Wow, 50 Gambar Masjid Terbesar dan Terindah di Dunia

Apakah kamu pernah melihat masjid terbesar di dunia? Atau terbesar di Indonesia? Mungkin masjid terindah? Kalau sudah pernah, apa nama masjid itu? Masjid Istiqlal kah? Atau masjid yang memiliki kubah emas?

Nah, ternyata, masjid yang ada di seluruh dunia berbeda-beda lho bentuknya. Sampai-sampai, mendapat julukan masjid terbesar atau masjid terindah. Semua itu karena ukuran dan juga arsitektur masjid yang menawan.

Kalau kamu tahu, masjid yang ada di Indonesia ini biasanya memiliki kubah di atas masjid. Ada hampir semua masjid yang ada di kampung-kampung bentuknya seperti itu. Tapi, ketika kamu menginjakkan kaki di masjid-masjid besar yang ada di kota. Maka akan dilihat pemandangan yang berbeda.

Bentuk masjid yang tidak biasa, bentuk yang berbeda dari yang kita lihat biasanya. Nah, kalau kamu penasaran seperti apa bentuk-bentuk masjid yang ada di seluruh dunia. Langsung saja kita lihat bersama gambar masjid dari berbagai penjuru dunia.

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram yang Berada di Mekah

Masjidil Haram berada di Mekah (www.hidayatullah.com)

Masjidil Haram merupakan sebuah masjid yang teletak di kota Mekah. Nah, kota Mekah merupakan salah satu kota suci bagi umat Islam. Di dalam Masjidil Haram terdapat Ka’bah yang merupakan kiblat sholat umat Islam.

Selain itu, Masjidil Haram juga merupakan masjid terbesar di dunia lho. Bayangkang aja tuh, tiap tahun masjid ini selalu dipenuhi jamaah haji dari seluruh penjuru dunia. Pasti ramai sekali orang yang berkumpul di sana untuk melakukan ibadah haji.

Bukan cuma waktu ibadah haji saja, masjid ini selalu ramai oleh orang yang melakukan ibadah. Dalam sehari, umat Islam melakukan sholat sebanyak lima kali. Dalam lima waktu itu, masjid selalu ramai, bahkan diluar waktu sholat, Masjidil Haram selalu tampak ramai.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi yang Berada di Madinah

Masjid Nabawi berada di Madinah (mediaumrohhaji.com)

Nah, kalau tadi Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia. Masjid Nabawi ini merupakan masjid terbesar nomor dua lho. Dan masjid ini juga merupakan masjid yang penting bagi umat Islam setelah Masjidil Haram.

Kalau Masjidil Haram terletak di Kota Mekah, Masjid Nabawi ini berada di Kota Madinah, yang juga merupakan kota suci untuk umat Islam. Masjid ini juga sesalu ramai dipenuhi para jamaah yang akan melakukan ibadah.

Di Masjid Nabawi juga terdapat makam Rasulullah Muhammad SAW. Beliau dimakamkan di tempat meninggalnya, yaitu tempat yang dulu merupakan rumahnya.

3. Masjid Baitul Mukharam

Masjid Baitul Mukharam yang Berada di Bangladesh

Masjid Baitul Mukharam berada di Bangladesh (en.wikipedia.org)

Masjid Baitul Mukharam merupakan masjid yang ada di Kota Bangladesh. Lokasinya ada di Dhaka, ibukota Bangladesh, masjid ini menjadi masjid Nasional Bangladesh.

Masjid ini didirikan pada tahun 1960, memiliki kapasitas 30.000 orang jamaah. Dengan kapasitas sebesar itu, masjid ini selalu penuh, khususnya ketika masuk bulan Ramadhan. Dengan penuhnya masjid, maka pemerintah Bangladesh memperluas masjid untuk meningkatkan daya tampungnya. Setelah dilakukan perluasan, kini Masjid Baitul Mukharam dapat menampung kurang lebih 40.000 orang jamaah.

