Jenis-Jenis Pantun, Salah Satu Puisi Lama yang Indah dan Menuntun

Kamu tentu tau dong salah satu karya tulis yang memiliki keindahan dalam susunan katanya. Nah, dalam artikel ini, kita akan belajar bersama tentang pengertian pantun, ciri-ciri pantun, jenis pantun, dan juga contoh pantun.

Daripada penasaran, yuk kita belajar bersama tentang pantun.

Bermain bola di lapangan
Badan jadi sehat dan kekar
Daripada kamu jadi penasaran
Mendingan kita langsung belajar

1. Pengertian Pantun

Pantun, merupakan jenis puisi lama yang sudah banyak dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, pantun ini juga dikenal dengan berbagai bahasa lho.

Nah, pantun ini asal katanya adalah patuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti memberikan nasihat kehidupan. Pantun digunakan sebagai tuntunan untuk kita menjalani kehidupan dalam setiap aspeknya.

Contohnya saja dalam bahasa Jawa, pantun dikenal juga dengan parikan. Kalau dalam bahasa Sunda dikenal dengan paparikan. Dalam bahasa Batak juga ada lho, dikenal dengan umpasa (baca: uppasa).

Pada dasarnya, pantun merupakan sebuah karya sastra yang mengikuti aturan persajakan. Jadi, ketika membuat pantun, kamu terikat dengan aturan ada, sehingga akan dihasilkan pantun yang indah dan bersajak.

Secara umum, pantun biasanya terdiri dari empat baris, tapi ada juga yang delapan baris. Nah, dalam pantun, juga terdapat pembagian antara baris kesatu dan kedua, dengan ketiga dan keempat. Baris pertama dan kedua disebut sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat disebut dengan isi.

Sampiran adalah sebuah pembayang yang akan mengatur rima pada baris selanjutnya. Sedangan isi adalah apa yang akan disampaikan, atau maksud yang ingin diberikan.

2. Ciri-Ciri Pantun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantun terikat dengan aturan. Nah, berikut ini aturan atau ciri-ciri yang terdapat dalam pantun.

  • Setiap bait terdiri dari 4 baris.
  • Setiap beris terdiri dari 8-12 suku kata
  • Memiliki sajak a-b-a-b atau a-a-a-a
  • Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat adalah isi.

3. Jenis-Jenis Pantun

Pantun dibedakan berdasarkan isi yang terdapat di dalamnya. Berikut ini beberapa jenis pantun tersebut.

a. Pantun Nasihat

Pantun nasihat ini berisi tentang sebuah nasihat untuk menegus seseorang atau memberikan masukan agar orang tersebut menjadi lebih baik.

b. Pantun Jenaka

Pantun jenaka bertujuan untuk menghibur orang yang mendengarkannya. Tapi, kadang juga digunakan untuk menyindir dengan suasana yang akrab, sehingga tidak membuat yang disindir merasa tersinggung. Selain itu, pantun jenaka ini juga diharapkan akan membuat orang yang mendengarkan merasa bahagia.

c. Pantun Agama

Hampir sama dengan pantun nasihat, pantun agama juga berisi nasihat yang digunakan sebagai penyemangat untuk menjalani hidup. Pantun agama berupa rangkaian kata yang dapat mendorong kita untuk berbuat baik dan tidak melanggar hukum agama.

d. Pantun Muda

Pantun muda ini ditujukan untuk anak muda atau remaja. Biasanya pantun muda ini berisi tentang masalah cinta.

e. Pantun Teka-Teki

Pantun teka-teki ini berisi tebakan yang membuat orang penasaran. Dalam pantun ini, biasanya kamu akan dibuat bingung karena tidak menemukan jawaban dari teka-teki yang diberikan.

f. Pantun Anak

Pantun anak ini memiliki suasana yang membuat riang, sesuai dengan keadaan anak-anak pada umumnya yang suka bermain. Selain membuat senang, pantun anak juga berisi dengan pelajaran agar anak menjadi manusia yang berbudi.

g. Pantun Adat

Pantun adat ini biasanya akan berbeda di tiap daerah karena menggunakan bahasa dari daerahnya masing-masing dan juga ada unsur budaya daerahnya.

Leave a Reply