Manfaat Daun Bidara yang Perlu Kamu Ketahui

Bidara mempunyai nama ilmiah Ziziphus mauritiana, sejenis pohon kecil yang menghasilkan buah, tumbuh di daerah kering. Di berbagai tempat, bidara memiliki sebutan yang berbeda-beda.

Di Malaysia bidara disebut sebagai bidara, jujub atau epal siam. Sedangkan di Burma, orang menyebutnya dengan zee-pen, di Kamboja disebut putrea, di Laos disebut than dan sebutan lainnya di negara yang berbeda.

Pohon bidara termasuk jenis pohon yang masuk dalam kelas semak. Pohon bidara dapat tumbuh subur di berbagai tempat. Pohon ini menyebar dibantu oleh burung yang memakan buah bidara.

Karakteristik Tanaman Bidara

pohon bidara

wikiwand.com

Pohon bidara memiliki ciri-ciri seperti semak belukar dan kecepatan tubuhnya cepat. Semua bagian kayu pohon ini bisa bercabang dan terdapat banyak duri. Daun pohon bidara berbentuk lingkaran atau elips, berwarna hijau dengan permukaan mengkilap. Buah dari pohon bidara berbentuk seperti bola kecil, berwarna hijau ketika masih mentah dan akan menjadi kuning kecokelatan saat masak.

Manfaat Daun Bidara

Di negara India dan China, daun dan buah bidara biasa dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Nah, apa saja sih manfaatnya? Langsung aja kita lihat beberapa manfaat daun bidara.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka lecet, tergores dan luka akibat jatuh, ternyata bisa disembuhkan dengan daun bidara. Di dalam daun bidara terdapat senyawa anti inflamasi yang akan membuat bagian yang terluka lebih cepat sembuh.

Daun yang digunakan sebagai obat luka adalah daun yang sudah kering, kemudian dibuat menjadi bubuk. Untuk menggunakannya, campurkan daun bidara dengan sedikit air sampai berubah menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada bagian yang terluka.

2. Meringankan Luka Bakar

Jika kamu terkena lupa bakar, coba gunakan daun bidara untuk mengobatinya. Daun bidara yang masih segar dapat memberikan efek dingin pada kulit yang mengalami luka bakar. Selain itu, di dalam daun bidara terdapat senyawa yang mampu mencegah luka bakar membekas pada kulit.

3. Perawatan Kecantikan

Di zaman China kuno, daun bidara ternyata sudah biasa digunakan untuk mempercantik wajah. Daun bidara sangat efektif mengatasi masalah jerawat, dan masalah penuaan dini seperti keriput atau lingkaran hitam pada bagian mata.

Penggunaan daun bidara untuk merawat wajah cukup mudah, biasanya digunakan menjadi masker. Caranya, hancurkan daun bidara sampai menjadi bubuk. Campurkan dengan air sampai berubah menjadi pasta, gunakanlah masker daun bidara pada permukaan wajah sampai rata. Diamkan sampai kering, setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, pakailah masker daun bidara secara teratur. Gunakanlah dua kali dalam satu minggu agar wajah menjadi tampak lebih berseri.

4. Mengatasi Kulit Kering

Jika kulit wajah kamu kering sehingga menyebabkan kurang percaya diri, wajah terlihat kusam dan tidak terawat. Coba gunakan daun bidara sebagai masker untuk mengatasi masalah kamu.

Ambil daun bidara yang masih segar, hancurkan dan campur dengan sedikit air. Masker daun bidara segar ini juga bisa dicampur dengan madu atau perasan jeruk lemon. Oleskan masker daun bidara segar pada seluruh permukaan wajah, tangan atau kaki. Setelah itu diamkan beberapa menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Gunakan secara ruti agar hasilnya maksimal.

5. Mengobati Jerawat

Kita sudah tau sebelumnya bahwa daun bidara ternyata dapat digunakan untuk perawatan kulit. Daun bidara dapat membersihkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Nah, masalah pada kulit wajah biasanya dialami oleh remaja. Para remaja, pada wajahnya sering muncul jerawat, dan itu pasti sangat mengganggu.

Daun bidara dapat mengatasi masalah jerawat tersebut lho, caranya cukup mudah. Pertama, ambil beberapa lembar daun bidara, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air dan campur sampai agak kental. Lalu, oleskan pada wajah yang berjerawat, seperti menggunakan masker wajah biasa.

Diamkan sampai masker bidara mengering, kira-kira 20 menit. Setelah itu, cuci bersih wajah tanpa menggunakan sabun, Untuk hasil yang lebih baik, gunakan cara di atas selama 2 bulan. Lakukan hal ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

6. Untuk Mengobati Gangguan Sihir dan Jin

Ada seorang tabi’in yang ahli dalam sejarah serta ilmu kedokteran, namanya adalah Wahb bin Munabih. Beliau menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang sudah dihaluskan. Kemudian larutkan dalam air dan bacakan ayat Kursi, surat al-Kafirun, surat al-Ikhlash, surat al-Falaq, dan surat an-Naas. Untuk lebih jelasnya lihat Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13.

Cara mengobati gangguan jin dan juga sihir dengan menggunakan daun bidara, pertama siapkan 7 lembar daun bidara kemudian haluskan. Lalu siram daun bidara yang sudah halus tadi menggunakan air. Air yang ditambahkan usahakan cukup untuk mandi.

Setelah itu, bacakan ayat-ayat Al-Qur’an seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Lalu, minum larutan daun bidara tersebut sebanyak tiga kali dan kemudian gunakan sisa airnya untuk mandi. Dengan menggunakan metode ini, semoga Allah mengobati kita dari gangguan sihir.

Jika sudah menggunakan metode ini tapi yang terkena sihir malah meraung kesakitan, jangan berhenti, tetap lanjutkan menyiramnya menggunakan air bidara tersebut. Karena, raungan kesakitan itu adalah datang dari setan dan jin kafir yang kesakitan.

7 . Sebagai Makanan dan Minuman

Buah Bidara

wiki.eanswers.com

Ternyata, daun bidara yang berasal dari varietas unggul dapat dimakan dalam keadaan segar. Dapat juga diproses terlebih dahulu menjadi minuman penyegar, atau dikeringkan sehingga menjadi awet, atau bisa juga dibuat menjadi manisan.

Di salah satu daerah yang ada di Asia Tenggara, buah bidara yang belum matang, dimakan menggunakan garam. Bahkan, ada juga yang mengolah buah bidara dengan cara direbus dan dibuat menjadi sirup. Kalau di Indonesia, daun yang masih muda, ada yang mengolahnya menjadi sayuran, tapi ada juga yang menjadikannya sebagai pakan.

8. Dapat Mengatasi Gejala Depresi

Daun bidara, selain untuk mengatasi masalah kesehatan ataupun gangguan jin dan sihir, ternyata juga dapat mengatasi gejala depresi. Nah, depresi merupakan gangguan yang disebabkan karena adanya penegangan pada sistem syaraf. Untuk mengatasi masalah tersebut, di dalam daun bidara terdapat suatu senyawa yang dapat menangani ketegangan syaraf.

Nah, itu tadi beberapa manfaat daun bidara yang bisa kamu coba, selamat mencoba.

One Response

  1. Azzahra February 28, 2016

Leave a Reply