Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dengan Bentuk yang Unik dan Menarik

Kerajinan Tempurung Kelapa – Pohon kelapa merupakan sebuah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat. Semua bagian dari pohon kelapa ini bisa dimanfaatkan lho, mulai dari akar sampai tulang daunnya.

Akarnya bisa digunakan untuk membuat kerajinan berupa hiasan, topeng, atau patung. Batang pohonnya dapat digunakan untuk rangka atap bangunan. Daunnya bisa digunakan untuk membuat ketupat, sedangkan tulang daunnya dapat dibuat menjadi sapu lidi.

Bahkan, buah kelapanya saja bisa dimanfaatkan semua lho. Air kelapa dapat kita minum, dagingnya bisa dimakan atau dibuat menjadi santan. Sabut kelapa bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan. Batoknya juga bisa menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi.

Nah, kalau ngomongin kerjinan dari batok kelapa, tentu kamu sering lihat dong bagaimana bentuknya?

Ada banyak sekali jenis kerajinan yang bisa dibuat dari batok kelapa ini. Mulai dari lampu meja, gantungan kunci, bros, sampai sendok nasi. Semua sangat berguna dan tentu memiliki nilai lebih dari pada hanya sekedar batok kelapa saja.

Kamu tentu tahu kan bagaimana kerasnya batok kelapa? Tapi, dengan tekstur yang keras itu, batok kelapa ternyata bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk. Tentu hal itu membutuhkan teknik dan cara membuat yang tidak mudah.

Memilih Batok Kelapa

Tempurung atau Batok Kelapa

beritadaerah.co.id

Untuk membuat kerajinan batok kelapa, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu.

Pilihlah batok kelapa yang sudah tua dan teksturnya keras. Terus bagaimana membedakan batok kelapa yang keras atau tidak? Biasanya, batok kelapa yang teksturnya keras, ketika dipotong melintang memiliki warna kehitaman.

Jadi, untuk menghasilkan kerajinan tangan yang bagus, pilihlah batok kelapa yang berkualitas juga.

Persiapan Sebelum Membuat Kerajinan

Setelah mendapatkan batok kelapa yang berkualitas, selanjutnya kita perlu mempersiapkan alat dan juga bahan pendukung lainnya.

Alat-alat yang perlu kamu persiapkan adalah gergaji besi, pisau, amplas, dan alat lainnya yang dirasa perlu untuk digunakan.

Bahan-bahan tambahan untuk membuat kerajinan tangan dari batok kelapa adalah lem kayu, cat pernis, dan bahan tambahan lainnya.

Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa

Setelah semua bahan dan peralatan siap, sekarang mari kita membuat kerajinan tangan dari batok kelapa.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah membersihkan batok kelapa. Ya, batok kelapa yang akan digunakan untuk membuat kerajinan harus benar-benar bersih dari sabut kelapa. Kamu bisa menggunakan amplas kasar agar hasilnya benar-benar bersih.

Setelah diamplas menggunakan amplas yang kasar, amplas lagi pakai yang halus. Proses kedua ini bertujuan untuk membuat permukaan batok kelapa terasa lebih halus.

Setelah permukaan batok kelapa menjadi halus, langkah selanjutnya adalah menggosoknya menggunakan daun kering. Proses ini bertujuan untuk membuat permukaan batok kelapa mengkilap.

Nah, sekarang tinggal kamu potong susai pola yang sudah dibuat deh. Potong menggunakan gergaji besi atau gergaji khusus untuk membuat bentuk sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah didapatkan batok kelapa dengan berbagai bentuk, kamu bisa mulai merangkainya menjadi berbagai kerajinan tangan. Kamu bisa membuat menjadi gantungan kunci, pigura foto, ikta pinggang, tas, gelang, lampi meja, dan kerajinan tangan unik lainnya.

Contoh Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Nah, kerjinan tangan dari batok kelapa ini memiliki berbagai macam jenis. Dari yang mudah dibuat sampai yang tinggak kerumitannya tinggi. Apa saja sih kerjinan yang bisa kita buat itu? Berikut ini ada beberapa contoh yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Celengan dari Batok Kelapa

Celengan atau kencleng dari batok kelapa

jualkerajinanbatokkelapa.wordpress.com

Membuat celengan ini merupakan salah satu yang paling mudah lho. Kamu tidak perlu memotong batok kelapa terlalu banyak. Cukup potong batok kelapa sedikit, beri lubang untuk memasukkan uang, haluskan dengan amplas, tutup deh bagian bawahnya.

2. Teko dan Cangkir dari Batok Kelapa

Teko dan Cangkir dari Batok kelapa

ne-upik.blogspot.com

Kalau kamu suka sama yang natural dan menyatu dengan alam, teko dan cangkir ini cocok banget buat kamu. Dengan bentuk yang unik dan nuansa natural, tentu akan membuat suasana minum teh kamu menjadi lebih terasa alami.

3. Gantungan Kunci dari Batok Kelapa

Gantungan Kunci dari batok kelapa

batokko.wordpress.com

Kerajinan tangan yang satu ini biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh atau souvenir pernikahan. Memiliki berbagai macam bentuk yang unik dan kesan natural yang khas. Kalau kamu mau, bisa lho gantungan ini dipilih sebagai souvenir pernikahanmu nanti.

4. Tas Wanita dari Batok Kelapa

Tas Wanita dari batok kelapa

grosirtasbatokkelapa.wordpress.com

Nah, kerajinan tas wanita ini mungkin bisa dibilang salah satu yang rumit. Kamu harus membuat berbagai macam pola dan bentuk untuk membuatnya. Bukan cuma itu, diperlukan juga bahan lain agar menjadi tas yang bagus.

Kamu bukan cuma memerlukan batok kelapa saja, ada bahan lain seperti kain, benang, lem, resleting, pita, dan bahan lain agar tas dari batok kelapa ini jadi.

Gimana? Keren dan unik kan kerajinan tangan dari batok kelapa?

Kamu bisa lho menemukan kerajinan-kerajinan ini di toko souvenir di daerah. Atau, bisa juga tuh jadi ide bisnis buat kamu. Jadi, nanti akan lahir pengusaha baru dalam bidang kerajinan tangan di Indonesia. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply