Jajanan Khas Jepang yang Populer di Indonesia

Udah nggak perlu diragukan lagi kalau Jepang merupakan negara yang sangat maju. Perkembangan teknologi di sana sudah sangat modern. Bukan hanya teknologi komunikasinya aja, bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun sudah biasa dengan yang namanya teknologi.

Selain itu, di Jepang juga terdapat banyak makanan yang rasanya sayang kalau kita lewatkan. Makanan yang berasal dari Jepang juga sudah mudah kita temui di Indonesia. Jadi nggak perlu repot-repot ke Jepang untuk mencoba jajanan dari negeri sakura ini.

Jajanan yang ada di Jepang nggak semuanya masuk ke Indonesia sih. Hanya beberapa saja, itupun cum sebagian kecil aja yang banyak peminatnya. Selain harga yang lumayan mahal, kadang orang Indonesia nggak begitu suka rasa dari makanan yang masih belum umum. Makanya banyak pengusaha dibidang kuliner yang mencoba membuat variasi dari makanan Jepang agar rasanya bisa diterima oleh masyarakat Indonesia.

Nah, dari pada penasaran apa aja makanan khas Jepang yang ada di Indonesia, mending langsung kita lihat aja yuk.

1. Takoyaki

commons.wikimedia.org

commons.wikimedia.org

Takoyaki itu makanan yang bentuknya bulet dan memiliki tekstur agak kenyal. Kalau di Indonesia mungkin kayak makanan jaman SD dulu ya ini. Yang bikinnya pakai telur putuh itu lho, tapi nggak ada isiannya. Nah, kalau takoyaki ini ada isiannya, aslinya diisi dengan menggunakan potongan gurita. Tapi banyak juga varian isi dari takoyaki ini, tinggal pilih yang kita sukai aja. Di atas takoyaki juga disiram saus khusus dan kadang ditambahi dengan mayonaise, lalu ditaburi semacam parutan ikan gitu.

2. Onigiri

janetching.wordpress.com

janetching.wordpress.com

Onigiri itu nasi yang dikepal, dikasih campuran apa aja, terus ada nori atau rumput laut yang nempel di luarnya. Ya, cuma kayak gitu aja sih, tapi lumayan juga buat ganjel perut. Sebenernya di Indonesia juga ada yang mirip sama onigiri, namanya arem-aren atau lemper juga bisa tuh.

3. Okonomiyaki

flickr.com

flickr.com

Okonomiyaki merupakan makanan yang bahan dasarnya telur dan ditambahi isian yang macem-macem. Cuma telur terus ditambahi bahan lain kayak kubis, daging, tepung dikit sama pendukung setianya. Sebenernya okonomiyaki ini mirip seperti telur dadar yang dikasih saus sama mayonaise, terus ditaburi kayak parutan ikan gitu.

4. Dorayaki

simply-june.blogspot.com

simply-june.blogspot.com

“Aku ingin begini, aku ingin begitu

Ingin ini, ingin itu banyak sekali”

Pasti pernah dengar lirik lagu itu kan? Itu lagu dari film kartun asal jepang, namanya Doraemon. Nah, di film kartun itu, Doraemon paling suka sama dorayaki. Kue yang satu ini merupakan makanan tradisional dari Jepang lho. Dorayaki dibuat seperti apem, tapi didalamnya ada isiannya, yang terbuat dari kacang merah.

5. Sushi

blog.justeat.it

blog.justeat.it

Kalau yang ini pasti udah nggak asing lagi buat kamu. Sushi ini merupakan makanan khas jepang yang udah banyak banget ada di Indonesia. Banyak juga yang jualan jajanan ini di pinggir jalan, sushi kaki lima. Harganya pun nggak begitu mahal, tapi rasanya boleh diadu deh.

6. Tempura

genjibeaches.com

genjibeaches.com

Tempura merupakan makanan yang terbuat dari udang. Nah, bagian luarnya diselimuti dengan tepung yang krispi gitu. Makan tempura ini enaknya waktu masih panas-paanas, kemudian di cocol di saus yang pedes. Kriuk di luarnya bikin nendang dan rasa udangnya sungguh menawan.

7. Mochi

aviliaway.wordpress.com

aviliaway.wordpress.com

Mochi ternyata bukan berasal dari Sukabumi, aslinya makanan kenyal ini merupakan jajan yang ada di Jepang. Sama-sama terbuat dari tepung beras yang di dalamnya diisi dengan kacang yang sudah ditumbuk. Rasanya manis dan memiliki tekstur yang kenyal.

Itu tadi beberapa makanan dari Jepang yang populer di Indonesia. Kalau kamu mau nyobain, udah banyak kok yang jual, bahkan ada yang di pinggir jalan juga.

2 Comments

  1. kotaro November 15, 2015
  2. Nayla Nurul Pratiwi January 7, 2016

Leave a Reply