Mainan yang Dulu Pernah Jadi Tren Tahun 90-an

Kamu anak tahun 90-an? Waktu kamu masih SD atau SMP pernah mainan apa aja? Jaman dulu banyak mainan yang ngetren kan, terutama mainan yang impor tuh. Nah, ini beberapa mainan yang sempat booming jaman kita SD dulu.

1. Tamiya

Tamiya dinamo depan

akubknblogger.blogspot.com

Mobil-mobilan yang pakai batre ini sempat jadi idola waktu dulu SD. Bahkan ada rumah atau orang yang punya bakat usaha yang tinggi sampai buka tempat buat balapan tamiya. Terus karena ada filmnya jadi tambah banyak peminatnya lagi tuh. Kadang dibela-belain nggak jajan beberapa minggu buat beli aksesoris apa beli tamiya yang baru. Beli dinamo buat ningkatin kecepatannya, batrenya beli yang bisa dichas dan mAh-nya yang gede biar awet.

Pokoknya asik banget lah dulu. Pulang sekolah naik sepeda pergi ke tempat yang ada trak tamiyanya. Bukan buat ikutan balapan, cuma nonton doang, haha.

2. Beyblade

Beyblade

beyblade.wikia.com

Goooo shooooot!

Kalau di filmnya sih gitu waktu mau ngelempar beyblade-nya. Padahal mainan ini ada pendahulunya lho, kan Indonesia punya gasing tuh. Tapi mungkin karena terpengaruh tontonan, jadi kebawa juga deh beli mainan ini.

Gara-gara nonton filmnya kita juga ikutan teriak-teriak waktu main tuh. Ada juga yang berharap monster dari beyblade-nya muncul dan ngancurin punya musuh. Kalo nggak ada arena buat main masih bisa ambil perabotan di dapur. Biasanya wajan yang jadi sasaran kejailan kita tuh, dan ibu pun bingung karena wajannya ilang, hahaha.

3. Crush Gear

Crush Gear tempur

syidielife.blogspot.com

Kalau mainan ini kayaknya perpaduan antara tamiya sama beyblade deh. Soalnya bentuknya mobil-mobilan gitu, terus diadunya kayak tarung gasing.

4. Tamagotchi

Tamagoci

instructables.com

Yang nggak boleh punya hewan peliharaan di rumah pasti bakalan beli mainan yang satu ini. Dulu banyak banget jenisnya, sampai ada juga yang peliharaannya digimon, bisa ditarungin juga. Padahal mainannya juga cuma itu-itu aja. Ngasih makan, ngajak main, bersihin kotoran, kalau sakit kasih obat. Ya cuma itu-itu aja, iya nggak? Tapi ya tetep asik aja maininnya tuh, sampai sekarang pun masih ada juga yang mainin. Bahkan di android ada juga yang mirip kayak tamagotchi, kayak tom tuh atau pou.

5. Sewa Game

Game yang disewakan

bacan-gemstone.com

Nah, kalau yang ini kita nyewa ke abang-abangnya. Tinggal bayar terus kita main deh sampai game over. Game-nya dipasangin tali biar nggak ilang, tapi untuk mainnya itu kejujuran sih. Kan abangnya nggak bisa juga ngawasin kita satu-satu yang lagi main. Kadang ada yang udah kalah tapi masih aja main, itu yang nggak jujur tuh.

Itu tadi beberapa mainan yang pernah ngetren ditahun 90-an. Walaupun mainannya udah agak modern, tapi ada juga lho manfaatnya mainan kayak gitu jaman dulu tuh.

1. Belajar Nabung

Dulu kita sampai bela-belain nabung kan buat beli mainannya? Disamping kita pengen banget punya itu mainan, harganya juga lumayan mahal kalau buat anak SD tuh. Kalau minta uang orang tua juga belum tentu dikasih, ya mau nggak mau nabung deh akhirnya.

2. Belajar Sportif

Sebenernya kita main itu kayak olah raga, jadi ada pertandingannya, ada yang menang dan pasti ada yang kalah. Nah, kalau kita nggak sportif, bakalan nggak diajak main lagi ntar sama temen-temen tuh.

3. Belajar Jujur

Jujur itu sulit buat ditanamkan kalau nggak dimulai dari kecil. Kayak sekarang ini, banyak orang yang nggak jujur, bahkan pada jadi pengurus negeri lagi. Kalau orang jujur udah langka, sekalinya ada yang jujur pasti pada komentar, ternyata masih ada orang jujur ya.

4. Menambah Keakraban

Kita main bareng temen itu juga bisa nambah deket antara satu dan yang lainnya. Nggak kayak sekarang, walaupun kumpul bareng, tapi juwanya nggak pada disitu. Semua mata tertunduk, memandang layar kecil dan memainkan jempolnya.

4 Comments

  1. Hengki April 6, 2015
  2. masFikr April 6, 2015
  3. Hengki April 8, 2015
  4. masFikr April 8, 2015

Leave a Reply