5 Kucing Langka yang Keberadaannya Hampir Punah

Kucing merupakan hewan lucu yang akan membuat kamu gemas ketika melihatnya. Apalagi kalau kucing itu punya postur tubuh yang gemuk, dengam bulu tebal, dan muka yang imut. Bikin hati ini meleleh dibuatnya.

Nah, selama ini, kamu mengenal jenis kucing apa saja? Kucing persia? Kucing anggora? Atau kucing kampung? Kalau disebutkan nama kucing-kucing tersebut, hasmpir semua orang pernah dengar bahkan melihat wujud kucingnya.

Tapi gimana kalau kucing pasir? Atau Canadian Lynx? Pasti orang bertanya-tanya, itu nama kucing atau musuhnya spiderman ya? Kok ada kucing pasir segala.

Ternyata, ada beberapa jenis kucing yang ada di dunia ini dan keberadaan mereka terancam. Kucing-kucing itu merupakan kucing langka yang harus dijaga kelestariannya.

Kalau kamu penasaran, jenis kucing apa saja sih yang langka tersebut, langsung saja kita tengok yuk!

1. Caracal

Kucing caracal

sovereignsportsman.com

Kucing caracal, atau bisa juga kamu sebut dengan kucing karakal. Pemberian nama caracal ini ternyata ada alasannya lho. Pada bagian telinga kucing ini warnanya hitam, jadilah dia disebut caracal.

Caracal merupakan seekor kucing yang tersebar di Afrika, Asia Barat, dan Asia Selatan. Jadi, mungkin kamu akan kesulitan untuk mencari keberadaan kucing ini di Indonesia.

Caracal memiliki postur tubuh yang ramping dan berotot, kakinya panjang, dan ekornya pendek. Dan perlu kamu ketahui, dengan postur tubuh seperti itu, caracal ternyata mampu berlari dengan cepat. Mungkin hal itu disebabkan karena postur tubuhnya yang ideal.

2. Canadian Lynx

canadian lynx

genius.com

Kalau kamu sering bertemu dengan kucing liar, jangan-jangan itu adalah canadian lynx. Kucing yang satu ini merupakan kucing liar yang hidupnya di tengah hutan. Kamu akan sulit menemukannya karena kucing ini hidup tertutup di antara semak-semak. Mungkin dia termasuk jenis kucing yang intovert.

Walaupun sekilas bentuknya mirip kucing pada umumnya, tapi canadian lynx memiliki kelebihan lho. Kucing ini ternyata dapat berburu di darat, memanjat pohon, dan yang paling wow adalah berenang. Padahal kan kucing biasanya takut tuh kalau kena air.

3. Clouded Leopard

Clouded Leopard

animalspot.net

Nah, kalau kucing yang satu ini ada juga lho di Indonesia. Keberadaannya terdeteksi di daerah hutan Kalimantan. Karena ada di dalam hutan Kalimantan, kucing ini sering disebut juga sebagai kucing dahan Kalimantan.

Dengan tampang yang menyeramkan, pantaslah kalau kucing ini merupakan salah satu spesies kucing liar. Postur tubuhnya yang kekar menjadikan kucing ini sebagai salah satu pemangsa terbesar di hutan Kalimantan.

Pemberian nama leopard pada kucing ini karena adanya tutul-tutul dai tubuhnya. Yang membedakan antara kucing ini dan leopard yang asli ya cuma ukuran tubuhnya saja.

4. Sand Cat

Sand Cat

share.cat

Kucing pasir, ya, memang itulah namanya ketika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Nama latin kucing ini adalah Felis margarita.

Pemberian nama kucing pasir ini bukan tanpa maksud lho. Karena kucing ini hidup di gurun pasir dan dapat bertahan hidup pada suhu ekstrim gurun, jadilah nama sand cat itu tersemat pada dirinya.

Jika dilihat, kucing ini memiliki kaki yang pendek dan tubuh yang gempal. Postur tubuhnya kecil, mirip kucing kampung yang gemuk tapi sehat. Bedanya cuma jumlahnya saja, kucing kampung sangat banyak dan mudah kita temui. Tapi, kalau kucing pasir ini karena sudah langka, jadi yang sulit berjumpa dengannya.

5. Pallas Cat

pallas cat

wall.alphacoders.com

Kucing pallas merupakan kucing liar yang hampir punah. Penyebabnya adalah karena penyebaran kucing ini begitu luas tetapi tidak merata.

Postur tubuh dan ukuran kucing ini tidak jauh beda dengan kucing kampung. Perbedaannya terletak pada bulunya yang tebal sehingga menjadikan kucing pallas terlihat gemuk.

Ada keunikan dari kucing liar yang satu ini. Jika musim dingin tiba, bulu yang ada pada tubuh kucing ini warnanya akan menjadi lebih gelap dari biasanya.

Nah, itu tadi beberapa jenis kucing yang sekarang ini sudah langka untuk kamu temui. Kita jangan sampai memburunya ya, jaga bersama-sama hewan langka ini.

One Response

  1. kukuhnu November 15, 2016

Leave a Reply