Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja untuk Kamu yang Lelah Jadi Karyawan

Apakah kamu sudah tidak tahan dengan beban kerja yang berlebihan? Atau mungkin atasan yang selalu menambahkan pekerjaan di saat kerjaan sebelumnya masih menumpuk? Gaji nggak naik-naik? Ingin mencari suasana baru di tempat kerja yang lain? Atau mungkin sudah terkumpul modal sehingga mau membuka usaha?

Tenang, jangan terburu-buru, ada hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

Ya, membuat surat pengunduran diri, atau SURAT RESIGN.

Jika kamu ingin resign atau mengundurkan diri, kamu tentu memerlukan surat tersebut. Surat pengunduran diri ini digunakan sebagai perantara kita, untuk lebih formal kepada pimpinan sebuah perusahaan.

Tapi, sebelum kita membuat surat pengunduran diri, tentu ada alasannya kan?

Nggak bisa kita pungkiri, bekerja di tempat yang sama selama bertahun-tahun tentu bisa jadi sangat membosankan. Selain alasan itu, ada juga yang ingin resign karena merasa tertekan di kantor yang sekarang, atau merasakan ketidakadilan.

Mungkin juga alasan lainnya karena gaji yang tidak sesuai dengan beban kerja, bekerja sampai larut tapi tidak ada kompensasi lembur, dan alasan lainnya yang bisa kamu tambahkan sendiri.

Dengan berbagai alasan tersebut, tentu sebagai seorang karyawan atau pekerja ada keinginan untuk keluar dari tempat kerja saat ini. Nah, kamu tentu juga punya alasan sendiri untuk keluar, tapi yang pasti, kita buat dulu surat untuk mengundurkan diri sebagai karyawan.

Surat resign, pada dasarnya sama seperti ketika kita menulis surat lamaran kerja. Kita harus memerhatikan penulisan sesuai dengan ejaan bahasa Indonesa yang baik dan benar.

Selain mengunakan EYD yang benar, bahasa yang kita gunakan juga harus sopan, agar nantinya tidak menimbulkan kesalahpahaman antara kita dengan atasan.

Berikut ini beberapa contoh, surat pengunduran diri sebagai karyawan sebuah perusahaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Gunungkidul, 29 Februari 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Bintang Kejora
Jl. Jalan Kemana mana
Yogyakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Bejo Beruntung bermaksud mengundurkan diri dari PT. Bintang Kejora sebagai Operator Mesin Cetak, terhitung mulai dari tanggal 29 Maret 2016. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Bintang Kejora. Adapun alasan saya mengundurkan diri karena ingin memulai usaha sendiri.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Bintang Kejora apabila selama bekerja saya melakukan banyak kesalahan, baik itu yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Saya berharap nantinya PT. Bintang Kejora semakin sukses dan berkembang lebih pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Bejo Beruntung

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

scribd.com

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat Pengunduran Diri Kerja

deddy03.blogspot.co.id

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Kulon Progo, 29 Februari 2016
Yth, Kepala HRD PT. Bintang KecilDengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Bintang Kecil, berdasarkan undang-udang tenaga kerja dan surat keputusan bersama (SKB), maka saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Slamet Selamat
Departemen : Traffic, Leads & Closing
Jabatan : Ads Manager
No Karyawan : 212

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Bintang Kecil karena saya akan segera menikah. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada motivasi negatif. Saya sangat berharap perusahaan dapat memahami kondisi yang saya alami dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan)

Slamet Selamat

Contoh Surat Resign

Contoh Surat Pengunduran Diri

merpatitempur.com

Ada tambahan nih, perhatikan beberapa hal penting berikut ini ketika kamu menulis surat pengunduran diri.

  1. Tulis surat pengunduran diri dengan jelas, singkat, dan padat.
  2. Gunakan bahasa yang sopan dan juga manis di dalam surat.
  3. Dalam surat pengunduran diri, tulis ucapan terimakasih, pujian, ataupun rasa bangga yang secukupnya pada perusahaan, rekan karyawan yang ada di kantor.
  4. Jangan tuliskan secara rinci, mengenai hal yang membuat kamu ingin mengundurkan diri dari perusahaan.

Semoga mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan kita bisa berkembang menjadi manusia yang lebih bermanfaat 🙂

Leave a Reply