Inilah Cara Membuat Rendang Daging Sapi yang Lezat

Siapa sih yang nggak kenal sama rendang? Makanan asli Indonesia yang namanya sudah mendunia. Rendang merupakan makanan khas dari Padang, Sumatera Barat. Tapi, sekarang hampir di tiap daerah sudah ada makanan lezat yang satu ini. Beda daerah tentu beda resep rendang yang digunakan. Biasanya sih menyesuaikan sama lidah masyarakat yang ada di tempat itu.

Walaupun rendang itu lezat, tapi nggak tiap hari juga kita makan. Pertama tentu karena harganya tuh, yang kedua kalau kita makan tiap hari nggak baik juga buat kesehatan kita. Apa lagi yang kolesterolnya tinggi, waah harus dikurangi konsumsinya. Biasanya makan rendang itu, kalau di tempat saya waktu hari raya. Yang jelas waktu idul adha, kan dapet daging tuh, kadang idul fitri juga ada.

Kadang, resep yang digunakan itu asal aja, yang penting bentuknya sama kayak rendang gitu. Padahal, bumbu rendang itu ada banyak, bukan kayak bikin soto berkuah banyak. Tapi ini bikin rendang khas Padang. Berikut ini kita bongkar-bongkar resepnya.

Bahan Rendang

  • 1 batang serai, yang sudah dimemarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1,5 liter santan
  • 2 biji asam kandis
  • 1,5 kg daging sapi
  • 2 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan

  • 6 siung bawang putih
  • 15 buah bawang merah
  • 5 buah Kemiri
  • 100 gram cabe merah
  • 2 cm Jahe
  • 3 cm laos, yang sudah digeprek

Cara Membuat

  1. Siapkan daging sapi, kemudian potong menjadi berukuran sedang.
  2. Rebus santan bersama dengan bumbu yang sudah dihaluskan.
  3. Masukan serai, kunyit, asam kandis dan daun jeruk
  4. Aduk terus sampai agak mengental dan agar santan tidak pecah.
  5. Masukan potongan daging saat santan mulai mendidih.
  6. Gunakan api sedang dan aduk-aduk terus sampai matang.

Tips & Trick

Biar rendangnya enak dan lezat, ada beberapa tips dan trik yang harus kamu praktekkan nih.

Daging Sapi

Daging sapi segar

balletphilippines.org

Kualitas daging akan sangat berpengaruh dalam pembuatan rendang. Kalau bisa, pilih daging yang masih segar. Jangan gunakan daging yang sudah lama atau daging glonggongan. Itu akan mempengaruhi hasil rendangnya nanti.

Usahakan potongan dagingnya nggak gede-gede banget, takutnya ntar malah keras dagingnya. Selain itu, biar bumbunya mersuk sampai ke dalam.

Ada cara lain biar dagingnya nggak keras, pakai daun pepaya. Cuci dulu dagingnya. Kalau udah, kemudian bungkus pakai daun pepaya, kira-kira 30 menit. Setelah itu tusuk-tusuk dagingnya pakai garpu. Baru deh, daging dimasak bersama bumbu dan yang lainnya.

Selain pakai daun pepaya. Biar daging jadi empuk bisa pakai nanas. Kalau pakai nanas jangan lama-lama. Sebentar aja, takutnya ntar dagingnya malah meleleh. Soalnya dulu pernah, waktu bikin sate, dagingnya direndam sama nanas yang diblender. Karena kelamaan, daginnya jadi menyusut gitu.

Ada satu lagi sebenernya, yaitu masak dulu dagingnya pakai presto. Jadi dagingnya sebelum dimasukkan ke dalam santan, direbus pakai panci presto.

Santan

Santan Kelapa

kitchen-apparel.com

Nah, santan ini juga berpengaruh banget sama hasil rendang yang kita buat. Termasuk salah satu komponen yang paling banyak nih soalnya. Kalau pakai santan, sebaiknya bukan santan yang instan (santan dalam kemasan). Kamu harus bikin dari kelapa yang diparut, kemudian diambil santannya. Soalnya kalau pakai santan yang udah dikemas, rasanya beda deh. Lebih enak yang bikin sendiri, itung-itung sekalian olah raga marut kelapa.

Sama satu lagi nih, usahakan saat memasak harus terus diaduk. Ini gunanya biar santannya nggak pecah. Jadi hasil akhirnya bagus, dan menggugah selera.

 

 

 

2 Comments

  1. Hengki April 13, 2015
  2. Lulu June 15, 2015

Leave a Reply