Cara Membuat dan Contoh Mading yang Menarik untuk Dibaca

Buat kamu yang masih sekolah, tentu tidak asing dengan mading atau majalah dinding. Salah satu media untuk menampilkan kreativitas siswa.

Mading adalah salah satu jenis media tulis yang paling sederhana dan digunakan untuk komunikasi seperti media massa. Media ini disebut majalah dinding karena penyajian mading biasanya ditempel pada dinding.

Majalah dinding merupakan media yang menerapkan prinsip dasar majalah di dalamnya. Prinsip dasar sebuah majalah yang ada pada mading terdapat pada cara penyajiannya baik berupa tulisan, gambar, ataupun kombinasi dari kedua cara tersebut.

Nah, buat kamu yang biasa mengurus mading, mungkin akan mudah untuk membuat sebuah majalah dinding yang baik. Tapi, bagi yang masih memulai dan belajar, tentu perlu untuk mengetahui bagaimana cara membuat mading yang baik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat majalah dinding.

1. Tema

Sebuah karya, entah itu tulis ataupun gambar, tentu akan lebih bagus jika memiliki sebuah tema. Begitu juga dengan majalah dinding, penentuan tema merupakan hal utama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

Proses menentukan tema ini bisa dibilang sulit, karena kamu dan teman-teman harus mencari ide kreatif dan paling tidak harus bisa memperkirakan apakah nantinya tema yang diambil akan menarik pembaca atau tidak.

Tema yang dipilih ini bisa bermacam-macam, contohnya tema yang sesuai dengan apa yang terjadi pada waktu itu. Misalnya saja tema tentang hari pahlawan, hari ibu, kemerdekaan Republik Indonesia, atau tema lain yang biasa kita peringati di negara ini.

Kamu juga bisa menentukan tema yang nantinya diharapkan dapat memengaruhi pembaca. Contohnya tema lingkungan, yang nantinya diharapkan pembaca akan lebih mencintai lingkungan. Atau, tema transportasi umum, yang akan membuat pembaca jadi membiasakan diri menggunakan transportasi umum.

Semua tema bisa kamu diskusikan dengan kelompok agar lebih mudah dan cepat.

2. Sketsa

Tata Letak Rubrik Mading

khairaalfatih.blogspot.co.id

Setelah mendapatkan tema, selanjutnya kita akan merancang tampilan sebuah majalah dinding agar menarik. Kamu bisa membuat sketsa terlebih dahulu dengan membuat tata letak dari setiap rubrik yang akan ditampilkan.

Sebelum membuat sketsa, apakah kamu tahu apa saja rubrik yang biasanya ada pada majalah dinding? Dalam sebuah majalah dinding, ada beberapa rubrik yang dimuat, rubrik-rubrik itu adalah sebagai berikut.

Logo

Logo yang digunakan biasanya adalah logo organisasi sekolah, bisa logo sekolah atau logo OSIS.

Nama atau Judul

Nama merupakan nama mading yang kamu buat, bisa juga menggunakan nama sekolah. Misalkan namanya MASASI, yang merupakan singkatan dari Mading Super Anak Sehat Indonesia. Atau, kamu bisa menggunakan nama sekolah, misalnya Mading SMAN 1.

Edisi

Edisi di sini merupakan tema yang sudah kamu pilih sebelumnya, misalkan kamu membuat majalah dinding bertema hari pahlawan, maka edisi dari majalah dinding yang kamu buat adalah edisi Hari Pahlawan. Atau, kamu juga bisa membuat edisi berdasarkan bulan terbut, misalnya, jika majalah dinding yang kamu buat terbih pada bulan Februari, maka saat itu adalah edisi Februari.

Salam Redaksi

Sama seperti namanya, salam redaksi merupakan salam atau sapaan dari penyusun yang ditujukan kepada pembaca. Salam iini bisa bermacam-macam gaya bahasa, kamu bisa membuat dengan formal atau gaya anak muda masa kini.

