13 Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Memiliki Nilai Jual Tinggi

KERAJINAN TANGAN DARI KAIN FLANEL – Kain flanel merupakan salah satu jenis kain yang biasa dijadikan kerajinan tangan. Ada bermacam-macam kerajinan yang bisa dibuat dari kain yang agak kaku ini.

Kamu juga bisa membuat kain flanel menjadi barang yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Mulai dari bikin kaos atau gantungan kunci. Kamu juga bisa memadukan kain flanel dengan kerajinan tangan dari sedotan lho.

Nah, untuk inspirasi membuat kerajinannya, berikut ini ada beberapa contoh kerajinan yang bisa kamu coba buat. Bentuknya lucu-lucu dan membuatnya tidak terlalu sulit.

1. Tempat Tisu

Tempat tisu kain flanel yang unik dan lucu

silviaardianasemail.blogspot.com

Kalau kamu punya tempat tisu yang biasa saja bentuknya, coba tempelkan kain flanel di bagian luarnya. Hias tempat tisu dengan bermacam warna dari kain flanel dan bentuk sesuai dengan yang kamu inginkan.

2. Tempat Pensil

Tempat pensil yang terbuat dari kain flanel

blogoinformasi.com

Kalau kamu nggak mau punya tempat pensil yang sama dengan temanmu, mending buat aja sendiri. Dengan menggunakan kain flanel, kamu bisa membuat tempat pensil dengan model yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu.

Kamu juga bisa menggabungkan dengan membuat kerajinan tangan dari kardus ditambah kain flanel. Pasti kombinasi kerajinan tangan itu akan menghasilkan produk yang bagus.

3. Tempat Handphone

Tempat Handphone dari kain flanel

youtube.com

Tempat handphone yang lucu juga bisa kamu buat dengan menggunakan kain flanel lho.

4. Tas

Tas kain flanel dengan bentuk yang lucu

aghniatailor.wordpress.com

Tas lucu dan beda dari yang lain bisa kamu punya kalau buat sendiri dari kain flanel. Kamu juga bisa membuatkan anak atau saudara yang umurnya masih kecil. Buat tas dari kain flanel dengan karakter yang lucu.

5. Sepatu

Sepatu anak dari kain flanel

fatinia.com

Kalau kamu punya anak yang masih kecil. coba kreasikan kain flanel menjadi sepatu unik dan beda dari yang lain.

6. Kaos

Kaos yang diberi hiasan kain flanel

dinduncreative.blogspot.com

Punya kaos polos? Hiasi kaosmu dengan menggunakan kain flanel. Bentuk pola yang kamu inginkan pada kain flanel, kemudian jahit pada kaos polos yang kamu punya. Lihat deh hasilnya, pasti lebih berwarna dari pada hanya kaos polos biasa.

7. Hiasan Toples

Hiasan toples yang terbuat dari kain flanel

artenergic.blogspot.com

Toples pastilah memiliki bentuk yang monoton dan biasa saja. Kamu bisa menghias toples dengan membuat hiasan dari kain flanel. Tinggal ukur saja toplesnya, lalu bentuk kain flanel dengan ukuran yang sudah kamu punya. Beri hiasan yang unik dan lucu, pasti toples kamu jadi kelihatan lebih bagus.

8. Gantungan Kunci

Gantungan kunci dari kain flanel yang ada namanya

zulfianzar-zulfizizou.blogspot.com

Salah satu kerajinan dari kain flanel yang bisa dijual adalah gantungan kunci. Kamu bisa membuat gantungan kunci yang ada namanya.

9. Gantungan Kunci Lucu

Gantungan kunci dari kain flanel yang berbentuk kodok

larizo.com

Selain gantungan kunci nama, kamu juga bisa membuat gantungan kunci karakter yang lucu. Buat pola terlebih dahulu, kemudian potong dan jahit kain flanel sesuai polanya.

10. Bunga Mawar

Bunga mawar kain flanel yang indah

prillylatuconsina.net

Untuk hadiah, bunga dari kain flanel ini bisa menjadi pilihanmu lho. Nggak bakal layu ataupun kering, kamu tinggal bersihkan saja bunganya dari debu dan kotoran.

11. Bros Bunga

Bros berbentuk bunga yang terbuat dari kain flanel

satujam.com

Bros juga bisa kamu buat dan dijual lho. Biasanya digunakan untuk souvenir pernikahan, temannya undangan pernikahan yang indah tentunya.

12. Boneka

Boneka kain flanel yang lucu dan menggemaskan

wahyunianshar.blogspot.com

Selain boneka dari kardus, kamu juga bisa membuat boneka kain flanel dengan berbagai bentuk dan ukuran.

13. Bantal

Bantal unik yang terbuat dari kain flanel

adindakurniawan.blogspot.com

Pilihan kado yang unik lainnya adalah bantal dari kain flanel. Bantal ini tentunya bisa kamu buat sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga bisa memberikan hiasan di atas bantalnya lho.

Setelah melihat contoh-contoh kerajinan tangan dari kain flanel, tentu kamu penasaran ingin membuatnya kan? Berikut ini ada cara membuat kerajinan yang mudah kamu lakukan. Siapkan alat dan bahan, jangan lupa praktekkan ya.

#1. Cara Membuat Kantong Pensil Mini dari Kain Flanel

Kerajinan tangan tempat pensil dari kain flanel

youtube.com

Sekarang, mari kita membuat kerajinan tangan dari kain flanel yang cukup mudah dipraktekkan. Cukup sediakan bahan dan alat, lalu kita siap membuatnya.

Alat dan Bahan

  • Kain flanel
  • Kancing baju
  • Benang jahit
  • Jarum jahit

Cara Membuat Kantong Pensil

Berikut ini cara langkah-langkah membuat kantong pensil dari kain flanel. Ikuti tahapannya, kemudian kamu bisa mengkreasikan dengan kreatifitasmu.

  1. Pertama, potong kain flanel dengan ukuran sesuai keinginan kamu. Buat dua bagian, yang satu lebih panjang dari yang lainnya.
  2. Setelah itu, pasang kancing baju pada kain yang ukurannya lebih kecil.
  3. Setelah kancing terpasang, kemudian jahit kedua buah kain tersebut pada bagian sampingnya.
  4. Buat menjadi berbentuk seperti kantung yang rapi.
  5. Jangan lupa, buat lubang pada bagian kain yang panjang, untuk tempat masuknya kancing baju.
  6. Kantong pensil sudah jadi dan siap digunakan.

Kalau langkah pembuatan di atas masih belum jelas dan kurang bisa dimengerti, lihat video di bawah ini. Ikuti langkah dalam videonya ya, sudah ada ukuran kain dan cara membuatnya kok.

Gimana? Kerajinan tangan dari kain flanelnya keren-keren kan? Ayo, buat sebanyak mungkin karya dari kain flanel yang bentuknya lucu-lucu. Siapa tahu kamu bisa membuka usaha souvenir pernikahan dari bahan kain flanel lho. Selamat mencoba membuatnya di rumah ya 🙂

Leave a Reply