu.

Hmmm, jadi laper lihat makanan khas Aceh yang begitu menggoda. Bagaimana? kamu tertarik mencicipi makanan khas Aceh? Atau mungkin kamu mau merasakan makanan khas Padangmakanan khas Medan, dan makanan khas Palembang? Langsung aja tuh datengin kotanya. Selamat makan-makan dan jalan-jalan 🙂

One Response

  1. kue pancong kelapa January 1, 2016

Leave a Reply