Ini Dia Aneka Olahan Makanan yang Terbuat dari Singkong

Kali ini kita ternyata dipertemukan kembali setelah kearin ngomongin tentang jajanan pinggir jalan, sekarang kita ngomongin singkong aja yuuk. Nah, singkong ini kan makanan yang kurang populer ya sekarang ini. tapi ternyata ada beberapa orang yang kreatif bikin olahan berbahan dasar singkong. Dan sekarang namanya mulai naik kembali, ceileee. Ini nih beberapa makanan yang bahan dasarnya dari singkong.

1. Kripik Singkong

Kripik singkong original

kisah.tokomesin.com

Kita pasti sering tuh ketemu makanan ringan di supermarket yang namanya Qt*la atau Kusu*a. Nah, dua makanan yang sudah dikemas secara modern itu bahan dasarnya singkong lho. Makin naik kelas aja nih makanan rakyat yang satu ini. Keripik singkong ini sekarang sudah banyak varian rasanya. Ada yang pedes, barbeque, manis, balado dan sebangsanya itu deh. Bahkan saya pernah liat di Leptop Si Unyu tuh, kalau ada keripik singkong yang bisa buat diet, waaah, kereeen tuh.

2. Gethuk

Gethuk telo

nurul-ilyas.blogspot.com

Gethuk ini makanan yang udah jadul sebenernya. Dari kita belum lahir juga udah ada nih makanan yang punya tekstur lembut ini. Nah, cara buatnya gampang, pertama kupas dulu singkongnya, lalu rebus sampai matang. Nah, setelah itu baru ditumbuk sampai halus atau bisa juga digiling. Waktu penggilingan itu biasanya dikasih pewarna sama pemanis, bisa dari gula pasir atau gula jawa. Biasanya dihidangkan dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

3. Tiwul

Tiwul telo

masakanmboke.blogspot.com

Tiwul ini terbuat dari biasanya digunakan untuk pengganti beras. Penduduk di daerah pegunungan Gunung Kidul biasanya mengonsumsi makanan ini. Terbuat dari gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan kemudian dibuat jadi tepung. Nah, tiwul ini pembuatannya cukup mudah, tepung gaplek dikukus sampai matang saja, hampir sama kayak ngukus singkong gitu.

4. Tape

Tape Singkong

rabbitcanbake.wordpress.com

Kalau tape ini proses pembuatannya agak lama, karena harus melewati proses fermentasi dulu. Rasanya manis dengan tekstur yang lembut. Cobain aja deh kalau mau tau rasanya.

5. Gatot

Gatot Singkong

jogjareview.net

Gatot bukan gagal total ya, ini nama makanan yang bahannya juga dari singkong. Warnanya emang kehitam-hitaman, itu terjadi karena gaplek direndam dalam air sampai berubah warna, mungkin terjadi juga proses fermentasi disana. Gatot ini penyajiannya juga ditaburi dengan kelapa parut.

6. Brownies

Brownies Telo

alvikasanatin.wordpress.com

Kalau makanan yang satu ini lebih modern. Udah kayak roti orang bule gitu, cuma yang bedain bahannya aja. Brownies yang biasa dibuat dari tepung terigu, tapi kalau yang ini bahannya dari tepung singkong, atau bisa juga mocaf (modified cassava flour). Rasanya nggak kalah sama brownies biasanya kok, malah bisa dibilang nggak beda jauh.

7. DonatTelo

Doant telo

kompormeleduk.com

Donat itu makanan yang berasal dari luar negeri. Kue yang bentuknya bulet terus ada bolongan tengah di tengahnya ini biasanya terbuat dari tepung terigu. Nah, kalau donat telo ini tepung terigunya disubstitusi atau di ganti sedikit dengan tepung singkong atau mocaf. Rasanya juga enak kok, nggak beda juga sama donat biasanya.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang bahan dasarnya ketela pohon atau singkong. Sekali-kali kamu harus nyobain singkong dan olahannya, dijamin enak deh. Apa lagi olahan yang jadul-jadul, ada gethuk, tiwul atau gatot. Bikin inget jaman dulu waktu masih kecil, hehe.

 

Leave a Reply