4. Masjid Jami’ Delhi

Masjid Jami' yang Berada di Dehli

Masjid Jami’ berada di Dehli (www.ne.jp)

Masjid megah dengan kubah yang sangat besar dan memiliki dua buah menara yang tinggi. Masyarakat sekitar mengenalnya dengan Masjid Jami’ Delhi.

Masjid Jami’ Dehli teletak di Kota New Delhi, merupakan salah satu masjid yang sudah tua di India. Pendirinya adalah Kaisar Mughal Shah Jahan, yang juga merupakan pendiri dari Taj Mahal.

Masjid dengan kapasitas jamaah sebanyak 35.000 orang ini dibangun pada tahun 1565. Ada satu hal yang unik dari masjid ini, terdapat sebuah relik, salah satunya adalah sebuah Al-Qur’an antik yang ditulis di atas kulit rusa.

5. Masjid Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed yang Berada di Uni Emirat Arab

Masjid Sheikh Zayed berada di Uni Emirat Arab (secretworlds.ru)

Masjid Agung Sheikh Zayed merupakan sebuah masjid yang ada di kota Abu Dhabi, Kerajaan Uni Emirat Arab. Nama Sheikh Zayed diambil dari nama tokoh yang memiliki ide untuk membangun masjid tersebut. Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan merupakan tokoh nasional sekaligus pendiri Uni Emirat Arab.

Ukuran masjid setara dengan lima lapangan sepakbola, yaitu 22.412 meter persegi. Dapat menampung kurang lebih 40.960 jamaah. Masjid Agung ini mempunyai 96 tiang yang memiliki ukuran yang besar di ruang utamanya. Semua tiang tersebut dilapisi dengan mother of pearl.

Bukan hanya tempat ibadah saja, di lingkungan masjid kita juga bisa membaca buku yang berada di perpustakaan yang letaknya berada di sebelah utara masjid. Di perpustakaan selain terdapat buku tentang Islam juga ada buku tentang peradaban, seni, kaligrafi, budaya.

Selain itu, perpustakaan di Masjid Agung ini menyediakan buku dari berbagai bahasa, diantaranya adalah bahasa Arab, Perancis, Inggris, Korea, Jerman dan Italia.

6. Masjid Badshahi

Masjid Badshahi yang Berada di Pakistan

Masjid Badshahi berada di Pakistan (lahorimela.com)

Masjid Badshahi atau dikenal juga dengan Masjid Kaisar. Dibangun oleh Raja Aurangzeb, raja keenam dari Kesultanan Mughal. Pembangunan dimulai tahun 1671 dan selesai pada tahun 1673, letaknya di kota Lahore, Pakistan. Masjid ini juga merupakan salah satu tujuan wisata yang berada di kota Lahore.

Kapasitas masjid ini cukup luas, mampu menampung sekitar 5000 jamaah di ruang utamanya. Serta mampu menampung 95.000 jamaah halaman tengah. Masjid ini juga pernah menyandang predikat masjid terbesar di dunia pada tahun 1673 sampai 1986.

7. Masjid Faisal Pakistan

Masjid Faisal yang Berada di Pakistan

Masjid Faisal berada di Pakistan (thehistoryhub.com)

Ada sebuah masjid yang sangat indah berada di kota Islamabad, namanya adalah Masjid Shah Faisal. Menjadi salah satu masjid yang paling megah dan besar di dunia, membuat masjid ini selalu ramai.

Kompleks masjid ini memiliki luas 5000 meter persegi dengan bangunan yang arsitekturnya bergaya Asia Selatan, Turki dan Arab. Perpaduan gaya pada bangunan masjid ini menjadi salah satu contoh bagaimana arsitektur Islam modern itu.

8. Masjid Hassan II

Masjid Hassan II yang Berada di Maroko

Masjid Hassan II berada di Maroko (segalainfo.com)

Masjid Hasan II terletak di kota Casablanca, Maroko dan dibangun mulai tahun 1980. Seorang berkebangsaan Perancis yang bernama Michel Pinseau merupakan arsitek dari masjid ini dan Bouygues adalah orang yang membangunnya.

