Jenis Ikan Guppy yang Kecil nan Cantik dan Memesona

Buat kamu pecinta ikan, pasti sudah tidak asing dengan ikan mungil ini. Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan yang berukuran kecil dan memiliki warna indah. Walaupun bentuknya kecil, ada daya tarik lain yang bisa kamu dapatkan dari ikan ini.

Ikan guppy biasa dijadikan sebagai ikan hias yang akan mengisi akuarium di dalam ruangan. Merupakan ikan yang masuk dalam famili Poeciliidae dan ada banyak jenisnya. Nah, kalau kamu pengen tau jenis-jenis ikan guppy, langsung aja tengok informasi berikut ini.

Guppy Black Cobra Tail

Guppy jenis black cobra tail ini memiliki corak seperti ular kobra. Badan ikan guppy dipenuhi warna hitam dan ada corak putih juga kuning. Dengan corak yang cantik tersebut, menjadikan ikan guppy jenis ini sangat diburu oleh para pecinta ikan hias.

Guppy Black Moscow

Guppy black Moscow

billmcdulin.com

Guppy jenis black Moscow ini sangat cantik dengan warna hitam pekar di seluruh tubuhnya. Merupakan jenis ikan guppy yang berasal dari Moscow, Rusia. Dengan ekor yang panjang, menjadikan ikan yang satu ini tampak sangat cantik berenang kesana-kemari mengelilingi akuarium.

Guppy Full Black Thailand

Kalau dilihat, ikan guppy yang satu ini mirip dengan jenis black Moscow, yang membedakan hanyalah asalnya saja. Guppy black Thailand juga memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya.

Guppy Super Red Singapore

Guppy super red Singapore

youtube.com

Jenis ikan guppy ini sesuai dengan namanya, berasal dari Singapura. Guppy red Singapore memiliki warna merah cerah di seluruh tubuhnya. Selain memiliki warna yang sangat indah, ikan ini juga mempunyai ekor dan sirip yang panjang.

Guppy Red Lace Snakeskin

Guppy Red lace snakeskin

akvaryum.com

Guppy jenis ini memiliki corak seperti batik yang merupakan kain asli Indonesia. Corak batik yang ada di tubuhnya berwarna merah. Guppy red lace snakeskin juga memiliki sirip dan ekor yang panjang, menambah daya tariknya ketika sedang berenang.

Guppy Japan Blue

guppy japan blue

aquarillus.de

Ikan berwarna biru ini merupakan jenis guppy yang berasal dari ikan guppy liar Jepang. Walaupun namanya blue, tapi ikan ini memiliki banyak variasi warna. Dengan banyaknya variasi warna, menjadikan guppy ini sangat indah dan menawan.

Guppy Mosaic

Guppy mosaic merupakan ikan guppy yang bagian pangkal dan sirip ekornya berwarna biru. Ikan guppy jenis ini, biasanya memiliki susunan warna yang teratur. Kalau ada warna biru pada tubuh ikan ini, maka akan ada juga warna kuning. Jika ada warna biru tua, maka ada warna campuran berupa merah. Perpaduan warna tersebut akan menghasilkan corak yang indah dengan pola garis bergelombang pada siripnya.

Guppy Grass Blue

Guppy grass blue

siamornamentalfish.com

Grass blue merupakan jenis ikan yang hampir mirip dengan mosaic. Perbedaan yang paling mencolok adalah, adanya titip-titip berwarna hitam atau biru gelap pada ekor, sirip dan punggungnya.

Guppy Metalik

Ikan guppy jantan jenis metalik mempunyai warna biru atau abu-abu gelap metalik. Jenis ikan guppy metalik yang paling mudah didapatkan adalah guppy tipe metalik cobra, merupakan persilangan antara guppy metalik dan guppy cobra.

Nah, itu tadi beberapa jenis ikan guppy yang mungkin kamu tertarik untuk memeliharanya. Ikan yang bisa dipelihara dengan tempat yang kecil dan mudah perawatannya ini bisa kamu dapatkan di toko ikan hias.

Kalau kamu serius ingin memelihara ikan guppy, saya bagi tips yang baik deh. Biar ikan guppy nya sehat selalu dan bahagia hidup menemani hari-harimu.

Tempat Tinggal Ikan Guppy

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memelihara ikan guppy dan ikan-ikan yang lain adalah habitat tinggalnya. Kalau bisa, samakan dengan kehidupannya saat di alam bebas, agar si guppy merasa nyaman.

aquascape betta

duniahewans.info

Guppy merupakan ikan yang berasal dari banyak tempat, seperti Trinidad, Guyana, Barbados, Brazil dan Asia Tenggara. Ikan kecil ini merupakan jenis omnivora yang memakan segala. Guppy akan hidup dengan optimal jika suhu air yang dia tinggali di jaga pada kisaran 25-28° C, dengan pH sekitar 7,0 dan kekerasan 20° dH.

Ketika di alam bebas, ikan guppy hidup dan berkembang di perairan air tawar, tetapi ada juga yang hidup di air payau. Jadi kamu bisa tuh membuat akuarium dengan suasan mirip seperti sungai beraliran air tenang.

Pakan Ikan Guppy

Nah, makanan ini nggak boleh kamu berikan secara asal-asalan, agar guppy dapat hidup dengan baik. Anak ikan guppy yang baru lahir belum membutuhkan makanan karena masih memanfaatkan kuning telur yang menempel pada tubuhnya.

Setelah 4-5 hari, barulah anakan ikan guppy bisa diberi makanan berupa kutu air yang sudah disaring atau kuning telur rebus yang sudah dihancurkan.

Anak ikan guppy

id.wikipedia.org

Setelah tumbuh sampai kira-kira berukuran 2-3 cm, guppy dapat diberikan makanan berupa cacing. Jika ukurannya sudah bertambah besar lagi, sekitar 5-7 cm, kamu bisa memberinya makanan berupa cuk.

Selain pemberian makanan alami, kamu juga bisa memberikan makanan tambahan agar ikan guppy jadi lebih sehat. Makanan tambahan yang bisa kamu berikan dapat berupa cacing kering, agar-agar dan makanan lain yang memiliki banyak nutrisi untuk guppy.

telur rebus

necturajuice.com

Pemberian makan juga perlu diperhatikan, kamu nggak mau kan ikan kecil ini mati karena kekenyangan? Nah, pemberian makan yang baik adalah 2 kali sehari dan jangan berlebihan. Jika makanan yang diberikan berlebihan, itu hanya akan mengotori air dan membuat kualitasnya menurun sehingga akan memengaruhi si guppy.

Leave a Reply