Inilah Minuman Segar dan Dingin yang Menggugah Selera

Cuaca panas paling enak minum minuman yang menyegarkan. Ada yang hanya butuh sedikit bahan campuran, sampai ada yang satu minuman isinya bermacam-macam. Marilah kita tengok beberapa minuman dingin yang dapat menggugah selera kita di cuaca yang panas.

1. Es Campur

Es campur

djcoyoteslg.blogspot.com

Es campur ini kalau dilihat hampir mirip dengan es-es yang lainnya, ada buah dan tambahan bahan lainnya. Mungkin itu juga yang mengilhami nama es campur ini. Apa-apa dicampur, dan jadilah es campur, hhe. Sebenarnya beda penjual beda juga isinya, tapi biasanya yang selalu ada yaitu es tentunyam yaiyalah. Selain itu ada lagi buah seperti nangka, dan potongan cincau hitam, rasanya sungguh enak.

2. Es Doger

Es doger

citarasadunia.blogspot.com

Es doger ini bentuknya juga mirip sama es campur, di lihat dari komponen penysunnya. Tapi ada sedikit yang membedakan es doger dengan es yang lainnya, yaitu tape nya. Es doger menggunakan tape singkong sebagai salah satu komponennya.

3. Es Oyen

Es Oyen

nana-nanudz.blogspot.com

Kalau es oyen hampir mirip juga, cuma bedanya es oyen ini mutiara atau kalau saya biasa menyebutnya dengan monte mempunyai porsi yang lebih banyak di banding yang lain. Selain itu saya rasa isinya hampir sama dengan yang lain, ada buah alpukat, nangka, kelapa serut, dan kolang-kaling.

4. Sop Buah

Sop buah

resepcaramasak.info

Nah, kalau es yang satu ini agak berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya. Namanya saja sop buah, tentu saja terdiri dari campuran buah-buahan. Biasanya buah yang dipakai adalah nanas, semangka, anggur, melon, pepaya, apel, dan yang seger-seger lainnya. Tapi lagi-lagi beda penjual kadang beda juga isinya. Saya pernah makan yang ada potongan buah naganya, dan itu enak banget deh.

5. Dawet

Dawet

naningisme.wordpress.com

Dawet ini kadang dikenal juga dengan cendol. Kalau yang selama ini saya tau, cendol itu ya ijo-ijo yang ada di dawet. Bahan untuk membuat dawet cukup sederhana, hanya terdiri dari cendol, santan, dan gula cair. Gula yang dipakai ini merupakan gula jawa yang dicairkan, kadang juga ditambahkan dengan potongan buah nangka. Di Jogja, kalau kita melintas sepanjang jalan Jogja-Solo daerah dekat Candi Prambanan ke barat, di selatan jalan banyak yang menjajakan minuman yang satu ini.

6. Dawet Ireng

Dawet ireng

jogjareview.net

Dawet ireng sebenarnya nggak jauh beda sama dawet biasa. Bedanya cuma di cendolnya saja, kalau dawet biasanya cendolnya berwarna hijau, sedangkan dawet ireng cendolnya berwarna hitam. Warna hitam pada cendol ini di dapat dari pewarna alami, yaitu merang. Rasanya nggak kalah nikmat deh sama dawet biasa.

7. Es Jeruk

Es Jeruk

cikalgading.com

Ini minuman yang paling saya suka, nggak ada matinya deh ini minuman. Padahal cuma jeruk diperes terus tambahin gula sedikit sama es batu, tapi rasanya seger banget. Selain murah harganya, es yang satu ini juga banyak vitamin C nya, ya karena dari jeruk makanya banyak vitamin C nya.

8. Es Teh

Es teh, es teh manis

ahsanfile.com

Es teh ini merupakan alternatif kalau misalnya nggak ada es jeruk. Harganya juga nggak beda jauh lah kalau di warung-warung pinggir jalan. Bayar murah tapi udah seger pokoknya, kalau belum pernah minum es teh perlu nih dicicipin sekali-sekali.

9. Es Cincau

Es cincau hijau

cincaugrgr.blogspot.com

Cincau merupakan tanaman yang daunnya jika diesktrak dengan air, maka airnya akan menjendal seperti agar-agar. Kalau es cincau ini, bahannya hampir sama seperti dawet, cuma cendolnya diganti sama cincau. Kalau kita cicipin cincaunya aja rasanya tawar, kalau udah di campur di bikin es cincau akan jadi minuman yang menyegarkan.

10. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda segar

blowraspberry.wordpress.com

Es kelapa muda gampang banget bikinnya, asal bisa buka buahnya aja, tinggal ditambahin sirup sama es udah jadi deh es kelapa muda. Kalau kita beli di pinggir jalan biasanya ada pilihan, mau ditambahi gula atau nggak usah. Kalau menurut saya enak ditambahi sedikit aja gulanya biar agak manis sedikit rasanya. Tapi tanpa gula pun rasanya udah enak dan seger, apalagi ada es nya.

One Response

  1. Hammad March 30, 2016

Leave a Reply