Masjid ini memiliki menara setinggi 210 meter dan mampu menampung sebanyak 25.000 jamaah. Jika pelataran masjid juga digunakan, maka setidaknya mampu menampung kurang lebih 80.000 jamaah.

9. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal yang Berada di Indonesia

Masjid Istiqlal berada di Indonesia (simbi.kemenag.go.id)

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar yang ada di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Letaknya yang ada di ibukota Jakarta menjadikan masjid ini menjadi magnet tersendiri.

Pembangunan Masjid Istiqlal dimulai pada tanggal 24 Agustus 1951 yang pemancangan batu pertamanya dilakukan oleh Ir. Soekarno. Perancang Masjid Istiqlal adalah seorang Kristen Protestan yang bernama Frederich Silaban.

Selain merupakan tempat ibadah untuk umat Islam, Masjid Istiqlal juga sering dikunjungi oleh orang yang hanya sekedar melihat-lihat saja.

10. Masjid Muhammad Ali Pasha

Masjid Muhammad Ali Pasha yang Berada di Mesir

Masjid Muhammad Ali Pasha berada di Mesir (masyekh.wordpress.com)

Masjid Muhammad Ali Pasha merupakan masjid yang berada di Ibukota Mesir. Lokasi masjid ini tepat berada di atas Benteng Shalahuddin.

Masjid Muhammad Ali Pasha juga dikenal dengan nama Masjid Alabaster. Sebutan itu karena masjid ini dilapisi alabaster yang merupakan salah satu jenis marmer.

Masjid ini dibagi menjadi dua area, yaitu bagian luar dan bagian utama. Bagian luar masjid terdapat tempat untuk berwudhu yang letaknya di tengah-tengah halaman masjid. Selain itu juga ada sebuah menara jam yang merupakan hadiah dari raja Prancis, Louis Philippe I, pada tahun 1846.

Bagian lain dari masjid ini adalah bagian utama yang merupakan ruang shalat. Ruang shalat ini berada di bawah kubah utama dan beberapa kubah lainnya.

11. Masjid Ibnu Tulun

Masjid Ibnu Tulun yang Berada di Mesir

Masjid Ibnu Tulun berada di Mesir (kubahmasjid.co.id)

Masjid Ibnu Tulun merupakan salah satu masjid yang berada di Kota Kairo, Mesir. Masjid ini dibangun pada tahun 876-879, pada masa pemerintahan Ahmad Ibn Tulun.

Masjid megah ini berada di kawasan al-Qatai, tempat yang dulunya adalah kota keluarga kerajaan dinasti Ibnu Tulun. Al-Qatai ini berjarak dua kilometer dari wilayah kota tua al-Fasat.

12. Masjid Muhammad Al Amin

Masjid Muhammad Al Amin yang Berada di Beirut, Lebanon

Masjid Muhammad Al Amin berada di Beirut, Lebanon (www.skyscrapercity.com)

Masjid Muhammad al-Amin sering disebut juga sebagai Masjid Biru. Salah satu masjid yang letaknya berada di pusat kota Beirut, Lebanon.

13. Masjid London Timur

Masjid London Timur (The East London Mosque) yang Berada di London, UK

Masjid London Timur (The East London Mosque) berada di London, UK (ms.wikipedia.org)

Masjid London Timur terletak 11 Campden Hill Road, Notting Hill Gate. Masjid ini masih belum diketahui kapan berdirinya. Tetapi, di zaman dahulu, ada sebuah organisasi masyarakat Islam yang memusatkan kegiatannya di masjid itu sejak tahun 1886. Pada tahun 1930-an, diketahui masih aktif. Tetapi, saat terjadi Perang Dunia II, masjid ini diperkirakan tutup.

Ketika Perang Dunia II akan berakhir, komunitas muslim membangun beberapa masjid di London. Salah satu masjid yang di bangun adalah Masjid London Timur atau East London Mosque. Sampai saat ini, masjid ini sudah mengalami beberapa renovasi.

