Makanan Berserat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Setiap manusia pasti membutuhkan yang namanya makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, akan diproses sedemikian rupa, agar nantinya bisa diserap oleh organ-organ yang ada di dalam tubuh.

Ada banyak jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh, mulai dari makanan berkarbohidrat, protein, lemak, sampai makanan berserat.

Nah, kalau makanan yang lain tentu kita sudah banyak tahu, makanan karbohidrat tinggi, kamu bisa menemukannya dari nasi, roti, atau kentang. Makanan yang mengandung protein dapat kamu temui pada ikan, daging, atau telur.

Kalau makanan berserat?

Makanan berserat ini ada banyak jenisnya, dengan manfaat yang tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, ada banyak juga yang tidak suka mengonsumsi makanan ini lho.

Pertama, kita kenalan dulu yuk apa itu serat. Serat adalah salah satu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna secara langsung oleh tubuh. Jika kebanyakan karbohidrat akan dipecah menjadi molekul gula, serat tidaklah demikian. Serat akan melewati tubuh tanpa dipecah.

Walaupun ada yang beranggapan serat tidaklah menghasilkan energi, tapi ternyata serat tetap menghasilkan energi lho, walaupun tidak sebanyak lemak atau karbohidrat.

Serat ternyata juga dibutuhkan setiap hari lho, untuk anak-anak dan orang dewasa kira-kira butuh sekitar 20-30 gram serat per hari. Sumbernya? Ada banyak kok makanan yang bisa dapat memenuhi kebutuhan serat kamu, bisa dari buah-buahan, sayuran, kacang, beberapa umbi-umbian, dan biji-bijian.

Manfaat Serat untuk Tubuh

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapat jika mengonsumsi makanan berserat.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat serat yang sudah banyak diketahui orang adalah menjaga kesehatan pencernaan. Jadi, perlunya mengonsumsi makanan berserat adalah agar pencernaan kita terjaga karena awal dari kesehatan tubuh kita adalah pencernaan kita.

2. Menurunkan Kolesterol

Konsumsi serat juga dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah, maka akan dapat mencegah penyakit stroke atau serangan jantung.

3. Mengontrol Berat Badan

Buat kamu yang diet, pasti seneng banget nih sama manfaat yang satu ini, yaitu dapat mengontrol berat badan. Mengontrol di sini maksudnya adalah membuat tubuh memiliki berat badan yang ideal. Jadi, serat akan memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit, sehingga berat badan kamu bisa menjadi lebih ideal.

Daftar Makanan Berserat

Berikut daftar makanan berserat yang bisa kita temui di sekitar kita.

1. Pepaya

Sudah banyak yang tahu bahwa buah pepaya merupakan salah satu buah yang biasa dimakan untuk melancarkan buang air besar. Hal ini karena di dalam buah pepaya terdapat kandungan serat yang cukup tinggi.

Buah ini cocok untuk kamu yang sedang melakukan diet, selain mendapatkan asupan serat, tubuh kamu juga akan mendapat zat gizi lain, seperti vitamin.

Agar pencernaan lancar, konsumsilah buah pepaya secara rutin.

2. Beras merah

Di dalam beras merah, kandungan serat yang cukup banyak adalah serat larut. Sehingga, makanan yang satu ini cocok banget buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Kandungan serat yang ada di dalam beras merah akan membantu mengatasi sembelit dan dapat melancarkan buang air besar. Dalam satu cangkir beras merah, kandungan seratnya sekitar 3,5 gram, atau 14% dari kebutuhan tubuh dalam sehari.

Selain serat, beras merah juga sangat pas untuk kamu yang memiliki masalah kurang darah. Karena, beras merah juga mengandung zat besi yang cukup tinggi.

3. Jagung

Selain dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat pengganti, jagung juga merupakan sumber serat lho. Bahkan, jagung menjadi salah satu makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes untuk menggantikan nasi putih.

Serat yang cukup tinggi dalam jagung dapat membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah pada penderita diabetes, dan dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes untuk orang normal.

Dalam satu cangkir jagung terdapat 2 gram serat, bahkan popcorn tanpa garam atau bumbu mengadung sekitar 3,5 gram serat per tiga cangkir. Selian itu, jagung juga mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

4. Pisang

Salah satu buah yang tidak kenal musim adalah buah pisang. Kalau kamu ke warteg, biasanya ada juga buah yang satu ini. Bisa dimakan langsung, atau diolah terlebih dahulu.

Buah berwana kuning ketika matang ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kalori yang didapat ketika mengonsumsi pisang juga tinggi, sehingga berat badan kamu bisa lebih terkontrol. Selain itu, pisang juga tinggi kalium, mineral penting yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Apel

Menjadikan buah apel sebagai salah satu buah wajib setiap hari tidak ada salahnya lho. Bahkan ada yang mengatakan, “Makan satu buah apel sehari, kamu tak perlu ke dokter lagi.”

Apel tentu memiliki banyak zat gizi yang sangat baik, selain itu, apel juga akan memenuhi kebutuhan serat tubuh kamu. Kandungan serat di dalam buah apel sebanyak 4,4 gram.

Buah yang teksturnya halus ini dapat mudah dicerna oleh tubuh. Di dalam apel, terdapat pektin yang akan mengurangi kandungan kolesterol di dalam tubuh.

Leave a Reply