Gula Stevia, Altenatif Pemanis dari Bahan Alami

Sekarang, banyak sekali orang yang menjual pemanis buatan, yang diramu dari berbagai bahan kimia sintetis. Padahal, kita bisa membuat pemanis sendiri menggunakan bahan alami, salah satunya adalah dari tanaman stevia.

Kamu tahu apa itu stevia? Stevia merupakan nama dari sebuah tanaman yaitu Stevia rebaudiana. Untuk orang Indonesia, mungkin nama tanaman ini masih sedikit yang tahu. Karena, tanaman ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat yang ada di Brazil dan Paraguay.

Ternyata, di dalam daun stevia, terdapat beberapa senyawa yang memberikan sensasi rasa manis, contohnya seperti rebaudioside dan stevioside. Bahkan, tingkat kemanisannya lebih tinggi dari pada gula pasir lho, bisa sampai 200-300 kalinya.

Nah, karena rasa manisnya, tanaman stevia akhirnya memiliki banyak nama lain, sebut saja honey leaf, sweet leaf, sweet leaf of Paraguay, sweet herb, honey herbal, dan candy leaf.

Sejarah Tanaman Stevia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun stevia ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat di Brazil dan Paraguay. Tapi, penggunaan daunnya baru mulai dikenal secara luas setelah dikenalkan oleh Antonio Bertoni, seorang ahli botani pada tahun 1887.

Pada awal tahun 2004, barulah stevia ini mulai populer di Indonesia, walaupun riset tentang tanaman ini sudah ada sejak tahun 1984.

Sebenarnya, di luar negeri seperti negara Italia, Prancis, Arab Saudi, Jerman, dan negara lain di daerah Eropa dan Amerika, sampai Asia sudah banyak menggunakan stevia sebagai alternatif pengganti gula pasir.

Bahkan, sampai saat ini, daun stevia sudah ada yang mengolahnya menjadi teh stevia dengan bentuk serbuk.

Gula Stevia

Tanaman stevia yang bisa dimanfaatkan sebagai gula untuk pemanis

ayselalver.blogspot.co.id

Mungkin, awal mula munculnya pemanfaatan stevia sebagai pengganti gula pasir adalah karena bahaya yang ditimbulkan jika terlalu banyak mengonsumsi gula. Ketika kita mengonsumsi gula secara berlebihan, dapat memicu penyakit berbahaya seperti diabetes, obesitas, dan hipertensi.

Nah, karena beberapa masalah yang ada tersebut, para ahli akhirnya mencari solusi, sampai akhirnya menemukan pengganti pemanis dari salah satu jenis tanaman. Dan, tanaman stevia menjadi salah satu alternatif pengganti gula tersebut.

Gula stevia adalah salah satu jenis pemanis yang dapat digunakan sebagai pengganti gula pasir yang berasal dari daun tanaman stevia. Daun yang dipakai dapat digunakan dalam keadaan kering atau masih utuh.

Penggunaan stevia sangatlah menguntungkan, karena kita dapat menemukan pengganti gula dengan rasa manis alami dan tidak meninggalkan rasa getir di mulut. Tidak seperti pemanis buatan lain yang contohnya adalah aspartam atau sakarin.

Dalam tanaman stevia, terdapat senyawa stevioside dan rebaudiside yang dapat digunakan sebagai pemanis alami tidak mengandung kalori. Hal ini membuat stevia direkomendasikan oleh para dokter untuk mencegah atau mengobati diabetes, hipertensi, obesitas, dan penyakit degeneratif lainnya.

Bahkan, seperti yang dinyatakan oleh JECFA atau Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives, tidak ada efek negatif yang ditimbulkan, jika kita mengonsumsi senyawa-senyawa yang ada pada stevia.

Manfaat Stevia

Stevia diyakini memiliki beberapa manfaat lho, di antaranya sebagai berikut

  • Dapat membantu diet kamu, karena stevia tidak memiliki kalori.
  • Mampu mencegah dan mengobati diabetes, karena tanaman ini tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.
  • Gula Stevia dapat menjadi solusi bagi kamu yang mencari alternatif pemanis alami tetapi tidak menyebabkan resiko penyakit.

Nah, itu tadi informasi singkat mengenai tanaman stevia dan manfaatnya sebagai pemanis alami. Kamu penasaran bagaimana rasanya? Coba deh cari yang menjual gula stevia dan rasakan sensasinya 🙂

Leave a Reply