14. Masjid Sultan Umar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Umar Ali Saifuddin yang Berada di Brunei Darussalam

Masjid Sultan Umar Ali Saifuddin berada di Brunei Darussalam (en.wikipedia.org)

Masjid Sultan Umar Ali Saifuddin merupakan masjid di kerajaan Kesultanan Brunei. Letaknya berada di Bandar Seri Begawan, Ibu Kota Brunei Darussalam.

Masjid megah ini diberi nama seperti sultan Brunei ke-28, Omar Ali Saifuddien III. Bangunan masjid sendiri selesai dibangun pada tahun 1958.

15. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman yang Berada di Aceh, Indonesia

Masjid Raya Baiturrahman berada di Aceh, Indonesia (id.wikipedia.org)

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid yang berada di Aceh, Indonesia. Sebuah masjid dari Kesultanan aceh, dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam, tahun 1022 H/ 1612 M.

Selain menjadi tempat untuk beribadah, Masjid Baiturrahman juga menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Keindahan masjid ini bukan hanya membuat mereka yang datang terpukau, tapi juga ingin untuk melaksanakan shalat di dalamnya.

16. Masjid Khadija

Masjid Khadija yang Berada di Berlin, Jerman

Masjid Khadija berada di Berlin, Jerman (en.wikipedia.org)

17. Masjid Mashkhur Jusup

Masjid Mashkhur Jusup yang Berada di Pavlodar, Kazakhstan

Masjid Mashkhur Jusup berada di Pavlodar, Kazakhstan (forum.xcitefun.net)

18. Masjid Pusat Seoul

Masjid Pusat Seoul yang Berada di Seoul, Korea Selatan

Masjid Pusat Seoul berada di Seoul, Korea Selatan (www.dreamersradio.com)

19. Masjid Fatima

Masjid Fatima Berada di Kuwaityang

Masjid Fatima berada di Kuwaityang (www.masaajid.info)

20. Masjid Kristal

Masjid Kristal yang Berada di Terengganu, Malaysia

Masjid Kristal berada di Terengganu, Malaysia (worldislamicarchitecture.blogspot.com)

21. Masjid Qolsharif

Masjid Qolsharif yang Berada di Moscow, Rusia

Masjid Qolsharif berada di Moscow, Rusia (azamrussiakita.blogspot.com)

22. Masjidil Aqsha

Masjidil Aqsha yang Berada di Palestina

Masjidil Aqsha berada di Palestina (kissanak.wordpress.com)

23.  Masjid Quba

Masjid Quba yang Berada di Madinah, KSA

Masjid Quba berada di Madinah, KSA (en.wikipedia.org)

24. Masjid Abuja National

Masjid Abuja National yang Berada di Abuja, Nigeria

Masjid Abuja National yang Berada di Abuja, Nigeria (www.panoramio.com)

25. Masjid Asafi

Masjid Asafi yang Berada di Lucknow, India

Masjid Asafi berada di Lucknow, India (en.wikipedia.org)

26.  Masjid Baitun Nur

Masjid Baitun Nur yang Berada di Calgary, Alberta, Canada

Masjid Baitun Nur berada di Calgary, Alberta, Canada (ms.wikipedia.org)

27. Masjid Bibi-Khanym Mosque

Masjid Bibi-Khanym Mosque yang Berada di Samarkand, Uzbekistan

Masjid Bibi-Khanym Mosque berada di Samarkand, Uzbekistan (newsjid.com)

28. Masjid Biru

Masjid Biru yang Berada di Istanbul, Turkey

Masjid Biru berada di Istanbul, Turkey (arminarekasurabaya.wordpress.com)

29. Masjid Biru

Masjid Biru yang Berada di Yerevan, Armenia

Masjid Biru berada di Yerevan, Armenia (masbadar.com)

30. Masjid Biru

Masjid Biru yang Berada di Mazar-i-Sharif, Afghanistan

Masjid Biru berada di Mazar-i-Sharif, Afghanistan (fauzan-elite.blogspot.com)

31. Masjid Pusat Cologne

Masjid Pusat Cologne yang Berada di Cologne, Germany

Masjid Pusat Cologne berada di Cologne, Germany (masbadar.com)

32. Menara Emin, Masjid Uyghur

Menara Emin, Masjid Uyghur yang Berada di Turfan, Xinjiang, China

Menara Emin, Masjid Uyghur berada di Turfan, Xinjiang, China (mukainternet.blogspot.com)

33. Masjid Menempel

Masjid Menempel yang Berada di Kota Bharu, Malaysia

Masjid Menempel berada di Kota Bharu, Malaysia (masbadar.com)

34. Masjid Raya Paris

Masjid Raya Paris yang Berada di Paris, France

Masjid Raya Paris berada di Paris, France (ardisfamily.blogspot.com)

35. Masjid Raya Samarra

Masjid Raya Samarra yang Berada di Samarra, Iraq

Masjid Raya Samarraberada di Samarra, Iraq (www.skyscrapercity.com)

36. Masjid Id Kah

Masjid Id Kah yang Berada di Kashgar, Xinjiang, China

Masjid Id Kah berada di Kashgar, Xinjiang, China (pratiwihamdhana.com)

37. Masjid Jami-Ul-Alfar

Masjid Jami-Ul-Alfar yang Berada di Colombo, Sri Lanka

Masjid Jami-Ul-Alfar berada di Colombo, Sri Lanka (balemesjid.blogspot.com)

38. Masjid Raja Hussein Bin Talal

Masjid Raja Hussein Bin Talal yang Berada di Amman, Jordan

Masjid Raja Hussein Bin Talal berada di Amman, Jordan (hitamireng.blogspot.com)

39. Masjid Lead

Masjid Lead yang Berada di Scutari, Albania

Masjid Lead berada di Scutari, Albania (masbadar.com)

40. Masjid Malacca Straits

Masjid Malacca Straits yang Berada di Malacca, Malaysia

Masjid Malacca Straits berada di Malacca, Malaysia (mostworldwonders.blogspot.com)

41. Masjid Niujie

Masjid Niujie yang Berada di Beijing, China

Masjid Niujieberada di Beijing, China (muslimtourchina.wordpress.com)

42. Masjid Putra

Masjid Putra yang Berada di Putrajaya, Malaysia

Masjid Putra berada di Putrajaya, Malaysia (www.triip.me)

43. Masjid Raya Sultan Qaboos

Masjid Raya Sultan Qaboos yang Berada di Muscat, Oman

Masjid Raya Sultan Qaboos berada di Muscat, Oman (everythingspossible.wordpress.com)

44. Masjid Sunshine

Masjid Sunshine yang Berada di Melbourne, Australia

Masjid Sunshine berada di Melbourne, Australia (www.walkingmelbourne.com)

45. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin / Masjid Besi Putrajaya

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin / Masjid Besi Putrajaya yang Berada di Putrajaya , Malaysia

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin / Masjid Besi Putrajaya berada di Putrajaya , Malaysia (jonyizfahan.blogspot.com)

46. Masjid Ubudiah

Masjid Ubudiah yang Berada di Kuala Kangsar, Malaysia

Masjid Ubudiah berada di Kuala Kangsar, Malaysia (www.paklatest.com)

47. Masjid Umayyad

Masjid Umayyad yang Berada di Damascus, Syria

Masjid Umayyad berada di Damascus, Syria (www.bestourism.com)

48. Masjid Zahir

Masjid Zahir yang Berada di Alor Setar, Kedah, Malaysia

Masjid Zahir berada di Alor Setar, Kedah, Malaysia (www.panoramio.com)

49. Masjid Schwetzingen

Masjid Schwetzingen yang Berada di Baden-Württemberg, Germany

Masjid Schwetzingen berada di Baden-Württemberg, Germany (en.wikipedia.org)

50. Masjid Şakirin

Masjid Şakirin yang Berada di Üsküdar, Istanbul, Turkey

Masjid Şakirin berada di Üsküdar, Istanbul, Turkey (en.wikipedia.org)

 

2 Comments

  1. Rano karno June 29, 2016
  2. Cintarasul August 17, 2016

Leave a Reply