Kandungan dan Khasiat Buah Naga Merah yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Buah naga yang populer di Indonesia itu ada dua, buah naga merah dan putih, udah kayak warna bendera negara kita aja tuh. Tapi kalau disuruh milih, saya lebih suka yang warna daging buahnya merah. Selain rasanya yang menurut saya lebih enak, kandungan antioksidan di dalamnya juga lebih banyak.

Buah naga itu dihasilkan dari pohon berjenis kaktus lho, tepatnya dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Asal buah ini adalah di negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sekarang sudah masuk ke negara-negara di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Taiwan.

Kandungan Buah Naga Merah

Buah naga merah memiliki kandungan zat gizi yang melimpah dan yang pasti sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungannya pun nggak jauh berbeda dengan buah naga yang berwarna putih. Di dalam buah naga merah terkandung zat seperti gula sederhana, kalsium, fosfor, betakaroten dan lycopine. Selain itu terdapat beberapa vitamin seperti vitamin B1, B2, B3 dan vitamin C serta serat. Betakaroten yang terdapat dalam buah naga merah membuat vitamin A bekerja dengan baik sehingga dapat memperbaiki penglihatan.

Khasiat Buah Naga Merah

Setelah tau kandungan yang ada dalam buah naga berwarna merah, lalu manfaatnya bagi tubuh kita apa dong?

1. Menurunkan Gula Darah dan Mencegah Diabetes

Gula sederhana yang terdapat dalam buah naga merah sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Penderita diabetes malah dianjurkan sering-sering mengonsumsi buah yang satu ini. Bukan tanpa sebab lho dianjurkannya, ada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa dengan mengonsumsi buah naga merah secara teratur akan menurunkan kadar glukosa dalam darah.

2. Melancarkan Pencernaan dan Menyehatkan Jantung

Buah naga merah juga mengandung serat alami yang jumlahnya cukup banyak. Serat ini sangat bagus untuk kamu yang mempunyai masalah sulit buang air besar. Buat kamu yang buang air besarnya nggak lancar atau sembelit, sebaiknya konsumsi buah naga merah ini. Selain itu, kalau kamu lagi diet, dianjurkan juga untuk mengonsumsi buah naga merah.

Serat dalam buah naga juga berfungsi sebagai zat yang dapat mencegah dan melawan penyakit seperti serangan jantung, gangguan kardiovaskular dan stroke.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Vitamin B1 dan B2 dalam buah naga merah dapat menyebabkan nafsu makan kita menjadi bertambah. Dalam dunia kedokteran vitamin B1 dan B2 sering digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan nafsu makan, apa lagi ketika kita sedang dalam masa penyembuhan.

4. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C itu sangat penting untuk kekebalan tubuh kita. Nah, dalam buah naga merah, terkandung banyak vitamin C, Sehingga nggak ada salahnya buah naga dijadikan alternatif asupan vitamin C.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Fosfor dan kalsium merupakan zat yang berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi. Di dalam buah naga merah juga terdapat kandungan kalsium dan juga fosfor. Jadi bisa juga nih buah naga dikonsumsi untuk merawat tulang dan gigi kita. Tapi ingat, tetep sikat gigi ya, jangan mentang-mentang udah makan buah naga tapi nggak sikat gigi.

6. Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat buah naga merah yang terakhir adalah untuk merawat kesehatan kulit kamu. Vitamin C yang ada dalam buah naga merah bisa menjadikan kulit kamu lebih sehat. Caranya dengan membuat masker dari buah naga merah kemudian memakainya di kulit kita.

Bikin maskernya pun nggak sulit kok, pertama kupas buah naga dan ambil dagingnya. Setelah itu blender sampai halus. Tinggal dipakai di kulit wajah kamu deh, untuk merawat wajah biar tetap sehat.

Nah, itu tadi beberapa kandungan dan manfaat buah naga merah. Kalau mau lebih sehat lagi, konsumsi juga sayuran yang berwarna hijau. Disamping banyak seratnya, ada juga kandungan antioksidan yaitu klorofil di dalamnya. Tetap sehat dan tetap semangat ya, biar bisa tetep ibadah dengan baik.

One Response

  1. noorah April 28, 2015

Leave a Reply