Contohnya seperti “Haloo, jumpa kembali bersama MASASI edisi Hari Ini Berbeda. Kamu akan menemukan berbagai informasi yang membuat hari-harimu penuh warna dan tentu saja berbeda dari biasanya. Penasaran? Langsung aja simak MASASI!”

Nah, itu contoh salam redaksi yang bahasanya tidak formal tapi lebih terkesan anak muda dan terlihat akrab.

Susunan Redaksi

Susunan redaksi merupakan bagian yang berisi nama-nama dari orang yang membuat mading.

Artikel

Kamu bisa menampilkan sebuah artikel atau essay pendek pada rubrik ini. Isinya tentu harus sama dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya.

Opini

Rubrik opini biasanya berisi tentang pendapat dari siswa yang ada di lingkungan sekolah tetang tema yang diangkat. Misalkan saja kita mengambil tema Hari Pahlawan, maka, redaksi akan mewanwancarai siswa di lingkungan sekolah tentang makna Hari Pahlawan untuk mereka, atau mungkin apapun itu yang masih ada kaitannya dengan tema.

Berita Utama

Berita utama biasanya berisi tentang sesuatu yang sedang hangat diperbincangkan di lingkungan sekolah. Misalkan berita tentang perwakilan siswa yang akan pergi ke perlombaan internasional di Jepang, atau berita kemenangan ekskul Karya Ilmial dalam perlombaan bertingkat nasional.

Tambahan

Tambahan biasanya ada, jika masih ada ruang yang tersisa dan bisa dimasukkan rubrik ini. Kamu bisa menambahkan rubrik baru yang dapat membuat majalah dinding menjadi lebih menarik. Contohnya adalah rubrik info unik, komik, cerpen, tips dan trik, puisi, pantun, karikatur, ilustrasi, atau humor.

Pojok Mading

Pojok mading biasanya berisi komentar dari penyusun tentang isi dari majalah dinding yang sudah dibuat.

Hiasan

Hiasan diperlukan untuk menarik perhatian pembaca, karena ketika mading terlihat menarik dari kejauhan, bisa jadi hal itu akan mengundang orang untuk membacanya. Kamu bisa menambahkan hiasan seperti pita, biji-bijian, manik-manik, kain perca, kertas koran, kain flanel, dan hiasan lainnya.

3. Proses Pembuatan

Setelah rancangan sketsa sudah siap dan terlihat menarik, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan. Proses pembuatan ini terdiri dari pembuatan rubrik dan desain mading yang akan dibuat. Pembuatan rubrik dapat dilakukan dengan melakukan wawancara kepada narasumber. Atau, kamu juga bisa mencari dari berbagai sumber, seperti buku dan internet.

Setelah rubrik tidak menjadi masalah, kamu juga harus memerhatikan desain majalah dinding. Desain ini akan berfungsi sebagai daya tarik dari mading. Kalau desain yang dibuat bagus, tentu akan banyak yang tertarik dan akhirnya membaca.

4. Publikasi

Setelah semua jadi, kamu tinggal mempublikasikan madingmu deh. Bisa dengan mengumumkan ke tiap kelas, atau memberitahukan kepada teman-teman dekat.

Atau, kamu bisa membuat tanggal berapa mading yang kamu buat akan terbit. Jadi, ketika sudah tiba tanggalnya, pembaca setia sudah tahu dan akan datang melihat majalah dinding kamu dan membacanya.

Contoh Mading

Itu tadi beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan untuk membuat sebuah majalah dinding. Berikut ini ada beberapa contoh mading yang mungkin bisa dijadikan inspirasi.

Mading 2D

Mading

melindafebriani.blogspot.co.id

Cara membuat mading yang menarik

kaxak.blogspot.co.id

Mading 3D

Mading 3D

anisraisy23.wordpress.com

Mading 3 Dimensi

haracosu.blogspot.co.id

Nah, gimana membuat mading? Menarik bukan? Kamu bisa membuat berbagai kreasi mading sesuai dengan kreativitas tim. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply