Gambar Jenis-jenis Ikan Koi

Bagi kamu penggemar ikan koi pasti udah nggak asing sama jenis-jenis ikan koi. Nah, kali ini kita akan lihat nih, beberapa gambar ikan koi yang ada. Semoga bisa nambah wawasan serta pengetahuan kamu ya.

1. Kohaku

Kohaku

koikoimatsuda.jp

Kohaku merupakan salah satu jenis varietas ikan koi yang memiliki warna putih dan bercorak merah. Kohaku ini merupakan ikan koi yang paling populer lho, dibanding dengan varietas yang liannya. Hal ini bisa dimaklumi lah, sebab corak warnanya langsung mengingatkan kita sama bendera negara Jepang.

Nah, sampai ada anggapan bahwa Kohaku ini sebagai yang pertama dan terakhir. Soalnya pertama kali orang memelihara koi, biasanya memilih Kohaku. Kemudian berpindah-pindah ke jenis yang lain, tapi akhirnya kembali lagi ke kohaku.

Warna putih Kohaku bisa digunakan untuk menentukan kualitas dari koi yang satu ini. Kualitas yang bagus, warna putih pada badannya bersih seperti warna salju. Bukan yang putih kekuningan atau putih kecokelatan.

Nah, kalau untuk warna merahnya, yang dikehendaki adalah merah pekat tapi cerah. Ada dua warna merah, yaitu yang dasarnya ungu atau coklat kekuningan. Kalau dasarnya ungu, warnanya lebih pekat dan tidak mudah luntur serta tidak halus. Sedangkan yang dasarnya coklat kekuningan, lebih halus dan tidak mudah luntur, tapi jenis ini sulit didapatkan.

Kohaku ini bayak jenisnya, dibedakan berdasar banyaknya bercak merah yang ada pada punggungnya. Contohnya seperti koi jenis Inazuma Kohaku, mempunyai warna merah dan bentuknya menyerupai kilat yang ada di punggungnya. Ada lagi nih namanya Gotenzakura, kalau yang ini bercak merahnya seimbang di sisi kiri dan kanan punggungnya.

Masih mau tau lagi nggak? Ada juga yang namanya Doitsu Kohaku Napoleon. Kohaku yang satu ini warna merahnya seperti topi Napoleon. Ada juga Fuji Kohaku, yaitu Kohaku yang punya gumpalan berwarna perak di kepalanya.

2. Sanke

sanke

niwa.org

Pola atau corak dari Sanke mirip seperti pola Kohaku. Bedanya, kalau Sanke ini punya pola warna hitam di sekujur punggungnya. Nah, pola hitam ini disebut juga sumi. Sanke adalah koi yang diperoleh setelah melakukan persilangan antara Kohaku dengan Shiro Bekko.

Sanke ini sama kayak Kohaku, untuk kualitas yang bagus warnanya harus seputih salju. Sedangkan warna merahnya harus seragam dan pekat.

3. Showa

Ikan koi showa

hosekikoi.com

Ikan koi jenis Showa punya tiga kombinasi warna pada sisiknya yaitu merah, putih dan hitam. Showa ini dihasilkan setelah melakukan persilangan antara Shiro Utsuri dengan Kohaku.

4. Aka Bekko

Ikan koi aka bekko

vingeling.nl

Nah, kalau koi yang satu ini namanya Aka Bekko, merupakan koi berwarna merah dengan bercak hitam di atasnya. Warna hitam di badan Aka Bekko ini akan menjadikan ikan ini menjadi indah dan lebih menarik.

5. Shiro Bekko

Ikan koi shiro bekko

koitotheworld.blogspot.com

Shiro Bekko adalah jenis koi yang berwarna putih dan meiliki pola hitam. Nah, warna hitam pada Shiro Bekko harus seimbang dan tepianya tajam.

Shiro Bekko dan Shiro Utsuri punya kemiripan, yaitu polanya sama dasar warna hitam dan ada bercak hitamnya. Perbedaan antara Shiro Bekko dan Shiro Utsuri cuma warna hitamnya aja. Kalau Shiro Utsuri pola warna hitamny lebih besar hitam sedangkan Shiro Bekko cuma kecil-kecil.

6. Ki Bekko

kan koi Ki Bekko

nextdaykoi.com

Kalau Ki Bekko ini warna dasarnya kuning, tapi ada pola hitam di atasnya. Hampir sama kayak Shiro Bekko dan Aka Bekko, cuma beda warna dasarnya aja.

7. Shiro Utsuri

ikan koi shiro utsuri

ushijimanishikigoi.blogspot.com

Ini dia yang mirip sama Shiro Bekko, namanya Shiro Utsuri, koi dengan warna putih dan hitam. Bagian kepala Shiro Utsuri terdiri dari warna hitam dan putih, nggak boleh kalau cuma ada satu warna saja. Beda dengan Shiro Bekko, Shiro Utsuri ini koi yang warna dasarnya hitam.

8. Ki Utsuri

Ikan koi Ki utsuri

happykoi.blogspot.com

Kalau Ki Utsuri hampir mirip sama Shiro Utsuri, cuma warnanya aja yang beda. Kalau Ki Utsuri warnanya kuning hitam, sedangkan Shiro Utsuri putih hitam.

9. Hi Utsuri

ikan koi hi utsuri

kaskus.co.id

Nah, kalau yang ini juga hampir sama kayak sodaranya yang punya nama Utsuri. Hi Utsuri punya warna merah dan hitam, pola hitam pada tubuhnya akan menghasilkan bentuk yang unik dan menarik.

10. Asagi

Ikan koi asagi

commons.wikimedia.org

Asagi adalah jenis ikan koi yang keberadaanya sudah cukup lama. Asagi merupakan koi berwarna biru dengan perut berwarna merah. Keindahan ikan ini ada pada pola warna utamanya yang tampak seperti jaring tipis dengan warna dasar kebiruan. Kepala Asagi ini berwarna putih bersih, indah sekali.

11. Shusui

Ikan koi shusui

koiphen.com

Shusui ini masih kerabatnya Asagi lho, tapi kalau Shusui nggak punya sisik. Shusui cuma punya sisik di bagian punggungnya saja. Warna sisik koi ini idealnya gelap dan berada di bagian punggung yang tertata rapi.

12. Tancho Kohaku

Ikan koi Tancho kohaku

citra-ff.blogspot.com

Tancho Kohaku merukan jenis ikan koi yabg berwarna putih dan terdapat bulatan berwarna merah di kepala. Semakin bulat dan tajam corak yang ada dikepalanya, akan semakin menambah keindahan Tancho Kohaku.

Itu tadi beberapa jenis ikan koi, kalau mau belajar budidaya pisang kepok juga bisa lho. Nggak sulit-sulit banget kok, cuma butuh ketelatenan aja.

Leave a Reply